Menpora Larang Stadion GBK untuk Piala AFF 2022 hingga Konser Blackpink

Stadion seringkali menjadi tempat berbagai kegiatan dilaksakan, nggak hanya olahraga, bahkan konser musik pun sering dihelat di stadion. Seperti Stadion Utama Gelora Bung Karno atau GBK yang sering dijadikan tempat konser-konser besar hingga taraf internasional.

Advertisement

Namun, baru-baru ini publik dibuat heran dengan kabar GBK dilarang digunakan untuk pertandingan olahraga dan konser. Informasi ini diketahui dari pernyataan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang secara tegas mengumumkan larangan segala kegiatan di GBK sebelum perhelatan Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

GBK akan direnovasi untuk persiapan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20

GBK dilarang digunakan

GBK | Foto oleh Nodanodaboo dari Commons Wikimedia

Diketahui Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 yang dilaksanakan pada 20 Mei-11 Juni 2023 mendatang. Hal ini membuat Indonesia harus menyiapkan banyak hal termasuk lokasi pertandingan sebaik mungkin sesuai standar federasi sepak bola dunia FIFA. Apalagi menjadi tuan rumah sebuah perhelatan sepak bola bergengsi di dunia sudah digadang-gadang Indonesia sejak lama.

Melansir dari CNN Indonesia, dalam persiapan pertandingan yang akan digelar di GBK itu, Menpora Zainudin Amall secara tegas melarang GBK digunakan untuk berbagai kegiatan selama proses renovasi. Larangan tersebut berimbas pada Timnas Indonesia yang dipastikan nggak bisa bermain di GBK untuk Piala AFF 2022 mendatang.

Advertisement

“Pasti nggak boleh (digunakan). Jadi semua stadion yang sudah terdaftar di FIFA dan itu sudah disetujui oleh FIFA, November akan mulai direnovasi,” tutur Zainudin Amall, dinukil dari CNN Indonesia.

Pelarangan nggak hanya karena stadion yang dibuka pertama kali di tahun 1962 ini akan direnovasi saja, bahkan meski proses renovasi sudah selesai, GBK tetap nggak boleh digunakan sampai setelah Piala Dunia U-20 selesai digelar.

Advertisement

“Jika sudah selesai pun tidak diizinkan (dipergunakan untuk kegiatan lain) itu sudah clear betul. GBK itu kan punya negara,” imbuh Zainudin Amall.

Lebih lanjut, Zainudin Amall menawarkan opsi stadion lain untuk dipakai sebagai home base Timnas Indonesia terutama saat Piala AFF 2022 yang rencananya akan diadakan pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023.

“Pokoknya begitu sudah mulai masuk Kementerian PUPR untuk renovasi, itu sudah ditujukan untuk Piala Dunia. Kan banyak (stadion) yang tidak dipakai, kayak Pakansari, Patriot, itu kan tidak dipakai,” kata Zainudin Amall.

Diketahui Piala Dunia U-20 merupakan ajang olahraga terbesar di dunia bagi kelompok usia muda. Piala Dunia U-20 2023 mendatang akan diikuti 23 negara yang semuanya akan diselenggarakan di Indonesia. Setidaknya ada 6 stadion yang akan digunakan untuk perhelatan ini, antara lain Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Jakabaring di Palembang, Stadion Si Jalak Harupat di Bandung, Stadion Manahan di Solo, Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya dan Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar.

Konser tunggal Raisa dan konser Blackpink Jakarta terancam batal dilaksanakan di GBK

GBK dilarang digunakan

GBK tampak depan | Foto oleh Gunawan Kartapranata dari Commons Wikimedia

Selain Piala AFF 2022, yang nggak boleh dilaksanakan di GBK, Zainudin Mall juga menegaskan bahwa GBK nggak boleh digunakan untuk konser musik. Padahal solois kenamaan Indonesia Raisa Andriana sudah digadang-gadang akan mengadakan konser tunggal di GBK pada Februari 2023 mendatang. Selain konser tunggal Raisa, girlband asal Korea Selatan Blackpink juga rencananya akan menggelar konser di GBK pada 11-12 Maret 2023 mendatang.

Konser bertajuk Blackpink World Tour atau Born Pink di Indonesia diketahui sudah diumumkan sejak pertengahan Oktober lalu. Pihak promotor sudah mengumumkan tanggal konser dan tempat yang rencananya akan digelar di GBK. Bahkan penjualan tiket akan dimulai pada 14 November besok.

Terkait hal tersebut, Zainudin Amall menegaskan bahwa penutupan GBK untuk kegiatan lain sebelum Piala Dunia U-20 ini nggak akan berubah meski para promotor konser telah mempromosikan acara mereka akan dihelat di GBK.

“Silakan saja (dipromosikan), tapi itu udah clear ya. Kita sudah menyanggupi FIFA bahwa Jakarta ini GBK yang akan digunakan. Sudah jelas itu,” tegas Zainudin Amall.

Kendati Menpora sudah secara tegas melarang GBK digunakan untuk konser, tapi hingga saat ini pihak promotor konser-konser tersebut belum memberikan keterangan resmi terkait pemindahan lokasi atau pun pemindahan tanggal pelaksanaan konsernya. Pun demikian dengan pengumuman stadion yang kan dijadikan home base Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022 juga belum diumumkan.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE