Mengusung Prosesor Intel H Gen 11 Terbaru, MSI Luncurkan Deretan Laptop Anyar dengan Estetika Memikat

Laptop MSI

Melalui gelaran virtual MSIology: “Tech meets Aesthetic” pada Senin (17/5/2021) lalu, Micro-Star International atau MSI memperkenalkan produk terbarunya untuk laptop gaming dan creator. Meski mengusung konsep anyar yang menitikberatkan pada performa, namun MSI tak mengabaikan sisi keindahan. 

Usung konsep teknologi yang estetik dalam pembukaan event virtual MSIology

Sebelum dimulai, MSI terlebih dahulu menyuguhkan penjelajahan virtual ke luar galaksi hingga museum dan memamerkan estetika seni kuno yang telah ada sejak abad ke-14. Eksplorasi virtual tersebut sekaligus menunjukkan karya-karya seniman zaman Renaissance yang sangat menekankan pada penempatan yang akurat, keindahan, dan teknologi yang hidup berdampingan. 

Sama seperti MSI yang mengadopsi keindahan dalam setiap produknya. Pada acara yang dipandu dengan megah oleh Derek Chen, Direktur Sales & Marketing MSI Notebook Worldwide ini, turut mengundang tokoh-tokoh terkemuka seperti produser pemenang “Emmy Awards” Nate Heck dan animator nominasi Oscar Ru Kuwahata untuk menunjukkan bagaimana teknologi dan estetika tidak dapat dipisahkan, tapi  justru membantu menghasilkan yang terbaik satu sama lain. 

Pada acara tersebut, MSI sekaligus memperkenalkan deretan laptop terbaru Gaming dan Creator, di mana masing-masing laptop dipersenjatai prosesor Intel terbaru seri H generasi ke-11 dan kartu grafis dari NVIDIA GeForce RTX30 Series. Prosesor yang sama juga disematkan MSI ke dalam beberapa laptop unggulan terdahulu mereka demi meningkatkan performa.

“Kami memastikan MSI adalah yang pertama dalam memperkenalkan produk berkualitas tinggi dan terbaru di pasaran. (Dengan itu) kami menjamin pengalaman (menggunakan) laptop paling menyenangkan,” kata MSI Notebook Division Worldwide Sales & Marketing Director, Derek Chen dalam acara MSIology: “Tech meets Aesthetic”.

MSI memperkenalkan deretan laptop Creator

Creator Z16

(dok. MSI) via www.hipwee.com

Untuk laptop Creator terbaru, MSI memperkenalkan tiga perangkat. Pertama adalah Creator Z16. Laptop ini hadir untuk memenuhi kebutuhan terhadap performa, akurasi warna, mobilitas, dan tampilan. Pada bagian layar Creator Z16 beresolusi QHD+ ini disematkan teknologi MSI True Pixel yang mencakup DCI-P3 100%, dan Delta E<2 untuk menghasilkan akurasi warna yang signifikan.

Teknologi MSI True Pixel ini sepenuhnya sudah diverifikasi oleh CALMAN, solusi kalibrasi warna yang didesain untuk para profesional dan telah dipercaya oleh pengamat warna sekelas Hollywood. Kualitas warna yang reliable juga disempurnakan pula dengan aspek rasio 16:10 yang membuat area tampilan semakin luas.

Dapur pacu Creator Z16 seperti telah disebutkan di atas mengandalkan prosesor Intel H Gen 11 dengan tandem kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3060 Laptop GPU. Creator Z16 juga didukung pula dengan kehadiran sistem pendingin Cooler Boost Trinity+ eksklusif dari MSI sehingga mampu melakukan render 3D, 40% lebih cepat dari laptop MSI generasi sebelumnya.

Creator 17

(dok. MSI) via www.hipwee.com

Perangkat terbaru kedua adalah Creator 17. MSI Notebook Division Senior Product Marketing, Jade Hung mengatakan Creator 17 adalah jawaban untuk para kreator yang butuh laptop ringkas tetapi memiliki performa super ngebut, dan daya yang lebih besar untuk melakukan edit 4K.

“Ini laptop paling tipis dan kuat di kelasnya. Kartu grafis RTX 3080 dikemas dalam bodi setipis 20mm, dengan berat hanya 2,45 kilogram,” kata Jade.

Laptop ini menggunakan layar Mini LED 17 inci dengan berbagai inovasi, seperti kecerahan yang ditingkatkan hingga 1000 nits, rentang warna yang lebih luas dan akurat serta backlight dengan 240 zona individual untuk dapat mempertahankan detail.

Creator M16

Terakhir dalam seri Creator, MSI memperkenalkan Creator M16 sebagai opsi hemat bagi laptop Creator pemula. Meski begitu, apa yang ditawarkan laptop ini cukup mengungguli laptop-laptop di kelasnya. Misalnya, Creator M16 ini menggunakan layar 500 nits yang 66 persen lebih cerah jika dibandingkan laptop sekelasnya, dan aspek rasio ideal 16:10 untuk jarak pandang yang lebih luas. Terpenting, laptop ini menggunakan prosesor Intel H Gen 11 dan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3050Ti.

Deretan laptop Gaming

Katana GF76/66

(dok. MSI) via www.hipwee.com

Terus memperkuat lini gaming-nya, MSI memperkenalkan tiga seri laptop Gaming terbarunya. Nggak hanya mendedikasikan diri pada sektor performa, MSI Notebook Division Vice President of Product Management, Clark Peng menegaskan MSI juga bertekad menjadi yang terbaik dalam hal desain. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini mereka menggandeng dua seniman untuk bekerja sama.

“Kami mendedikasikan diri untuk tidak hanya menghadirkan kinerja (laptop) terbaik tetapi juga desain revolusioner untuk gamers. Kali ini kami hadir dengan menggabungkan teknologi dan elemen estetika,” ujar Clark.

Laptop terbaru pertama untuk seri Gaming adalah Katana GF 76/66. MSI mendesain laptop ini bersama Tsuyoshi Nagano, seniman visual yang terkenal lewat game RPG taktis “Romance of the Three Kingdoms” dan “Nobunaga’s Ambition”.

Clark menjelaskan kalau desain bodi Katana GF 76/66 ini terinspirasi dari keahlian para pandai besi, di mana konsep pedang dan baju zirah menjadi kombinasi yang ingin ditonjolkan pada laptop ini.

Dari segi performa, Linus Sebastian dari Linus Tech Tips menyebut kombinasi Intel H Gen 11, NVIDIA GeForce RTX30 Series, dan beragam teknologi terbaru pada Katana GF 76/66 menjadikannya salah satu laptop paling bertenaga yang pernah dirilis MSI dalam lini seri GF.

“Katana GF meningkat dari CPU 6 core menjadi 8 core. Dilengkapi kartu grafis hingga RTX hingga 3060, Katana GF adalah salah satu laptop paling bertenaga yang pernah dirilis di MSI seri GF,” ujar Linus.

Pulse GL76/66

(dok. MSI) via www.hipwee.com

Laptop terbaru kedua dalam seri Gaming adalah Pulse GL76/66 yang merupakan buah kolaborasi dengan Maarten Verhoeven, seniman konsep digital yang telah diakui sebagai Juara Dunia Zbrush. Kerja sama dengan Maarten terjadi dalam pembentukan identitas visual Pulse GL76/66.

Nggak jauh beda dengan Katana GF 76/66, laptop Pulse GL76/66 secara desain juga mengedepankan konsep zirah berteknologi tinggi berkat pola laser pada bodi abu-abu titanium nan kokoh. Laptop ini pun sudah dilengkapi SSD RAID Zero PCI express Gen 3. Linus kali ini menyebut Pulse GL76/66 sebagai laptop langka.

“Seri laptop Pulse GL terbaru MSI dapat dibilang cukup langka. Dengan segmen harganya, laptop ini sudah dilengkapi dengan SSD RAID Zero PCI express Gen 3 yang meningkatkan kecepatan transfer data secara signifikan,” katanya.

Sword GF17/15 dan Crosshair GL Series

Untuk menambah pilihan, dan agar para gamers dapat memilih laptop sesuai karakter masing-masing, MSI memperkenalkan laptop Sword GF17/15 dalam balutan warna clear-white dan backlight keyboard berwarna tech-blue berkalibrasi optimal. Selain itu juga diperkenalkan laptop Crosshair GL Series, yang kata Clark, dimaksudkan untuk mempersenjatai para gamers dengan laptop bergaya dan kinerja luar biasa. 

Laptop-laptop unggulan MSI terdahulu yang mendapat peningkatan performa lewat penggunaan Intel H Gen 11

(dok. MSI) via www.hipwee.com

MSI nggak hanya menyematkan Intel H Gen 11 ke dalam laptop terbaru mereka. Pada kesempatan ini beberapa laptop gaming unggulan mereka terdahulu juga kebagian peningkatan performa. Laptop-laptop tersebut adalah GE Raider, GS Stealth, dan GP Leopard. Masing-masing kini menggunakan Intel H Gen 11.

Untuk GE76 Raider terbaru misalnya, Derek menjelaskan perangkat tersebut kini dibekali prosesor Intel Core i9 Gen 11 dan NVIDIA GeForce RTX 3080 Laptop GPU, 16GB GDDR6, dengan TGP 165 Watt. Dengan penawaran performa tersebut, pengguna kini dapat memacu GE76 Raider terbaru semaksimal mungkin.

Selain itu, fitur yang ditingkatkan untuk memaksimalkan performa yang kencang pada pembaruan kali ini adalah Mode Grafis Diskrit eksklusif milik MSI. Dengan fitur ini, perangkat mampu melepaskan daya grafis sepenuhnya untuk memberi pengguna kinerja semaksimal mungkin.

(dok. MSI) via www.hipwee.com

Tak hanya mengenalkan deretan laptop apik untuk para creator dan gamer, MSI juga meningkatkan performa laptop seri yang populer sebelumnya dengan peningkatan sistem pendingin dan juga CPU 60%. MSI kini menyematkan hingga dua kipas dan enam pipa panas (heat pipes) internal dengan tata letak impresif. Selain itu fitur MSI Center yang berfungsi mengkonfigurasi pengaturan performa sesuai preferensi pengguna ikut ditingkatkan.

Speaker Tuning Engine eksklusif dari MSI juga menjadi mesin terpintar yang memantau audio secara aktual. Mesin ini mampu menghapus distorsi dan getaran sekaligus mempertahankan kualitas audio yang sama.

MSI App Player ditingkatkan dengan adanya mode konsol baru untuk mendukung kontroler mulai dari menu permainan. Dengan fitur ini, gamer dapat menikmati alur permainan laptop di layar yang lebih besar tanpa perlu beralih antara keyboard, mouse, dan kontroler.

Itu dia deretan laptop terbaru MSI yang telah diperkenalkan secara global dengan tak abai pada seri laptop terdahulu, yang juga kebagian peningkatan performa dan kecepatan. Nantikan juga kejutan lain dari MSI yang akan berkolaborasi dengan tokoh di bidang desain streetwear terkemuka secara global. Bakal makin ciamik nih laptopnya! 

Nah untuk kamu para creator dan gamer yang merindukan performa cepat namun tetap cantik dan estetik, berminat untuk upgrade?

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor

I know I glow up