6 Negara yang Disebut Paling Nyaman untuk Bersepeda, Fasilitasnya Itu Lo Mantap Banget

Negara ramah sepeda

Sepeda adalah pilihan transportasi yang murah dan sehat. Sayangnya, jumlah pesepeda di Indonesia masih sedikit meskipun tren gowes mulai merebak. Sebab banyak orang yang lebih memilih naik motor atau mobil. Padahal kebiasaan tersebut bisa menyebabkan kemacetan dan polusi udara.

Advertisement

Nah, beberapa negara mempunyai cara efektif untuk membangun kebiasaan bersepeda di masyarakat. Misalnya dengan menyediakan fasilitas yang lengkap bagi para pesepeda. Menurut Bicycle Cities Index 2019, berikut ini negara-negara yang paling nyaman untuk bersepeda. Yuk simak!

1. Belanda adalah negara yang sangat nyaman untuk bersepeda. Tersedia berbagai fasilitas lengkap, bahkan bersepeda dimasukan dalam kurikulum sekolah!

Bersepeda di Belanda | Photo by sabina fratila on Unsplash via unsplash.com

Meskipun Belanda mempunyai teknologi transportasi yang canggih, para penduduknya memilih bersepeda untuk pergi ke mana-mana agar lebih sehat. Kebiasaan ini diimbangi dengan berbagai fasilitas yang diberikan pemerintah. Mulai dari dibangunnya jalur khusus sepeda yang mencapai puluhan ribu kilometer, berbagai tempat penyewaan sepeda, serta tempat parkir sepeda yang luas. Bahkan untuk menanamkan kebiasaan sejak dini, bersepeda dimasukkan dalam kurikulum SD di Belanda. Keren!

2. Jerman menyediakan banyak rute bersepeda yang menarik. Mulai dari pedesaan sampai perkotaan, ada semua!

Jalur sepeda di pedesaan Jerman | Photo by Damien DUFOUR Photographie on Unsplash via unsplash.com

Selain dijadikan alternatif transportasi, bersepeda juga dijadikan hiburan oleh masyarakat di Jerman. Ada lebih dari 200 rute bersepeda jarak jauh di pedesaan maupun perkotaan. Misalnya rute untuk menyusuri Sungai Rhine yang indah atau menjelajahi Kota Constance. Para pengendara juga bisa menyusuri daerah penghasil anggur maupun rute khusus untuk mengenang sejarah Jerman sepanjang 219 kilometer. Menarik!

Advertisement

3. Selain bebas bersepeda di daratan, orang-orang Belgia juga bisa bersepeda membelah air!

Bersepeda di Belgia | Photo by Luc Daelemans on TIME via time.com

Pemerintah Belgia berusaha terus memperbaiki sarana untuk para pesepeda, termasuk membangun jalur khusus dan menyewakan sepeda secara gratis. Hal yang nggak kalah menarik adalah sensasi seolah sedang bersepeda di atas air. Tersedia jalur sepanjang 212 meter yang membelah kolam-kolam air di De Wijers, Limburg. Atraksi ini sangat diminati oleh warga lokal maupun turis.

4. Bersepeda sudah menjadi kebudayaan sekaligus cara hidup sehat di Denmark. Para orang tua yang memboncengkan anak bisa mengendarai sepeda kargo

Sepeda kargo di Denmark | Image from Kompas via travel.kompas.com

Denmark memiliki jalan-jalan raya yang luas, jadi nggak sulit untuk membuat jalur khusus sepeda. Kalau sedang jam ramai, jumlah sepedanya bisa melebihi lalu lintas mobil di negara lain! Penduduk Denmark memang sudah mempunyai kesadaran bersepeda untuk mengurangi dampak polusi udara dan perubahan iklim. Dilansir dari Kompas, para orang tua yang ingin bepergian dengan anak-anaknya bisa mengendarai sepeda kargo. Sepeda tersebut mempunyai tiga roda dan dilengkapi kotak kayu besar di bagian depannya.

5. Selain mempunyai fasilitas bersepeda yang bagus, penduduk Swedia juga patuh pada peraturan lalu lintas

Bersepeda di Swedia | Photo by Martin Magnemyr on Unsplash via unsplash.com

Seperti negara-negara lainnya, Swedia memiliki jalur khusus pesepeda yang bisa diakses dari dua arah. Terdapat pula rambu-rambu khusus pesepeda agar tetap aman. Untungnya, penduduk Swedia bisa menjaga ketertiban selama bersepeda. Setiap orang rata-rata menempuh jarak 0,7 kilometer per hari. Bahkan biasanya setiap orang di keluarga mempunyai sepeda sendiri agar nggak perlu berebut.

Advertisement

6. Berbekal ponsel pintar, penduduk China bisa menyewa sepeda dengan mudah. Bahkan pembayaran bisa dilakukan melalui ponsel tersebut

Pesepeda di China | Photo by Joshua Fernandez on Unsplash via unsplash.com

Meskipun belum sebanyak negara-negara di Eropa, jumlah pesepeda di China patut diperhitungkan. Negara ini memadukan sistem hidup sehat dengan kecanggihan teknologi. Kalau ingin menyewa sepeda, orang-orang bisa melakukannya secara mandiri dengan cara memindai kode melalui ponsel pintar. Bahkan pembayaran bisa dilakukan melalui sistem yang sama. Praktis banget ya!

Melihat negara-negara itu, rasanya jadi iri deh. Kapan Indonesia bisa meniru mereka? Untuk meningkatkan jumlah pesepeda, perlu ada kerja sama nih antara pemerintah dan masyarakat. Pemerintah harus menyediakan fasilitas seperti jalur khusus peseda yang cukup luas dan aman, sedangkan masyarakat perlu menumbuhkan kesadaran untuk naik sepeda ke mana-mana. Semoga kelak Indonesia juga bisa menjadi negara yang nyaman untuk bersepeda!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE