Mengulik Fitur Canggih dan Menjajal Hyundai STARGAZER Bareng Hipwee Creator Community

Dinilai dari desain, fitur serta kenyamanan, mobil ini memang layak disebut sebagai bintang baru keluarga

Keep up dengan berbagai tren, termasuk nggak ketinggalan mencoba berbagai hal yang tengah viral, adalah salah satu ciri khas generasi muda kekinian. 

Nah, hal tersebut terbuktikan dari antusiasme teman-teman Hipwee Creator Community untuk menjajal langsung mobil anyar dari Hyundai yaitu STARGAZER. 

Yup, pada tanggal 17-18 September 2022 kemarin, sebanyak 20 orang teman-teman Hipwee Creator Community telah mencoba langsung mobil Hyundai STARGAZER.

Buat yang belum tahu, STARGAZER merupakan mobil terbaru segmen MPV Hyundai yang tengah ramai diperbincangkan, karena punya sederet fitur terdepan di kelasnya.

Seperti apa fitur-fitur tersebut dan bagaimana keseruan test drive yang dilakukan teman-teman Hipwee Creator Community? Yuk, simak. 

Semua penuh perhatian menyimak penjelasan, sambil sesekali curi-curi pandang pada tampilan STARGAZER yang begitu memikat

Penjelasan mengenai STARGAZER oleh pihak Hyundai kepada peserta test drive | dok. Hipwee

Agenda test drive Hyundai STARGAZER oleh teman-teman Hipwee Creator Community diawali dengan penjelasan lengkap dari pihak Hyundai.

Semua penuh perhatian menyimak, sambil sesekali curi-curi pandang pada eksterior Hyundai STARGAZER yang begitu memikat. 

Nggak dimungkiri, tampak luar mobil yang modern dan futuristik seperti Hyundai STARGAZER ini memang akan membuat siapa saja ingin mengamatinya lebih lekat. 

Dimulai dari siluetnya yang berfokus pada aspek aerodinamis, hingga lampu depan Horizon Type Daytime Running Light (DRL) yang secara desain menggambarkan garis khatulistiwa.

Tampak belakang Hyundai STARGAZER | dok. Luthfi/Hipwee

Tampak belakang Hyundai STARGAZER pun menghadirkan kesan futuristik serupa berkat desain lampu unik H-Shape LED Rear Combination Lamp. 

Pilihan warna yang tersedia pun menghadirkan karakteristik yang berbeda tanpa mengurangi kesan futuristik serta modern pada mobil ini.  

Adapun varian warna tersebut adalah Mangrove Brown Pearl, Midnight Black Pearl, Magnetic Silver Metallic, Titan Grey Metallic, Dragon Red Pearl dan Creamy White Pearl. 

Khusus varian Prime, tersedia pilihan Dual Tone untuk warna Magnetic Silver Metallic, Dragon Red Pearl dan Creamy White Pearl dengan warna hitam pada bagian atap. 

Kabin yang luas menjadikan STARGAZER layak disebut bintang baru keluarga

Captain seat Hyundai Stargazer Prime | dok. Luthfi/Hipwee

Penjelasan pihak Hyundai kini beranjak ke bagian kabin. Mobil dengan panjang 4.460 mm, lebar 1.780 mm, tinggi 1.690 mm, dan jarak sumbu roda 2.780 ini menawarkan keluasan. 

Keluasan yang ditawarkan STARGAZER ini memenuhi alasan untuk menjadikannya bintang baru keluarga, sebagaimana slogan yang diusung Hyundai untuk mobil ini.

Terlebih pada varian Prime, Hyundai menawarkan dua jenis tata bangku yakni untuk tujuh penumpang dan enam penumpang.

Adapun untuk yang enam penumpang, ruang kabin makin lebih luas lagi karena bangku di bagian tengah menggunakan model captain seat yang dilengkapi arm rest. 

Dalam kesempatan ini para peserta test drive akan menjajal mobil Hyundai STARGAZER varian Prime dengan tipe kapasitas enam penumpang. 

Fitur Hyundai Bluelink pada STARGAZER bikin peserta makin antusias

Penjelasan mengenai fitur Hyundai Bluelink pada STARGAZER | dok. Luthfi/Hipwee

Antusiasme para peserta makin tinggi ketika pihak Hyundai menjelaskan mengenai fitur-fitur yang menjadikan STARGAZER spesial di kelasnya. 

Adalah Hyundai Bluelink, salah satu fitur canggih yang menjadikan mobil ini spesial. Melalui fitur tersebut pemilik dapat terhubung dengan mobilnya melalui aplikasi di ponsel. 

Dengan fitur Hyundai Bluelink pemilik mobil STARGAZER dapat menyalakan mesin, AC hingga mengunci dan membuka pintu mobil melalui aplikasi. Canggih, kan?

Nggak hanya itu, fitur Hyundai Bluelink ini juga dilengkapi tombol SOS Emergency Assistance, dan tombol Call Center untuk Roadside Assistance pada bagian plafon. 

Fitur menarik lainnya dari Hyundai Bluelink ini adalah Auto Collision Notification, Stolen Vehicle Notification, Stolen Vehicle Tracking dan Immobilization.

Interior STARGAZER yang nyaman bikin betah berlama-lama dalam mobil

Suasana kabin Hyundai STARGAZER | dok. Luthfi/Hipwee

Setelah mencatat dan mengingat-ingat seluruh penjelasan dari pihak Hyundai, test drive pun dimulai. 

Kegiatan ini dibagi dalam dua sesi setiap harinya, di mana masing-masing sesi berisikan lima peserta yang akan merasakan pengalaman sebagai pengemudi maupun penumpang. 

Seketika memasuki kabin, keluasan pada area head room dan leg room begitu terasa. Baik di bangku depan, tengah, maupun belakang, tubuh bisa bergerak nyaman dengan leluasa. 

Tanpa mengurangi kenyamanan dan keluasan di dalam area kabin, mobil ini ternyata punya lebih dari 30 tempat penyimpanan, loh. Udah cocok banget buat perjalanan keluarga. 

Kenyamanan dalam kabin pada varian Prime turut dipastikan oleh jok yang empuk dan elegan berkat penggunaan bahan memory foam berbalut material kulit. 

Hal tersebut makin paripurna dengan adanya AC Double Blower yang mampu memberikan kesejukan secara menyeluruh di dalam kabin. 

Keseruan perjalanan keluarga juga dilengkapi Head Unit Audio yang mendukung konektivitas smartphone dan wireless charging yang berada tak jauh di bawahnya

Nggak hanya itu, pada bangku baris kedua juga terdapat USB Slot dan pada sisi bangku baris ketiga tersedia port untuk pemasangan konektor charger

Sambil berkendara para peserta mencoba berbagai fitur Hyundai SmartSense

Demonstrasi penggunaan fitur LKA | dok. Luthfi/Hipwee

Sambil berkendara di jalanan kota Jakarta, pihak Hyundai yang mendampingi para peserta pun menjelaskan lebih lanjut fitur-fitur Hyundai SmartSense pada STARGAZER varian Prime. 

Pertama dijelaskan bahwa mobil ini memiliki fitur keamanan bernama Lane Keeping & Lane Following Assist (LKA & LFA), yang langsung bisa dicoba para peserta.

Fungsi fitur tersebut adalah membantu agar mobil tetap berada di dalam marka jalan melalui informasi secara visual dan audio serta dukungan koreksi pada kemudi.

Dijelaskan pula mengenai fitur Cruise Control yang memungkinkan pengemudi untuk mengatur kecepatan mobil secara konstan hanya dari tombol pada setir. 

Ketika melintas di area tanpa marka jalan, maka fitur LFA akan bermanuver mengikuti kendaraan yang ada di depannya. Ciamik, ya. 

Selain itu, STARGAZER juga punya fitur keamanan Forward Collision Avoidance Assist (FCA) yang secara otomatis memperingatkan potensi risiko tabrakan dari depan.

STARGAZER juga dilengkapi dengan fitur Hill-Start Assist Control (HAC), yang membantu menahan mobil sekitar 5 detik ketika berada di posisi menanjak atau menurun.

Dengan fitur tersebut, pengendara memiliki waktu memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas tanpa khawatir mobil meluncur ke bawah.

Selain yang sudah disebutkan, secara keseluruhan terdapat 12 fitur andal dari Hyundai SmartSense, seperti High Beam Assist (HBA) dan Blind-Spot Collision Warning (BCW).

Juga ada Blind-Spot View Monitor (BVM), Surround View Monitor (SVM), Safety Exit Assist (SEA), Driver Attention Warning (DAW), Rear Occupant Alert (ROA) with Occupant Sensor dan Rear Cross-Traffic Collision Avoidance Assist (RCCA).

Selain fitur-fitur ciamik di atas, performa menjadi hal yang nggak kalah penting untuk memenuhi kebutuhan perjalanan keluarga. 

Dijelaskan bahwa STARGAZER yang dibekali mesin 1.500 cc ini punya empat mode berkendara, meliputi Drive, Normal, Eco, Sport dan Smart. 

Penggunaan bahan bakar mobil ini juga cukup irit, di mana untuk perjalanan dalam kota satu liter bahan bakar bisa menempuh jarak hingga 16 kilometer. 

Harga yang kompetitif memantapkan STARGAZER sebagai bintang baru keluarga

Hyundai STARGAZER | dok. Luthfi/Hipwee

Selesai merasakan pengalaman mengendarai dan menumpangi Hyundai STARGAZER, para peserta tampaknya sepakat dengan slogan yang diusung Hyundai untuk mobil ini. 

Mobil ini dengan berbagai fitur kenyamanan dan keselamatan yang dimilikinya, memang layak menjadi bintang baru keluarga. 

Memantapkan alasan untuk menjadikannya sebagai bintang baru keluarga, banderol harga untuk mobil ini pun cukup kompetitif. 

Untuk mobil seperti yang para peserta test drive coba, yaitu STARGAZER Prime IVT dibanderol seharga Rp307.100.000. Varian Prime ini juga tersedia dalam pilihan Dual Tone dengan harga tambahan senilai Rp1.500.000 dan pilihan Captain Seat dengan tambahan Rp1.000.000.

Selain varian Prime, STARGAZER juga punya varian Active M/T seharga Rp243.000.000, Active IVT seharga Rp255.900.000, Trend M/T seharga Rp263.300.000, Trend IVT seharga Rp275.900.000 serta Style M/T seharga Rp296.300.000.

Nah, buat kamu yang tertarik dengan mobil Hyundai STARGAZER ini, informasi lebih lengkap mengenai keunggulan, fitur-fitur, maupun perbedaan dari setiap variannya, bisa kamu dapat di sini, ya.

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor