Mengintip Keseruan Virtual Fashion Show ‘Nusantara Fashion Festival 2020’ yang Dieksekusi dengan Ciamik

Nusantara Fashion Festival 2020

Virtual fashion show Nusantara Fashion Festival (NUFF) 2020 hari pertama berjalan mulus. Pagelaran busana yang dibagi dalam enam segmen dan berlangsung sejak pukul 16.00 WIB hingga 19.30 WIB pada Minggu (16/8/2020) via live streaming di microsite NUFF 2020, Vidio, Tokopedia Play, dan Bukalapak ini menampilkan karya dari 59 kolaborator yang merupakan para fashion designer dan UMKM mode tanah air.

Advertisement

AMOTSYAMSURIMUDA, Danjyo Hiyoji, Riana Lombok, dan Sepatu Compass adalah empat nama di antara 55 kolaborator lainnya yang berbagi panggung virtual hari pertama untuk merepresentasikan karya mereka. Seperti disampaikan art director sekaligus kurator NUFF 2020 Jay Subyakto, panggung mode virtual yang digagas kementerian BUMN melalui Bank BRI ini selain menjadi ekosistem bagi UMKM mode, juga merupakan wadah bagi seniman Indonesia lintas disiplin berekspresi. Karena mulai dari pegiat mode, musisi, sutradara, berhasil dukung mendukung dalam memanifestasikan ragam kreativitas dan talenta mereka untuk kesuksesan acara virtual ini.

Pengalaman nonton fashion show yang memuaskan sejak dari membuka laman microsite NUFF 2020

(Dok. tangkapan layar microsite NUFF 2020) via www.nusantarafashionfestival.com

Pengalaman menyaksikan virtual fashion show NUFF 2020 ini cukup memuaskan. Sejak awal masuk ke microsite NUFF 2020, kita disuguhkan antarmuka pengguna yang sederhana, dengan satu layar besar tempat virtual fashion show pada 16 dan 17 Agustus, serta fashion talks pada 1 hingga 31 Agustus 2020 disiarkan. Bergeser ke bagian bawah halaman terdapat informasi terkait para kolaborator yang terlibat, dan selanjutnya kolom di mana charity auction atau lelang 10 karya eksklusif kolaborator NUFF 2020 bisa dilakukan pengunjung. Untuk lelang ini nantinya seluruh keuntungan akan disalurkan kepada para pegiat UMKM mode yang membutuhkan melalui Dewan Kerajinan Nasional, loh.

Nah, selanjutnya, berbeda dari fashion show offline pada umumnya yang cenderung bikin bosan para awam, inovasi NUFF 2020 ini cukup menyenangkan sekalipun bagi anak-anak. Pasalnya, para model nggak melulu tampil “kaku” dengan runway lempeng dalam memperagakan busana, melainkan cukup atraktif sesuai dengan tema koleksi yang diusung para desainer.

Advertisement

(Dok. tangkapan layar microsite NUFF 2020) via www.nusantarafashionfestival.com

Selain itu, seperti dijanjikan Jay Subyakto, padu padan visual effect, animasi, dan video mapping berhasil bikin tiap peragaan busana jadi tampak semarak dan jauh dari kata membosankan. Apalagi di sini Jay banyak bermain dengan detail busana, bahan, cutting, serta berbagai aksesoris dari kolaborator yang direkam melalui teknik close-up dan kolase, sehingga durasi yang dibutuhkan model untuk presentasi busana cukup singkat. Dalam satu frame peragaan, penonton bisa menyimak beberapa detail busana sekaligus.

Koleksi mode yang ciamik, ditampilkan dengan visual menarik, diiringi musik yang asik

(Dok. tangkapan layar microsite NUFF 2020) via www.nusantarafashionfestival.com

Selanjutnya, pengalaman visual yang dikomandoi Jay tadi dibikin makin sempurna dengan bantuan Anton Wirjono di bangku music director. Pemilihan musik latar yang disesuaikan dengan tema masing-masing koleksi berhasil menciptakan ambience yang lebur, serta membawa pengalaman nonton peragaan busana lagi-lagi nggak membosankan. Seperti lagu up-beat untuk mengiringi koleksi busana dari Studio Moral yang bikin penonton nyaris ikut ngangguk-ngangguk, atau lagu bernada mellow untuk koleksi busana ETU yang bernuansa klasik romantis.

Advertisement

Dana Maulana dari Danjyo Hiyoji yang turut menyaksikan koleksi busananya diperagakan secara virtual, mengatakan gelaran NUFF 2020 ini menawarkan kebaruan dalam menikmati sebuah presentasi busana. Dengan pengalaman malang melintang menjajal panggung fashion show, ia berharap inovasi virtual yang menyediakan panggung bagi desainer dan UMKM Indonesia ini bisa menjangkau lebih banyak audiens, dan membuat masyarakat Indonesia lebih cinta dan bangga dengan produk Indonesia.

(Dok. tangkapan layar microsite NUFF 2020) via www.nusantarafashionfestival.com

“Aku melihat ini sebuah presentasi yang berbeda, karena kita diajak menikmati peragaan busana dengan visual video yang menarik dan animasi kece, sehingga lebih menyegarkan dalam menikmati sebuah presentasi busana. Dengan inovasi virtual yang bisa disaksikan banyak orang ini aku berharap masyarakat jadi lebih cinta dan bangga dengan produk Indonesia,” ucapnya di sela jeda virtual fashion show NUFF 2020 segmen kelima hari pertama, Minggu (16/8/2020).

Nah, untuk hari kedua yang akan berlangsung pada Senin (17/8/2020), panggung mode virtual Special Gala Show NUFF 2020 akan menampilkan karya mode dari enam belas perancang busana, serta pertunjukan khusus dari Afgan, Hindia, Rossa, dan Sara Fajira untuk memeriahkan HUT RI ke-75. Special Gala Show NUFF 2020 akan berlangsung mulai pukul 19.00 WIB hingga 20.00 WIB, dan rangkaian acara bisa disaksikan melalui microsite NUFF 2020, atau melalui Vidio, Tokopedia Play, dan Bukalapak. Semua produk busana baik pakaian maupu aksesoris yang diperagakan selama virtual fashion show bisa langsung kamu beli melalui Tokopedia dan Bukalapak dengan beberapa penawaran menarik.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE