Menjajal Mobil Listrik Mungil Wuling Air ev, dari Menanjak hingga Zig-Zag

Mobil yang imut sekaligus futuristik ini bisa jadi solusi untuk berbagai permasalahan kiwari.

Kecil itu indah adalah kalimat yang tepat untuk menggambarkan mobil listrik anyar Wuling, Air ev, yang menjadi salah satu andalan di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Mobil mungil dari Wuling ini juga menjadi yang paling banyak dicoba pengunjung, loh.

Buat yang masih asing, Wuling Air ev memang baru diluncurkan secara resmi dalam ajang GIIAS 2022. Mobil ini hadir dalam dua tipe, meliputi Standard Range dengan jarak tempuh hingga 200 km dalam sekali isi daya, dan Longe Range sebagai tipe tertinggi dengan jarak tempuh hingga 300 km.

Beruntung, Hipwee bersama sejumlah teman-teman Hipwee Community berkesempatan menjajal dan membuktikan lebih jauh daya tarik yang dihadirkan mobil ini pada Minggu (21/8) di NavaPark, Serpong, Tangerang.

Wuling Air ev: mobil listrik yang futuristik sekaligus imut

Wuling Air ev | Foto oleh Luthfi/Hipwee

Sebagaimana orang yang terpikat pada suatu hal, sebelum merasakan langsung berkendara menggunakan Wuling Air ev, Hipwee terlebih dahulu melakukan observasi singkat atas mobil mungil ini. Mobil yang akan Hipwee tumpangi adalah Air ev tipe Long Range.

Wuling Air ev ini disebut mungil atau lebih tepatnya imut tak lain karena dimensinya. Mobil ini hanya memiliki panjang 2.974 mm, lebar 1.505 mm dan tinggi 1.631 mm dengan jarak sumbu roda 2.010. Mobil ini juga dilengkapi dengan empat tempat duduk.

Urusan desain, tampak luar Wuling Air ev sederhana tetapi futuristik. Siapa saja yang melihat Wuling Air ev dapat dipastikan langsung tahu kalau itu adalah mobil listrik dengan peruntukan perjalanan dalam kota.

Pilihan warna yang dihadirkan untuk mobil ini pun membuatnya tampak makin imut. Wuling Air ev punya lima varian warna, meliputi Pristine White, Avocado Green, Lemon Yellow, Peach Pink dan Galaxy Blue. Akan sulit jika harus memilih satu warna favorit. Semuanya tampak menawan dan pas dengan karakter mobilnya.

Wuling Air ev | Foto oleh Luthfi/Hipwee

Soal pengisian daya, Wuling Air ev mengusung konsep easy home charging, di mana pengguna dapat melakukan pengisian daya di rumah dengan daya minimal 2.200 volt ampere. Adapun tempat pengisian daya pada mobil diletakkan di bagian depan, tepat pada logo Wuling yang bisa menyala.

Sedangkan untuk baterai sebagai bagian terpenting sekaligus termahal dari sebuah mobil listrik, Wuling Air ev menggunakan lithium ferro-phosphate yang sudah dapat rating IP67 alias tahan rendaman air. Baterai ini juga dilindungi garansi selama delapan tahun.

Nah, beralih ke bagian dalam, interior Wuling Air ev juga tampak sederhana sekaligus futuristik. Warna dan material jok masing-masing tipe mobil ini berbeda. Material kain untuk varian Standard Range, dan kulit sintetis untuk tipe Long Range.

Bagian dashboard yang memuat airbag didesain rata. Di bagian tengah untuk varian Long Range terdapat head unit, dilanjutkan pada bagian bawahnya pengaturan AC, port USB dan power outlet untuk mengisi daya gawai. Kemudian pada balik kemudi terdapat full color meter cluster berukuran 7 inci TFT untuk tipe Standard Range, dan ukuran 10.25 inci untuk tipe Long Range.

Menariknya, pengaturan transmisi dengan desain bulat ditempatkan di bagian tengah antara bangku pengemudi dan penumpang. Nggak jauh dari sana, terdapat tuas rem tangan elektrik, tombol Auto Vehicle Holding untuk varian Long Range, dan pengaturan buka-tutup jendela.

Wuling Air ev adalah mobil masa kini yang menjawab berbagai persoalan kiwari

Kondisi kabin Wuling Air ev yang cukup lapang | Foto oleh Luthfi/Hipwee

Tiba saatnya berkendara dengan Wuling Air ev. Impresi pertama saat memasuki mobil ini sungguh jauh berbeda dari bayangan sebelumnya. Mengingat mobil ini mungil, tak heran kalau ekspektasi yang muncul adalah sempit.

Namun, ternyata Wuling Air ev cukup lapang terlepas dari dimensinya yang imut dan tampak luar yang sempit. Awak Hipwee memiliki tinggi sekitar 170 cm, dan ruang untuk kaki pada bangku depan penumpang cukup terasa lapang. Nggak hanya bangku depan, bangku belakang mobil ini juga punya ruang kaki yang cukup lapang dan nyaman.

Teman-teman Hipwee Community pun tampak sama terpukaunya dengan ruang kabin Wuling Air ev yang ternyata jauh dari bayangan.

Wuling Air ev yang telah memikat hati dari eksterior dan interiornya makin menunjukkan pesonanya ketika pedal gas diinjak. Dari bangku penumpang, Hipwee merasakan tarikan yang lembut tetapi pasti. Kabin mobil ini pun relatif tenang.

Nggak berlama-lama, empat unit Wuling Air ev yang dikemudikan teman-teman Hipwee Community melaju. Masing-masing tampaknya tengah menguji respons akselerasi yang ditawarkan tiga pilihan mode berkendara yaitu Normal, Eco dan Sport. Respons tenaga yang dikeluarkan berbeda untuk ketiga mode tersebut dan dapat disesuaikan dengan kondisi serta situasi lalu lintas yang dilewati.

Test Drive Wuling Air ev | Foto oleh Luthfi/Hipwee

Sedikit menahan diri untuk tidak melulu memacu, masing-masing pengemudi menguji kemampuan Wuling Air ev melewati berbagai situasi umum, salah satunya ramp yang disediakan untuk mencoba fitur menarik Hill Hold Control dan Auto Vehicle Holding.

Fitur ini dapat diaktifkan melalui center console. Cara kerja fitur ini adalah secara otomatis melakukan pengereman pada mobil tanpa harus menginjak pedal rem. Buat kondisi jalanan perkotaan, fitur ini akan sangat berguna. Kaki nggak akan pegal menahan pedal rem.

Setelah melewati ramp, Wuling Air ev nan mungil dengan radius putar 4,3 m ini diuji untuk melakukan manuver u-turn dan zig-zag. Berkat dimensinya yang imut dan Electric Power Steering, masing-masing mobil Wuling Air ev mampu melewati dua kondisi tersebut tanpa kerepotan.

Wuling Air ev bermanuver secara zig-zag | Foto oleh Luthfi/Hipwee

Teman-teman Hipwee Community menjajal Wuling Air ev sebanyak total empat kali putaran. Dari raut wajah dan senyum yang tak berhenti mengembang, tampaknya mereka semua baru puas membuktikan performa dan keunggulan Wuling Air ev pada putaran terakhir.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk membuktikan sendiri keunggulan dan daya tarik si mungil Wuling Air ev, Mobil yang Hipwee tumpangi, yaitu tipe Long Range dibanderol seharga Rp295 juta dan tipe Standard Range dibanderol seharga Rp238 juta untuk harga Jakarta.Informasi lebih lanjut mengenai mobil ini bisa kamu dapat melalui situs resmi Wuling atau klik di sini.

Singkat saja, Wuling Air ev adalah mobil masa kini yang bisa menjawab berbagai persoalan kiwari melalui berbagai fitur dan tentunya ukurannya yang kompak.

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor