Mizuiku Luncurkan Intranet “Petualangan di Mizu Town”, Ajak Siswa Lestarikan Air Tanah

Siswa sekolah akan diajak melestarikan air bersih melalui misi dan petualangan di dunia virtual

Setiap tanggal 22 Maret kita memperingati Hari Air Sedunia (HAS). Tahun ini, tema besar HAS 2022 adalah pentingnya melestarikan air tanah. Ikut menggalakkan hal penting tersebut, Suntory Garuda Beverage (SGB) bersama sekolah Mizuiku merilis Intranet “Petualangan di Mizu Town”.

Advertisement

“Petualangan di Mizu Town” ini adalah medium edukasi menarik, di mana anak-anak akan diajak untuk bertualang di dunia maya dalam misi melestarikan air bersih. Penasaran seperti apa detailnya, yuk, simak.

“Petualangan di Mizu Town” adalah modul pembelajaran daring tentang pelestarian air tanah dan lingkungan

Seperti telah disinggung, “Petualangan di Mizu Town” merupakan modul pembelajaran daring tentang pelestarian air bersih dan lingkungan. Di sini anak-anak akan diajak untuk bertualang di dunia maya dalam misi melestarikan air bersih.

Melalui penanggung jawab di masing-masing sekolah, setiap murid nantinya akan mendapatkan username dan password agar dapat mengakses Intranet “Petualangan di Mizu Town”. Setelah masuk ke dalam Intranet, para murid bisa mulai berpetualang.

Advertisement

Diceritakan bahwa Mizu Town dijaga oleh enam peri air yaitu Akuru, Homac, Farku, Riverku, Foreck dan Iliac. Keenam peri air tersebut telah kehilangan kekuatan karena Daur Air di Mizu Town yang terganggu.

Nah, untuk itu setiap murid akan diberikan sebuah misi menyelamatkan para peri tersebut, dengan cara menjawab kuis untuk mengasah pengetahuan mereka. Tak hanya itu, mereka juga akan diminta untuk menyelesaikan penelitian sederhana tentang pelestarian air.

Advertisement

Dari hasil penelitian tersebut mereka akan mendapatkan poin berupa Tetes Air yang dapat ditukar dengan berbagai hadiah untuk memulihkan Daur Air seperti pohon, serangga, bebek, cacing, bunga dan sebagainya sehingga dapat menolong para peri air.

“Petualangan di Mizu Town” ini menyediakan beberapa area untuk dieksplorasi dan harus dikerjakan secara berututan mulai dari Rumah, Pertanian, Sungai, Hutan, Angkasa dan Mizu Sky.

Untuk setiap area yang dieskplorasi, seperti area Hutan, anak-anak juga akan belajar mengenai pentingnya menjaga fungsi hutan demi keberlangsungan air tanah melalui kuis dan video.

Chief Executive Officer & President Director Suntory Garuda Beverage, Ong Yuh Hwang berharap melalui modul pembelajaran kreatif ini, ilmu yang didapat anak-anak bisa lebih diserap dengan baik.

“Melalui konsep dan metode pembelajaran daring yang dekat dengan keseharian anak, kami berharap ilmu yang mereka dapatkan akan lebih mudah diserap dan diterapkan sehingga mereka tidak merasa sedang belajar, tetapi bermain di dunia maya. Pencapaian mereka akan dipantau secara berkala oleh guru, fasilitator dan tim Mizuiku,” kata Ong.

Di tahun 2022 akses intranet “Petualangan di Mizu Town” akan diberikan kepada 18.000 murid dari lebih dari 120 sekolah Mizuiku

Petualangan di Mizu Town Mizuiku

| dok. Mizuiku

Modul pembelajaran Mizuiku dalam format daring seperti “Petualangan di Mizu Town” ini juga merupakan tools yang tepat untuk membantu sekolah Adiwiyata memastikan pembelajaran pelestarian lingkungan terus berjalan selama pandemi, dengan mengutamakan keselamatan siswa.

Sebab, berdasarkan pernyataan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), kasus Covid-19 pada anak per Februari 2022 meningkat sepuluh kali lipat dari Januari 2022.

Menimbang itu, sejak pandemi Mizuiku pun menciptakan inovasi pembelajaran daring untuk melindungi anak-anak dari bahaya Covid-19, seperti menyediakan modul dalam format video dan meluncurkan MizuAdventure, aplikasi pembelajaran edukasi lingkungan yang dapat diunduh gratis melalui Google Playstore dan App Store.

Selain merilis “Petualangan di Mizu Town”, SGB dalam rangka HAS 2022 juga mengadakan Forum Group Discussion (FGD) dengan 129 sekolah Mizuiku untuk membahas pentingnya pendidikan pelestarian air bersih.

Untuk tahun 2022, akses intranet “Petualangan di Mizu Town” akan diberikan kepada hampir 18.000 murid dari lebih dari 120 sekolah Mizuiku yang tersebar di tujuh wilayah Indonesia mulai dari Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Bogor, Pati, Sidoarjo dan Banjarbaru.

Koordinator Penilaian Kemendikbudristek Lestari Koesoemawardhani mengungkapkan bahwa Indonesia masih menghadapi beberapa tantangan pendidikan selama pandemi. Oleh karena itu ia sangat mengapresiasi intranet “Petualangan di Mizu Town”.

“Kami sangat menghargai bantuan dari Mizuiku melalui intranet “Petualangan di Mizu Town”. Banyak pengetahuan di berbagai bidang ilmu yang diperoleh anak-anak jika memiliki akses untuk mempelajarinya. Jadi, kami berharap SGB akan memberikan akses kepada lebih banyak anak-anak Indonesia di masa mendatang,” ujar Lestari.

Nah, buat kamu yang tertarik, informasi lebih lanjut mengenai “Petualangan di Mizu Town” dapat diakses melalui situs resmi Suntory Garuda Beverage melalui www.suntorygaruda.com/mizuiku.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

CLOSE