Nggak Nyangka, Anak-anak Nigeria Jadi Semangat Vaksin Setelah Diiming-imingi Indomie! Ini Ceritanya

Kekuatan indomie di Nigeria

Indomie kayaknya memang layak disebut sebagai dewanya mi instan. Popularitasnya itu lo, seolah sudah mampu menandingi band legendaris Queen atau The Beatles. Pasalnya nggak cuma di Indonesia saja Indomie jadi primadona, tapi juga di negara tetangga seperti Australia dan sampai daratan Afrika. Bahkan di Nigeria, Indomie sampai dianggap sebagai makanan pokok! Kalau kita mungkin merasa belum makan namanya kalau belum makan nasi. Kalau di sana, belum makan kalau belum makan Indomie.

Advertisement

Belum lama ini, Indomie kembali menunjukkan ‘kekuatan’nya di Nigeria. Puluhan ribu anak-anak di sana mendadak semangat disuntik vaksin setelah diiming-imingi hadiah sepaket Indomie! Padahal sebelumnya mereka benar-benar nggak mau yang namanya divaksin. Bahkan tahun 2003 lalu, masyarakat Nigeria berbondong-bondong memboikot vaksin dengan alasan kesuburan. Wah, gimana ceritanya tuh Indomie tiba-tiba bisa jadi senjata ampuh menangani kasus antivaksin? Kalau penasaran, simak yuk rangkuman Hipwee News & Feature kali ini~

Pemerintah Nigeria punya cara kreatif nan kocak untuk membujuk anak-anak yang susah banget disuruh vaksin, yaitu dengan memberinya hadiah Indomie! Nggak disangka, ternyata cara ini manjur banget lo..

Indomie jadi alat meningkatkan angka vaksin via coconuts.co

Vaksin di Nigeria nggak pernah semudah ini. Setelah pemerintah negara bagian Sokoto, Nigeria, menjanjikan beberapa bungkus Indomie, vaksin yang awalnya dibenci jadi mendadak dicintai. Tanpa babibu, masyarakat di sana langsung membawa anak-anak mereka untuk vaksin polio demi hadiah menggiurkan itu. Strategi yang digarap oleh pemerintah setempat, UNICEF, dan pemegang lisensi Indomie Dufil Prima Foods ini terbukti ampuh! Angka vaksin di Nigeria jadi melejit pesat, sebanyak 58.813 anak usia lima hingga delapan tahun berhasil divaksin. Bahkan katanya angka itu melebihi target yang ditetapkan lo!

Sebelumnya, warga Nigeria memang enggan jika disuruh vaksin polio. Alasannya vaksin itu bisa menyebabkan kemandulan. Nggak tahu deh mereka dapat rumor dari mana..

Termakan gosip via edition.cnn.com

Sebelum strategi Indomie dicetuskan, vaksin polio di Nigeria memang begitu dihindari. Masyarakat di sana ogah setiap disuruh vaksin. Alasannya karena ada gosip beredar kalau vaksin polio ini bisa memengaruhi kesuburan. Entah dari mana datangnya desas-desus itu. Tapi yang jelas, ideologi kolot ini sempat bikin pemerintah kesulitan mengendalikan wabah polio yang memang jadi wabah serius di sana. Tahun 2003 kemarin, warga Nigeria sampai memboikot massal vaksin lo. Tapi sekarang, thanks to Indomie, angka vaksin polio di Nigeria jadi meningkat berkat kamu. Ah, jadi makin cinta produk satu ini 🙂

Advertisement
The power of Indomie memang nggak bisa diragukan lagi, terlebih di Nigeria. Lah wong sampai pernah dijadikan alat politik juga. Indomie benar-benar sudah lebih berharga daripada uang deh kayaknya

The power of Indomie di Nigeria via www.inspiradata.com

Indomie memang asalnya dari Indonesia, tapi kekuatannya itu lo bisa dirasakan di banyak negara. Yang paling kuat sih kayaknya di Nigeria. Saking pada cintanya sama Indomie, sampai-sampai produk itu sudah jadi semacam makanan pokok di sana. Kalau di Indonesia ya kayak nasi lah. Pernah juga ada elit politik yang kampanye dengan mencetak fotonya di boks-boks karton Indomie!

Populer juga di Australia via style.tribunnews.com

Selain Nigeria, Indomie juga populer di Australia. Waktu dulu heboh donat Indomie, salah satu gerai di Sydney yang menjual produk inovasi ini kebanjiran pembeli lo, sampai pada rela antri gitu dari pagi. Pernah juga pemerintah negara bagian Victoria ketahuan memanjakan napi dengan memberi mereka berkarton-karton Indomie, yang katanya sampai menghabiskan anggaran sekitar Rp5,3 miliar! Sayangnya kebijakan itu dikritik karena dinilai sebagai pemborosan. Terlepas dari pro-kontra kebijakannya, yang jelas dari situ kita jadi makin yakin kalau Indomie ini benar-benar dianggap makanan mewah di sana. Kekuatannya nggak perlu diragukan lagi.

Kalau melihat keberhasilan strategi Indomie di Nigeria dalam melawan barisan antivaksin, kira-kira bisa nggak ya cara yang sama diterapkan di Indonesia? Belum lama ini, Indonesia ‘kan juga sempat digegerkan dengan polemik pro-kontra vaksin Measles-Rubella (MR). Hm… pesimis juga sih, soalnya Indomie di Indonesia cukup terjangkau. Mungkin kalau hadiahnya diganti emas 5 gram, ceritanya beda lagi… Kalau menurutmu gimana nih, guys?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An amateur writer.

CLOSE