“Ih, posemu pasaran banget sih”
“Ya gimana, lucuan gini”

Tapi memang harus diakui, entah sejak kapan pose ini mulai mendominasi foto-foto remaja kekinian. Bahwa cewek yang berpose ‘peace’ dengan senyum mengembang di wajahnya kelihatan lebih manis daripada pose-pose lainnya. Mungkin kalian yang cewek-cewek juga berpikiran sama. Karenanya, pose ini jadi andalan. Coba deh cek sendiri galerimu. Paling tidak sekali dua kali pasti kamu pernah foto dengan pose ‘peace’ itu.

Namun, kamu wajib tahu bahwa di balik kelucuan itu ternyata pose foto favorit cewek-cewek ini menyimpan potensi bahaya. Menurut para ilmuwan, ternyata pose ‘peace’ atau mengacungkan dua jari ini bisa membahayakan keamanan data pribadimu.

Para peneliti dari Japan National Institute of Informatics, JNII menemukan hubungan antara pose imut ini dengan risiko bocornya informasi lewat gambar sidik jarimu

Penelitian Jepang membuktikan bahayanya via wordtraveler5.wordpress.com

Bahwa ketika kamu memperlihatkan jarimu ke arah kamera, semua orang bisa dengan mudah mendapatkan sidik jarimu. Karena pose ‘peace’ ini sangat mengekspos kedua jarimu, maka sidik jarimu juga bisa lebih mudah dilihat.

Advertisement

Ah, nggak semudah itu juga kali ngopy sidik jari…

Mungkin kamu juga berpikir seperti itu. Namun faktanya, menurut para peneliti dari JNII, menduplikat sidik jari dari foto berkualitas bagus yang biasa kamu unggah di sosial media itu mudah. Bahkan jika jarak kamera dan jarimu mencapai 3 meter, proses penduplikatan itu bisa dilakukan. Jika ada yang berniat jahat, cukup modal fokus dan pencahayaan yang bagus, sidik jarimu bisa didapatkan.

Nah, kamu yang nggak hati-hati bisa jadi sasaran kejahatan. Data pribadimu bisa disalahgunakan orang yang tidak bertanggung jawab

Bisa-bisa data pribadimu disalahgunakan orang via i.ytimg.com

Karena itu kurang-kurangin deh berpose ‘peace’ seperti itu. Apalagi setelah mengambil foto, kamu mengunggahnya ke media sosial. Bisa-bisa sidik jarimu dicuri dan disalahgunakan.

Zaman sekarang, sudah banyak ‘kan gadget yang menggunakan fingerprint lock. Handphone atau laptop misalnya. Bahkan pengaman rumah hingga absensi di tempat kerja juga sudah banyak yang menggunakan teknologi sidik jari. Nah kalau sidik jarimu dicuri oleh orang-orang tidak bertanggung jawab, ‘kan berabe jadinya…

Iya, iya. Pose ini memang lucu. Tapi jangan sampai cuma karena pengen dibilang ‘lucu’ lantas kamu rela data pribadimu dicuri orang…

Pose wajib cewek imut via imgix.net

Seperti yang sudah disebut di awal, “iya pose ini memang lucu.” Tak ada yang meragukannya. Dengan kamu berpose ‘peace’ ini lalu mengunggahnya di sosial media, jumlah like akan datang dengan segera. Komentar seperti “Duh, lucunya…” serta komentar-komentar lain yang sejenis pun akan banyak membanjiri postinganmu. Tapi harusnya kamu sudah mulai sadar. Temuan dari para peneliti dari JNII ini harus tetap kamu jadikan pertimbangan.

Apakah kamu tetap bakal berpose ‘peace’ dan merelakan sidik jarimu dicuri cuma demi like dan dibilang ‘lucu’? Atau justru kamu bisa lebih dewasa dan mulai berpikir untuk melindungi privasimu.

Yah, kalau cuma pengen disebut lucu dan dapet banyak like ‘kan masih banyak pose-pose lain yang bisa kamu coba. Hipwee dulu pernah kok nulis artikel seputar trik foto agar kamu lebih fotogenik. Coba deh terapkan trik tersebut. Niscaya like bakal datang dengan sendirinya di posting-an Instagram-mu. Oh iya, selain dapat banyak like, sidik jari dan data pribadimu juga bakal lebih aman tentunya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya