Mengenal SBR, Instrumen Investasi yang Menarik dengan Sejumlah Keunggulan

Instrumen investasi ini sangat cocok untuk investor pemula salah satunya karena minim risiko

Sejak beberapa tahun belakangan, kesadaran generasi muda Indonesia terkait investasi terus meningkat. Hal tersebut turut dipengaruhi oleh pandemi Covid-19 yang membuat banyak orang menilai penting berinvestasi untuk memastikan masa depan yang berkelanjutan. 

Nah, dari sekian banyak instrumen investasi yang bisa atau mungkin sudah kamu pilih, ada satu yang banyak belum diketahui investor pemula, loh. Instrumen investasi tersebut adalah Savings Bond Ritel (SBR). Penasaran apa itu SBR dan keunggulannya? Yuk, simak. 

1. SBR adalah tabungan investasi berjenis Surat Utang Negara Ritel

| Photo by Andrii Yalanskyi from iStockphoto

SBR adalah salah satu tabungan investasi berjenis Surat Utang Negara Ritel (SUN Ritel), yang dijual kepada individu melalui Mitra Distribusi di Pasar Perdana Domestik. Menariknya, dengan SBR kamu nggak hanya bisa dapat imbal hasil pada saat pencairan, loh. 

Dengan berinvestasi SBR, kamu secara langsung ikut berkontribusi membantu pemerintah dalam pembiayaan anggaran untuk pembangunan negara. Hal ini sejalan dengan tujuan dikeluarkannya SBR yaitu agar masyarakat bisa berkontribusi dalam pembangunan negara. 

2. Karakteristik SBR

| dok. Kementerian Keuangan Republik Indonesia

SBR ini memiliki karakteristik yang sama dengan tabungan atau deposito bank, yaitu nggak bisa diperjualbelikan di pasar sekunder. Buat yang masih asing, pasar sekunder adalah wadah bagi investor menjual kembali kepemilikan saham atau obligasinya. 

Karakteristik lain dari SBR adalah punya jangka waktu (tenor) selama dua tahun. Dengan kata lain, baru setelah jatuh tempo kamu bisa mencairkan SBR dan menikmati imbal hasilnya. Meski begitu, kamu bisa memanfaatkan fasilitas Early Redemption untuk pencairan sebagian pelunasan pokok sebelum jatuh tempo. 

3. SBR punya sederet keunggulan yang cocok untuk investor pemula

| Photo by Paulaphoto from iStockphoto

Selain bisa kamu ketahui dari karakteristik di atas, keunggulan lain SBR sebagai instrumen investasi adalah memiliki kredibilitas tinggi karena kupon dan pokok dijamin oleh Undang-Undang.

Selain itu, imbal hasil SBR juga menarik karena kuponnya bersifat mengambang dengan kupon minimal mengikuti perkembangan BI 7-Day Reserve Repo Date dan dibayar tiap bulan. Nggak kalah penting, SBR cocok untuk investor pemula. 

Yup, instrumen investasi ini disebut cocok untuk investor pemula karena terjamin keamanannya, tidak memiliki risiko gagal bayar dan risiko tingkat bunga, mudah diakses secara online dan terpenting adalah terjangkau dengan minimum pembelian Rp1 juta saja.

Nah, meski memiliki sederet keunggulan, SBR sebagaimana instrumen investasi lainnya juga memiliki risiko, yakni risiko likuiditas karena SBR tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder. 

4. Siapa yang bisa dan di mana SBR dapat dibeli

| dok. BRI

Setelah mengenal apa itu SBR dan keunggulannya, kamu yang tertarik dengan instrumen investasi ini perlu tahu kalau SBR hanya bisa dibeli oleh Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki KTP dan NPWP. 

Nah, untuk saat ini kamu bisa beli SBR seri terbaru yaitu SBR011. SBR011 ini diterbitkan oleh Pemerintah dan ditetapkan pada tanggal 20 Juni 2022. Masa penawaran SBR011 ini adalah sejak 25 Mei hingga 16 Juni 2022, dengan jatuh tempo di tanggal 10 Juni 2024. 

SBR011 ini pun sudah bisa kamu beli melalui Mitra Distribusi seperti PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) yang sejak tanggal 25 Mei hingga 16 Juni 2022 punya penawaran spesial direct gift berupa voucher belanja hingga sebesar 0,15%.

Cara pembelian SBR011 melalui BRI cukup mudah, loh. Pertama kamu perlu melakukan registrasi melalui Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu atau Sentra Layanan BRI Prioritas untuk membuat Single Investor Identification (SID) dan rekening surat berharga (Rekening Efek). 

Setelah itu kamu perlu melakukan pendaftaran investor secara daring melalui SBN Online BRI di sbn.bri.co.id. Setelah masuk, kamu bisa melakukan pemesanan SBR011 melalui website yang sama untuk mendapatkan kode pembayaran. 

Nah, untuk pembayarannya bisa kamu lakukan melalui teller, ATM, internet banking atau mobile banking. Setelah pembayaran, kamu akan mendapatkan Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN), notifikasi melalui website SBN Online BRI dan email terdaftar, serta bukti konfirmasi kepemilikan SBN.  

Itu dia 4 hal yang perlu kamu tahu mengenai SBR. Bagaimana, sudah punya cukup alasan untuk mulai berinvestasi dengan SBR011 atau menambah portofolio investasi sebelumnya? Tunggu apa lagi, langsung saja lakukan pemesanan melalui BRI mumpung lagi ada penawaran spesial. Ingat, SBR maupun instrumen investasi lainnya adalah pilihan wajib demi membangun masa depan berkelanjutan. Tinggal sesuaikan saja pilihanmu dengan tujuan keuangan yang ingin dicapai.

Nah, buat kamu yang butuh informasi lebih lanjut mengenai SBR011, pemesanan dan promo yang ditawarkan BRI, dapat mengunjungi laman ini.

Selamat berinvestasi demi masa depan yang berkelanjutan, SoHip!

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor