Mengenal Konsep Air Fryer, Menggoreng Tanpa Minyak yang Sedang Ngetren. Sudah Coba?

Metode air fryer

Banyak orang menyukai makanan yang digoreng karena teksturnya lebih krispi. Padahal lemak dan kalori yang terkandung di dalamnya lebih banyak. Apalagi kalau minyak gorengnya dipakai berkali-kali, bisa berbahaya bagi kesehatan! Lalu bagaimana solusinya? Kita bisa menggunakan alat khusus bernama air fryer yang sedang ngetren.

Advertisement

Selain bisa menghasilkan masakan yang lebih sehat, air fryer juga bisa mempermudah proses memasak kita. Penasaran gimana cara kerja dan harganya? Yuk simak penjelasan berikut!

Kalau ingin mengurangi konsumsi minyak, kita bisa “menggoreng” makanan dengan air fryer. Alat yang sedang ngetren ini memanfaatkan sirkulasi udara untuk memanaskan bahan makanan

Bisa memasak berbagai makanan via www.flickr.com

Misalnya, kita mau membuat kentang goreng. Kalau memakai air fryer, cukup masukkan potongan kentang ke dalam mesin tanpa menambahkan minyak. Setelah ditunggu beberapa lama, kentang bakal matang dengan sempurna! Teksturnya renyah, bagian dalamnya lembut, dan warnanya mirip dengan makanan yang digoreng dengan minyak. Kok bisa?

Dilansir dari Alodokter, mesin air fryer mengandalkan sistem sirkulasi udara panas yang bisa mencapai 200 derajat Celsius. Jadi kita hanya perlu menambahkan 1 sendok makan minyak goreng, bahkan bisa tanpa minyak sama sekali tergantung jenis masakannya. Air fryer juga bisa membuat minyak yang ada di makanan keluar dan tersaring ke dasar wadah.

Dengan menggunakan air fryer, kita bisa mengurangi kandungan lemak dan zat berbahaya pada makanan. Manfaatnya banyak~

Masakan hasil air fryer via www.flickr.com

Karena nggak pakai minyak, masakan hasil air fryer mengandung lebih sedikit lemak. Bahkan dalam sebuah penelitian, kentang yang digoreng dengan air fryer mempunyai kadar lemak 70% lebih rendah dibanding kentang yang digoreng biasa. Tentu kalorinya juga lebih rendah!

Selain itu, air fryer bisa mengurangi pembentukan zat berbahaya pada makanan. Misalnya zat akrilamida yang diduga bisa memicu kanker. Cocok nih buat orang-orang yang ingin hidup sehat! Hasil masakan air fryer yang rendah lemak dan kalori juga sesuai banget buat orang yang sedang diet karena bisa membantu menurunkan berat badan. Yang nggak kalah penting, memasak dengan air fryer dianggap lebih ramah lingkungan karena limbah minyak gorengnya jauh lebih sedikit.

Dibandingkan menggoreng di wajan, memasak dengan air fryer juga lebih gampang. Jadi bisa menghemat waktu dan tenaga

Bagian dalam air fryer via www.flickr.com

Pertama-tama, siapkan bahan makanan yang akan diolah. Lalu panaskan air fryer terlebih dulu agar suhunya lebih maksimal. Hindari memasukkan terlalu banyak makanan karena bisa membuat tingkat kematangannya nggak merata. Seandainya harus menggunakan sedikit minyak, pilih jenis minyak yang bisa menahan suhu tinggi seperti minyak sayur atau zaitun. Lalu tinggal pencet tombol sesuai sistem yang diinginkan. Masakannya bakal matang setelah ditunggu sebentar. Praktis deh! Jangan lupa untuk membersihkan air fryer setelah selesai digunakan.

Advertisement

Kalau tertarik membeli air fryer, kita perlu menyiapkan bujet yang cukup besar. Tetapi manfaatnya sepadan kok!

Menggunakan air fryer via www.flickr.com

Pilih air fryer yang terbuat dari bahan bebas BPA (zat kimia yang berbahaya jika terserap dalam makanan). Sebaiknya kita juga memilih ukuran alat sesuai kebutuhan. Sebab air fryer mempunyai ukuran kecil, sedang, dan besar.

Bagaimana dengan harganya? Hal ini tergantung merek dan ukuran. Umumnya, harga air fryer mulai dari Rp500 ribuan hingga Rp5 jutaan. Sedangkan daya listrik yang dibutuhkan sekitar 1.000 watt. Tetapi untuk menggoreng kentang dengan air fryer, hanya butuh waktu sekitar 15 menit kok.

Itulah berbagai informasi seputar air fryer. Meskipun harganya lebih mahal dibandingkan alat masak lain, kita nggak akan rugi jika membelinya karena manfaat yang diperoleh juga lebih banyak.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE