[Review] Pengalaman Menjajal MSI Modern 15, Laptop Manis yang Menunjang Gaya Hidup Dinamis

Review laptop MSI Modern 15

Setelah pandangan saya tentang sebuah laptop diubah oleh MSI Prestige 15 A11SCX beberapa waktu lalu, kini saya jadi mulai terbuka untuk eksplorasi pengalaman kerja lewat laptop-laptop anyar yang menawarkan berbagai fitur pendukung produktivitas.

Kali ini keseharian saya sebagai penulis didukung oleh laptop MSI Modern 15A11SB-071ID. Laptop minimalis bersalut warna Urban Silver yang sekilas tampak mirip dengan Prestige 15 ini katanya didedikasikan untuk menunjang gaya hidup dinamis. Saya menggunakan laptop ini selama kurang lebih satu minggu untuk membuktikan klaim tersebut.

Desain low-profile tapi dapur pacu janjikan performa ngebut

Modern 15 A11SB Urban Silver (Foto: Luthfi/Hipwee)

Sebelumnya saya nggak tahu laptop seperti apa yang sebenarnya saya butuhkan. Baru setelah menjajal Prestige 15 tempo hari, saya menyadari kalau kebutuhan utama penulis yang berjibaku dengan puluhan tab pencarian dan deadline adalah laptop yang ngebut dalam segala hal.

Nah, salah satu kunci performa ngebut sebuah laptop itu terletak pada prosesor. Saya lega mengetahui Modern 15A11SB-071ID menggunakan prosesor Intel Core i7-1165G7 generasi ke-11 yang punya kecepatan standar hingga 2.8GHz. Ini artinya prosesor pada laptop yang akan menemani saya bekerja, dapat memberikan peningkatan kecepatan hingga 20% dibanding prosesor Intel generasi sebelumnya.

Prosesor yang bikin saya membayangkan mulusnya perjalanan deadline harian ini dipasangkan dengan grafis terintegrasi Intel Iris Xe, dan ditandemkan dengan NVIDIA GeForce MX450 2GB GDDR5. Kartu grafis tersebut dapat mengakselerasi performa laptop untuk kebutuhan pengeditan foto, video, atau bahkan gaming tipis-tipis setelah kerja. Ya, meski saya nggak begitu mumpuni dalam hal edit foto dan video, setidaknya hal tersebut jadi jaminan performa untuk kegiatan yang relatif lebih ringan.

Untuk memori, laptop ini dibekali DDR IV 8GB Dual Channel berkecepatan 2666Mhz. Sedangkan untuk penyimpanan, Modern 15A11SB-071ID ini memiliki kapasitas 512GB NVMe PCIe Gen3x4 SSD yang menawarkan transfer rate cukup tinggi tetapi efisien daya, dan yang penting bikin loading sistem terasa sangat responsif.

Ciamik untuk multitasking dan melakukan serba-serbi work from home~

Modern 15 A11SB Urban Silver (Foto: Luthfi/Hipwee)

Segera setelah dinyalakan, Modern 15A11SB-071ID  langsung bisa dioperasikan. Booting-nya juga ngebut! Nggak perlu urus lisensi atau instalasi sistem operasi lagi karena laptop ini sudah dilengkapi Windows 10 Home. Tentu saja yang pertama saya buka adalah Microsoft Word sebagai kendaraan perang para penulis.

Baru setelah mengetik beberapa kalimat di Microsoft Word saya pindah ke peramban untuk browsing bahan-bahan artikel. Di sini lah keapikan performa multitasking Modern 15A11SB-071ID pertama kali saya rasakan: berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain begitu enteng. Membuka tab pencarian secara beruntun juga nggak masalah (selama koneksi internet saya stabil).

Keyboard yang menjadi ujung tombak pekerjaan saya hadir tanpa cela di Modern 15A11SB-071ID. Hanya saja saya perlu waktu untuk terbiasa menggunakan touch pad yang posisinya center to body, alias nggak sejajar dengan tombol spasi.

Ukuran key travel 1.5 mm di sini terbilang ideal untuk jemari berpindah dari satu huruf ke huruf lainnya. Maklum, saya bukan penulis yang mampu menggunakan seluruh jari dalam mengetik. Jadi jarak antar tombol bagi saya begitu berarti. Selain itu keyboard-nya juga dilengkapi backlight putih dalam tiga tingkatan cahaya. Nyaman deh, ngejar deadline sampai gelap~

Fitur Flip-n-Share Modern 15 A11SB Urban Silver (Foto: Luthfi/Hipwee)

Satu fitur paling menarik dari Modern 15 adalah layarnya yang berukuran 15.6 inci dapat dibuka hingga 180 derajat. Fleksibilitas ini memungkinkan MSI menyematkan fitur Flip-n-Share, di mana pengguna dapat memutar tampilan layar hingga 180 derajat hanya dengan menekan shortcut F12. Berhubung masih WFH, fitur ini mungkin belum terasa manfaatnya. Namun, ketika rapat atau diskusi bareng teman kerja tidak lagi virtual, fitur ini adalah salah satu yang akan sangat berguna.

Ngomong-ngomong WFH, laptop ini juga dapat diandalkan untuk virtual conference berkat layar anti-glare, webcam HD Type 30fps@720p, dan dua stereo speaker berteknologi Nahimic Sound 3 Technology, Hi-Res Audio, dan MSI Audio Boost. Karena posisi speaker berada di bagian bawah, maka pengalaman audio terbaik bisa didapat ketika laptop berada di atas meja.

Balik ke layarnya yang lebar. Modern 15A11SB-071ID ini juga nggak asal lebar. Setiap aspek mempertimbangkan nilai guna. Misal, layar laptop ini  mengusung desain bezel tipis dengan IPS-level panel, dan LED backlight dengan resolusi Full HD 1920×1080 piksel untuk menghasilkan sudut pandang yang luas.

Untuk kebutuhan visual tingkat tinggi, layar lebar bukan cuma satu-satunya keunggulan Modern 15A11SB-071ID. Sebab, display laptop ini juga didukung teknologi layar yang menghadirkan tampilan warna mendekati sRGB 100%. Maksudnya, warna yang terlihat di layar nyaris seperti warna sesungguhnya yang bisa ditangkap oleh mata. Pecinta fotografi atau orang-orang yang apik terhadap detail pasti akan girang.

Dapat diandalkan untuk kerja seharian bahkan secara mobile

Modern 15 A11SB Urban Silver with Sleeve Case (Foto: Luthfi/Hipwee)

Karena mengunggulkan kedinamisan dari segi desain yang low-profile dan performa, maka saya merasa perlu mencoba laptop ini untuk bekerja secara mobile: berpindah dari indekos ke kafe langganan dengan taat protokol kesehatan (tentunya). Benar saja, laptop ini dapat mengikuti gaya hidup dinamis.

Setidaknya saya dapat menyimpulkan hal tersebut dari efisiensi yang benar-benar terasa. Pertama, meski mengusung casing aluminium yang identik lebih berat dibanding material plastik, Modern 15A11SB-071ID terbilang ringan dengan bobot hanya 1.6 Kg. Sementara ketebalannya yang hanya 16.9 mm cukup praktis untuk diselipkan ke dalam ransel.

Nah, sama seperti Prestige 15 yang sempat bikin saya takjub, laptop Modern 15 ini juga sudah mengantongi standar militer MIL-STD-810G. Bisa dibilang laptop ini tahan banting secara harfiah!

Sisi kiri Modern 15 A11SB Urban Silver (Foto: Luthfi/Hipwee)

Kedinamisan laptop Modern 15 lainnya adalah baterai 3 cell 52Whr yang lebih dari awet untuk diandalkan seharian. Setidaknya saya hanya perlu melakukan pengisian daya sekali penuh untuk hampir lima hingga enam jam kerja menggunakan Microsoft Word dan Microsoft Edge untuk sesekali browsing. Suhu yang dihasilkan ketika laptop begitu intens digunakan pun terbilang kondusif, berkat teknologi sistem pendingin Cooler Boost 3 yang mengaliri sirkulasi panas melalui bagian bawah dan sudut bawah bingkai layar.

Di samping awet, penggunaan daya laptop ini juga bisa diatur sesuai kebutuhan. Terdapat empat skenario daya yang bisa diakses melalui MSI Center atau lewat shortcut F7, yaitu AI Charger, Best for Mobility, Balanced, Best for Battery. Lewat shortcut yang sama pengguna juga dapat mengatur skenario performa laptop, seperti High Performance, Balanced, Silent, dan Super Battery.

Sekalipun harus mengisi daya di tengah pekerjaan, saya rasa ini bukan soal yang berarti buat Modern 15. Pasalnya laptop ini sudah dilengkapi teknologi pengisian cepat yang mampu mengisi baterai hingga 70% hanya dalam waktu satu jam. Bukan cuma performanya aja ya, yang ngebut~

Sisi kanan Modern 15 A11SB Urban Silver (Foto: Luthfi/Hipwee)

Konektivitas yang dimiliki Modern 15 juga lebih dari cukup untuk menunjang kebutuhan harian siapa saja. Nggak kayak kebanyakan laptop tipis yang mulai mengurangi jumlah port, Modern 15 malah dengan royal menyediakan.

Di bagian kiri laptop tersedia port charger, HDMI, Thunderbolt 4/USB 4.0 Type C yang mendukung pengiriman data super ngebut hingga 40 Gbps, USB 3.2 Gen 1 Type A serta audio jack. Di sisi yang sama juga terdapat lampu indikator power dan baterai. Sementara di sisi kanan terdapat dua buah port USB 3.2 Gen 1 Type A dan Micro SD Card Reader. Selain itu laptop ini sudah menggunakan Intel Wi-Fi 6 AX201 (2*2 ax) yang lebih mumpuni dan Bluetooth 5.1.

Kesimpulan

ModelModern 15A11SB-071ID 
ID ColorUrban Silver
LCD15*6 FHD (1920*1080), IPS-Level, Close to 100% sRGB
VGA, V-RAM/ ChipsetMX450, GDDR5 2GB
CPUTiger Lake i7-1165G7
KB BacklightSingle Backlight KB (White)
MemoryDDR IV 8GB*2 (2666MHz)
HDD512GB SSD
WLANIntel Wi-Fi 6 AX201 (2*2 ax) + BT5.1
OSWindows 10 Home
Battery3 Cell, 52Whr (Up to 10 hours)
Bag Sleeve case
Warranty2 Years
PriceRp15.999.000

Spesifikasi lengkap laptop MSI Modern 15


Secara
positioning, Modern 15 memang berada di bawah Prestige 15 yang lebih dulu saya jajal. Namun, saya nggak menemukan perbedaan berarti yang mempengaruhi produktivitas, atau alasan khusus untuk membandingkan dua perangkat tersebut. Masing-masing laptop tersebut punya kemampuan yang ciamik tergantung kebutuhan pengguna. Untuk penulis seperti saya, agaknya Modern 15 A11SB-071ID jauh lebih cocok karena fitur dan performanya dapat digunakan secara maksimal. Istilah techno-geek-nya, laptop ini “nggak over kill” buat saya.

Nah, kalau kamu juga penasaran dengan performa yang ditawarkan Modern 15A11SB-071ID, atau ingin membuktikan sendiri apakah benar laptop ini dapat mendukung gaya hidup dinamis, MSI Modern 15 A11SB bisa kamu dapatkan secara online melalui MSI Official Store yang ada di Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan Pemmz. Jika ingin melakukan pembelian secara offline, kamu juga bisa menyambangi langsung MSI Authorized Dealer.

Semua laptop seri Modern 15 tersedia dalam dua pilihan warna elegan, yaitu Urban Silver dan Carbon Gray dengan logo MSI yang lebih modern. Nah khusus laptop Modern 15A11SB-071ID dibanderol dengan harga Rp15.999.000. Setiap pembelian juga akan mendapat bonus Sleeve Case ciamik dan garansi selama dua tahun.

 

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor

I know I glow up