Malam tadi jadi salah satu malam mencekam buat orang yang ada di sekitar Jalan Gubeng, Surabaya. Tiba-tiba ada suara gemuruh dan gempa lalu disusul dengan suara ledakan. Orang-orang histeris. Ternyata, salah satu bagian dari ruas jalan tersebut ambles cukup dalam dan juga lebar. Suara ledakan itu asalnya dari trafo listrik yang berada di dekat lokasi. Ngeri!

Saat ini, arus jalan sudah dialihkan karena jalan yang ambles benar-benar menutup akses jalan. Garis polisi juga sudah melintang. Daerah tersebut disterilkan karena dikhawatirkan masih belum aman. Yang jelas bikin penasaran adalah sebenarnya ada apa sih dengan jalan tersebut? Apakah ambles karena usia atau ada faktor lain yang fatal? Yuk kulik lebih dalam mengenai kronologi kejadian serta penyebabnya bersama Hipwee News & Feature.

Mendadak ambles, Jalan Gubeng di Surabaya kini meninggalkan lubang besar yang dalam. Karena berbahaya, jalan tersebut masih disterilkan hingga sekarang

Beginilah penampakan Jalan Gubeng pagi ini dari udara. via www.youtube.com

Advertisement

Lubang besar terlihat di Jalan Gubeng, Surabaya karena tiba-tiba ambles. Menurut perkiraan dari Kompas, lubang itu memiliki lebar hingga 10 meter, kedalaman lebih dari 15 meter, dan panjang hingga 100 meter. Kejadiannya baru saja terjadi hari Selasa (18/12) malam. Karena nggak aman dan nggak bisa dilewati kendaraan, akhirnya jalan itu ditutup. Lalu lintas dialihkan ke arah lain. Garis polisi juga dipasang.

Sudah dipastikan nggak ada korban jiwa dari kejadian tersebut. Tapi, tim SAR masih siap siaga buat berjaga disana jika ada situasi yang membutuhkan

Tim SAR masih berjaga karena kondisi tanah yang masih belum stabil. via style.tribunnews.com

Jalan yang mendadak ambles tentu saja mengagetkan orang yang berada di sekitar lokasi kejadian. Bahkan, pengguna jalan yang akan melintas tentu saja dibuat terkejut. Menurut Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan, beliau mendapat laporan dari Basarnas kalau tidak ada korban jiwa dari peristiwa itu. Yang jelas, keterangan dari El Amrad, Kepala Seksi Operasi Kantor SAR Surabaya mengatakan kalau tim SAR memang sudah disiagakan di lokasi tapi belum bisa diturunkan karena kondisi tanah yang belum stabil.

Bapak Wakil Wali Kota Surabaya sih sudah memberi keterangan perkiraan penyebab jalan bisa ambles. Katanya sih ada pembangunan yang konstruksinya nggak sesuai

Pembangunan di sekitar jalan yang nggak sesuai izin diperkirakan jadi penyebab jalan jadi ambles. via www.inews.id

Di lokasi dekat jalan yang ambles sebenarnya sedang dilakukan pembangunan Rumah Sakit (RS) Siloam. Sepanjang jalan yang ambles terlihat ada proyek pembuatan basement alias lantai bawah tanah. Diungkap oleh Wakil Wali Kota Surabaya, Wisnu Sakti Buana, Pemerintah Kota Surabaya sudah memperingatkan pengembang agar membuat fondasi untuk proyek tersebut tapi nggak dilakukan. Hal ini jelas menyalahi izin. Sebenarnya sudah ada pemasangan barrier melingkar, tapi karena hujan, maka jalanan jadi ambles. Pihaknya masih akan terus melakukan pengecekan dan juga evaluasi.

Advertisement

Sudah jadi kewajiban sih pembangunan juga memerhatikan fasilitas dan bangunan di sekitarnya yang sudah lama berdiri disana. Jangan sampai deh kejadian jalan yang mendadak ambles seperti di Jalan Gubeng, Surabaya ini terjadi lagi. Semoga kondisi sekitar jalan yang ambles baik-baik saja dan perbaikan jalan bisa berjalan dengan lancar ya..

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya