‘Don’t judge book by its cover’

Meskipun sudah hapal di luar kepala, namun tampaknya kita sebagai manusia perlu lebih dalam lagi meresapi pepatah populer tersebut. Akhir-akhir ini tampaknya makin banyak orang yang semakin terobsesi dengan penampilan luar dan kepemilikan materi. Maka dari itu banyak berkembang stereotip dalam masyarakat tentang kesesuaian fisik dengan kualitas diri di dalamnya.

Advertisement

Pandangan semacam itu memang ada di masyarakat kita. Banyak yang bilang kalau orang yang punya fisik menawan biasanya otaknya nggak secemerlang tampangnya. Padahal ya tidak selalu begitu kenyataannya. Yang jelas sejatinya kita tidak boleh menilai seseorang dari penampilannya semata. Harusnya lihat dulu dong track record-nya. Mulai dari perjalanan hidup hingga prestasinya. Baru setelah itu kamu boleh menilai mereka. Butuh bukti? 8 orang pemimpin dunia ini jadi buktinya. Mereka nggak cuma ganteng, tapi urusan prestasi juga nggak kalah oke punya.

1. Presiden Meksiko, Enrique Pena Nieto nggak cuma punya tampang keren. Dia juga satu-satunya Presiden Meksiko yang mampu menyatukan perbedaan politik di sana

jbou

Mukanya jadi sering terekspos karena kontroversi ‘tembok besar Trump’ belakangan ini via wsj.net

Tahun 2012 kebelakang adalah tahun-tahun yang sangat mengenaskan bagi Meksiko. Angka kematian tinggi, pendidikan mengalami penurunan yang memprihatinkan, sampai kemiskinan merajalela. Alasannya karena partai politik di sana masing-masing enggan mengalah. Dalam setahun pertama ia dipandang sebelah mata. Namun sejak tahun 2013, kinerjanya mulai membuahkan hasil. Keadaan Meksiko mulai stabil. Para anggota parpol yang dulunya memonopoli ekonomi kini sudah disatukan di bawah kekuasaan Nieto. Kharisma, keberanian serta kebijakan dipandang sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

2. Borut Pahor dari Slovenia punya prestasi mentereng di dunia politik. Selain jadi presiden, sebelumnya dia juga menjabat sebagai perdana menteri Slovenia

Matanya itu loh

Memiliki pengalaman politik yang mumpuni via www.vancitybuzz.com

Bicara soal fisik, Borut Pahor adalah salah satu pemimpin dunia yang memang memiliki paras menawan. Lihat saja tuh matanya yang biru dan jernih. Pun demikian jika bicara soal prestasi di bidang politik. Borut Pahor sejatinya pernah menjabat sebagai ketua National Assembly (semacam DPR-nya Slovenia) periode 2000-2004 dan Perdana Menteri Slovenia periode 2008-2012. Karena kecemerlangannya dalam mengatasi masalah di Slovenia, ia kemudian terpilih untuk menjadi Presiden Slovenia sejak 2012 silam. Dengan track record seperti itu, siapa sih yang meragukan kepemimpinan Pahor?

3. Mark Rutte adalah Perdana Menteri Belanda yang disebut punya tampang mirip Benedict Cumberbatch. Dia tegas membela karakter budaya Belanda!

Bersepeda layaknya warga sejati Belanda

Bersepeda layaknya warga sejati Belanda via surfingbird.ru

Advertisement

Disebut memiliki paras mirip dengan aktor pemeran Sherlock dan Dr. Strange, Benedict Cumberbatch, artinya urusan paras kita nggak perlu ragu ya. Nah untuk urusan politik, kebijakan Mark Rutte juga nggak kalah cemerlangnya. Perdana Menteri Belanda ke-50 ini punya tipikal yang cinta damai, terbukti ia bahkan sampai dianugerahi gelar Ksatria “Knight Grand Cross of the Order of the Crown” oleh pemerintah Belanda. Ia juga terpilih sebagai dewan anggota bagian program gabungan PBB dan Bank Dunia untuk Sustainable Development Goal 6 (SDG 6) — salah satu program untuk pembangunan dunia untuk mengatasi krisis air global.

4. Meski menyandang status sebagai Raja Bhutan sejak 2006, Jigme Khesar Namgyel Wangchuck tetap merendah. Kebijakannya mengedepankan rakyat jadi buktinya

Udah baik hati, nggak sombong, merakyat, cakep, pinter. Komplit!

Udah baik hati, nggak sombong, merakyat, cakep, pinter. Komplit! via huffingtonpost.com

Bisa jadi Jigme Khesar Namgyel Wangchuck adalah raja yang paling merendah sedunia. Punya kekuasaan dan paras yang rupawan tak serta merta membuatnya kalap. Buktinya dia sangat dicintai oleh rakyatnya. Sifatnya yang rendah hati dan peduli terhadap rakyat jadi penyebabnya. Kebijakan yang ia selalu mengedepankan kebahagiaan rakyat Bhutan. Bahkan Bhutan dijuluki ‘Negara Paling Bahagia’ sedunia karena program “Gross National Happiness” yang ia canangkan berhasil membawa kesejahteraan bagi rakyatnya. Salut deh!

5. Prestasi Barack Obama juga nggak perlu diragukan lagi. Meski rambutnya mulai memutih karena beban kerja di Gedung Putih, Obama masih tetap keren

Udah keren, apalagi hobinya baca buku

Tambah keren karena hobinya baca buku via vogue.com

Barack Obama didapuk sebagai salah satu presiden paling karismatik di dunia. Ya wajar sih ya. Jika bicara soal fisik, Obama memiliki fisik yang atletis dan gagah. Lihat saja keahliannya bermain basket. Nah kalau bicara politik, sederet prestasi mentereng pernah dibuat oleh mantan Presiden Amerika periode 2009-2017 tersebut. Mulai dari memperbaiki citra Amerika di mata dunia, menghentikan perang Iraq hingga penerbitan Obamacare yang membantu rakyat Amerika mendapatkan pengobatan yang layak.

6. Justin Trudeau si Perdana Menteri Kanada memang punya tampang menawan. Tapi juga disebut pembela alam, demokrasi dan hak asasi manusia

Ini perdana menter. Bukan model, apalagi pemain sinetron

Ini perdana menteri, bukan model atau pemain sinetron via www.aljazeera.com

Ganteng nggak tuh? Yup. Kalau urusan paras, Perdana Menteri Kanada ke-23 ini jelas nggak usah diragukan lagi gantengnya. Namun nggak cuma sampai di situ, prestasi pribadinya juga mentereng loh. Sudah belajar politik sedari muda, Trudeau membuktikan kecemerlangannya saat terpilih sebagai Perdana Menteri Kanada pada 2015 kemarin. Di antaranya adalah kesuksesannya menurunkan pajak untuk kelas menengah Kanada, memperkenalkan program kesehatan untuk pengungsi hingga penghentian bombardir pesawat udara Kanada kepada ISIS yang dikhawatirkan juga melukai warga sipil!

7. John F. Kennedy pun terkenal sebagai politisi handal. Dia yang menggagalkan potensi perang nuklir setelah krisis Kuba!

Sayang hidupnya berakhir tragis

Sayang hidupnya berakhir tragis via www.pinterest.com

Memiliki paras tipikal orang Amerika, John Fitzgerald Kennedy adalah salah satu presiden Amerika yang dipandang punya paras menawan. Ia dan sang istri juga terkenal dan dicintai oleh media di Amerika. Urusan prestasi, jangan di tanya. Kebijakannyalah yang menghentikan potensi ancaman perang nuklir dunia. Ia juga adalah Presiden Amerika pertama yang menyadari pentingnya peran media. Ia yang pertama kali memulai program siaran langsung kepresidenan saat ada urusan mendadak yang perlu di sampaikan pada publik. Yah, biar opini publik dan kepercayaan publik tetap terjaga. Cerdas.

8. Nggak ‘afdhol’ rasanya kalau nggak masukin nama Ir. Soekarno dalam daftar ini. Urusan prestasi, kamu jelas nggak perlu ragu lagi!

Kurang ganteng bin gagah gimana coba?

Kurang ganteng bin gagah gimana coba? via www.beranda.co.id

Nah kalau di Indonesia, siapa sih yang meragukan pesona presiden pertama kita. Ir. Soekarno adalah sosok karismatik yang kalau urusan tampang sudah nggak perlu diragukan lagi. Gagah, berani, cerdas dan revolusioner. Cewek mana sih yang nggak tertarik sama beliau? Urusan prestasi politik, jelas nggak perlu ragu. Sebagai bapak proklamator kemerdekaan Indonesia, kecemerlangan politik Soekarno sudah terbukti. Kebijakannya menyangkut dunia Internasional juga sangat tegas. Bahkan, negara seperti Amerika, Cina hingga Uni Soviet pun takut dan hormat kepadanya.

Nah, jadi kesimpulannya kalian jangan lantas men-judge orang dari fisiknya ya. Yang ganteng belum tentu nggak bisa apa-apa. Semuanya kembali lagi ke prestasi. Lihat dulu track record-nya, baru ngasi penilaian. Menurut kalian, ada lagi nggak nih pemimpin negara yang cakep lainnya?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya