Nggak Kayak Museum pada Umumnya, 8 Museum Ini Punya Koleksi Paling Unik dan Aneh di Dunia

Museum unik di dunia

Museum dikenal sebagai tempat untuk menyimpan benda-benda bersejarah atau peninggalan zaman dahulu. Museum seringkali digunakan sebagai sarana edukasi sekaligus tempat kita melihat perkembangan peradaban manusia. Museum juga punya jenis-jenisnya tersendiri. Contohnya, kalau kamu mau tahu jenis-jenis senjata tradisional, maka kamu pergi museum senjata. Kalau kamu ingin melihat replika binatang purba, kamu bisa pergi ke museum geologi.

Advertisement

Kendati begitu, kamu tahu nggak sih, ternyata di berbagai belahan dunia ada lo museum yang menampilkan koleksi-koleksi barang unik sekaligus aneh. Museum yang dianggap tempat membosankan ini disulap jadi tempat wisata yang punya daya tarik tersendiri berkat koleksinya. Penasaran dengan museum-museum ini? Yuk simak selengkapnya!

1. Di Amerika Serikat ada Museum bernama The Burnt Food Museum yang memperlihatkan koleksi makanan gosong. Padahal makanan yang gosong biasanya pasti dibuang

Padahal biasanya kita buang 🙁 via www.wanderlust.co.uk

Museum ini terletak di Amerika Serikat dan diberi nama The Burnt Food Museum. Sama seperti namanya, museum tersebut memperlihatkan koleksi-koleksi makanan gosong. Sang pengagas museum, Deborah Henson-Conant awalnya mengajak orang untuk mengirimkan masakan gosong mereka untuk ditampilkan di pameran. Di luar dugaan, banyak orang yang tertarik dengan museum ini.

2. Di kota Guben, Jerman terdapat museum bernama Plastinarium. Museum ini memperlihatkan tubuh manusia dan hewan yang diawetkan dengan tujuan edukasi. Terdapat banyak pose manusia dan hewan yang ditampilkan

Haduh~ via blogunik.com

Coba kamu bayangkan, gimana rasanya melihat secara langsung tubuh manusia dan berbagai hewan yang diawetkan? Jika kamu sulit membayangkannya, perasaan itu yang bakal kamu rasakan kalau datang ke museum Plastinarium di kota Guben, Jerman. Pada dasarnya Plastinarium adalah museum edukasi yang menunjukkan koleksi tubuh manusia dan hewan yang di awetkan sebagai sarana edukasi.

Advertisement

3. Dikenal sebagai makanan khas Jepang yang mendunia, ternyata di Osaka, Jepang ada Museum bernama Instan Ramen Museum. Museum ini mempertunjukkan banyak sekali jenis ramen instan. Beneran banyak banget!

Jajanan Ramen gratis via osaka-info.jp

Siapa sih yang nggak tahu mie ramen? Mie ramen adalah salah satu makanan khas Jepang yang mendunia. Nah ternyata di kota Osaka, Jepang terdapat sebuah museum yang mempertunjukan koleksi mie ramen instan. Yang lebih asyik jika kamu sudah puas mengelilingi dan melihat ramen-ramen yang ditampilkan kamu bisa mendapat ramen untuk dibawa pulang.

4. Berbeda dengan museum lain, Cancun Underwater Museum yang ada di Mexico ini menampilkan bangunan-bangunan di bawah laut

Selain museum, indah banget via www.cheapfaremart.com

Jika kebanyakan museum berada di daratan, di Mexico terdapat museum yang menampilkan bangunan-bangunan dan patung prasejarah di bawah laut. Museum ini bernama Cancun Underwater Museum. Museum ini mengklaim bahwa mereka memiliki lebih dari 500 patung dan bangunan. Bahkan beberapa bangunan dan patung menjadi terumbu karang alami bagi ikan-ikan yang hidup di sana. Pengunjung yang datang, berkeliling sambil snorkeling gitu. Seru ya!

5. Kalau kamu tertarik dengan segala sesuatu yang behubungan dengan pemakaman, di Rusia terdapat satu museum bernama Museum of World Funeral Culture. Museum ini menampilkan barang-barang yang digunakan saat prosesi pemakaman manusia dari berbagai budaya seluruh dunia

Cocok buat dijadiin referensi nih! via steemit.com

Buat kamu yang tertarik dengan prosesi pemakaman, alangkah baiknya kamu mampir ke Museum of World Funeral Culture di Rusia. Museum ini punya koleksi seputar alat-alat kematian seperti alat kremasi, alat mumifikasi dan jenis pelestarian tubuh lainnya. Menariknya museum ini juga menampilkan alat prosesi pemakaman dari seluruh budaya di berbagai belahan dunia.

Advertisement

6. Di kota Cappadocia, Turki terdapat museum bernama Avanos Hair Museum Museum ini menampilkan 16.000 rambut perempuan

Museum rambut via www.reddit.com

Didirikan sejak tahun 1979, Avanos Hair Museum terletak di Cappadocia, Turki. Museum  ini adalah museum yang menampilkan kurang lebih 16.000 rambut wanita yang pernah berkunjung di museum ini. Saking banyaknya, rambut-rambut ini sampai memenuhi dinding dan langit-langit lo!

7. Di Amsterdam, Belanda terdapat Museum yang memperlihatkan alat-alat eksekusi mati dari zaman pertengahan bernama Museum Madieval Torture Instrumen

Alat-alat eksekusi via www.theladytravels.com

Nggak seperti zaman modern, untuk menghukum orang yang melanggar hukum, di zaman pertengahan masyarakat melaksanakan hukuman mati dengan berbagai cara dan alat. Nah buat kamu yang tertarik untuk melihat replika dan alat-alat asli ini kamu bisa datang langsung ke Madieval Torture Instrument di kota Amsterdam, Belanda.

8. Nggak kalah dari luar negeri, di Indonesia ada museum unik yang membahas tentang jenis-jenis nyamuk. Museum Nyamuk ini berada di Pangandaran, Jawa Barat

Museum Nyamuk via travel.tempo.co

Di kota kecil di Jawa Barat, tepatnya di Pangandaran terdapat Museum Nyamuk. Museum unik ini dikelola langsung oleh kementerian kesehatan untuk edukasi. Museum nyamuk mempertunjukan jenis-jenis nyamuk dan bahayanya.

Nah itu dia beberapa museum dengan konsep dan koleksi paling unik dan aneh. Mungkin sebenarnya masih banyak lagi museum nyeleneh di belahan dunia lain ya. Hmm, apakah ada museum aneh lain yang kamu tahu selain yang ada di atas?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

An amateur writer.

CLOSE