Heboh Sepatu Setan Lil Nas X Mengandung Setetes Darah Manusia, Nike Ajukan Gugat: Kami Tak Berkaitan

Nike gugat Sepatu Setan Lil Nas X

Sepatu Setan menjadi topik yang sering dibicarakan akhir-akhir ini. Gara-gara penyanyi asal Amerika Serikat Lil Nas X memakai sepatu yang mengandung setetes darah manusia, Satan Shoes atau Sepatu Setan menjadi buah bibir. Hingga detik ini kontroversi Sepatu Setan masih berlanjut. Apalagi desain sepatu itu dinilai mirip dengan merek sepatu Nike Air Max 97.

Advertisement

Selain mengandung darah manusia, Sepatu Setan dihiasi dengan salib terbalik pentagram dan tulisan `Luke 10:18`. Sepatu yang dirilis oleh perusahaan MSCHF pada tanggal 29 Maret lalu hanya diproduksi sebanyak 666 buah. Harga sepatunya dipatok 1.018 dolar Amerika Serikat atau setara dengan 14,7 juta rupiah. Lil Nas X mengklaim sepatu itu ludes terjual dalam kurun waktu kurang semenit.

Nah, lantaran kemiripan Sepatu Setan dengan sepatu buatannya, Nike pun mengambil tindakan tegas. Banyak orang menduga sepatu tersebut hasil kerja sama Nike dengan Lil Nas X. Tapi anggapan itu salah besar. Yuk, simak penjelasan Nike berikut ini!

Dituding sebagai produsen Sepatu Setan, Nike segera memberikan klarifikasi. Tak cuma itu, Nike juga menggugat perusahaan asli yang memproduksi Sepatu Setan

Polemik Sepatu Setan dengan cepat menyebar. Bukan hanya kandungan setetes darah manusia di bagian solnya yang menjadi biang masalah, kemiripannya dengan sepatu Nike pun memicu beragam komentar termasuk dari Nike sendiri. Perusahaan pakaian, sepatu, dan alat olahraga terbesar di dunia itu tidak terima disebut sebagai produsen Sepatu Setan. Usai berita Sepatu Setan merebak, Nike langsung memberikan klarifikasi.

Advertisement

“Kami tidak ada kaitan dengan Little Nas X atau MSCHF. Nike tidak merancang atau merilis sepatu ini dan tidak meng-endorse merek,” jelas Nike, dinukil dari Kompas.

Nike juga mengajukan gugatan ke Pengadilan Distrik Amerika Serikat. Perusahaan itu membantah telah mengesahakan Sepatu Setan dan meminta pengadilan menghentikan MSCHF menjualnya. Disinyalir adanya pelanggaran merek dagang, Nike menggugat tanda Swoosh yang ada di Sepatu Setan. Pasalnya tanda itu telah menjadi ciri khas merek Nike selama ini. Jadi Nike menggugat MSCHF dengan tuduhan pelanggaran dan pencemaran merek dagang.

Gugatan itu diambil karena imbas polemik Sepatu Setan cukup besar. Konsumen memboikot Nike karena dianggap berkaitan dengan produksi sepatu itu

Mengingat dampak signifikan yang diterima akibat polemik Sepatu Setan, Nike mengambil jalur hukum. Salah satu imbasnya, konsumen memboikot Nike karena dianggap menyejutui atau mengizinkan produk tersebut. Dalam gugatannya, Nike menyebut Sepatu Setan dapat memicu kebingungan. Bahkan konsumen memiliki pemahaman keliru terhadap produk MSCHF dan Nike.

“Faktanya, sudah ada bukti kebingungan yang signifikan yang terjadi di pasar, termasuk seruan untuk memboikot Nike sebagai tanggapan atas peluncuran Sepatu Setan MSCHF, berdasarkan keyakinan yang keliru bahwa Nike telah mengizinkan atau menyetujui produk ini,” terang Nike, dilansir dari Kompas.

Nggak cuma membuat resah konsumen, Sepatu Setan juga menuai komentar dari Gubernur Dakota Selatan Kristi Noem dan beberapa pengikut agama. Mereka merasa tersinggung dengan desain Sepatu Setan buatan MSCHF. Mereka pun mengkritik Lil Nas X karena mempromosikan sepatu tersebut. Sebelum kontroversi Sepatu Setan, MSCHF juga pernah merilis modifikasi sepatu Nike Air Mx 97 yang dikenal dengan nama Jesus Shoes. Sepatu tersebut mengandung air suci dari Sungai Jordan di bagian solnya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE