OCBC NISP Luncurkan Financial Fitness untuk Wujudkan Generasi Indonesia dengan Kondisi Finansial yang Sehat

Solusi Financial Fitness by Nyala OCBC NISP

Banyak orang ingin kaya tapi lupa kalau kondisi finansial yang sehat (financially fit) adalah bagian terpenting ketika memiliki harta. Padahal financially fit yang dapat diukur dengan adanya tabungan, dana darurat, hingga memiliki investasi, bisa menjadi jalan menuju kaya, lo.

Advertisement

Meski langkah menuju financially fit terkesan sederhana, masih banyak orang yang belum serius memerhatikannya. Penyebab paling umum adalah kurangnya pengetahuan, kebiasaan, dan pola pikir. Untuk mengubah mentalitas “ingin kaya” menjadi “ingin sehat secara finansial” Bank OCBC NISP pun meluncurkan sebuah solusi bertajuk Financial Fitness by NYALA OCBC NISP.

Solusi terintegrasi untuk mewujudkan financially fit sekaligus membantu pemerintah memperkuat ekonomi

Direktur Bank OCBC NISP, Ka Jit dalam konferensi pers virtual peluncuran Financial Fitness by NYALA OCBC NISP via Zoom, Senin (15/3/2021) (dok. Tangkapan layar/Zoom) via www.hipwee.com

Dijelaskan bahwa Financial Fitness adalah solusi terintegrasi dari Bank OCBC NISP yang meliputi produk keuangan hingga program pendampingan untuk mencapai financially fit. Direktur Bank OCBC NISP, Ka Jit menjelaskan solusi yang ditawarkan Financial Fitness berangkat dari penyebab umum yang selama ini memengaruhi kesadaran masyarakat terhadap financially fit.

“OCBC NISP menyadari bahwa membangun generasi financially fit diperlukan langkah besar, mulai dari meningkatkan pemahaman dasar finansial (knowledge), memperbaiki kebiasaan manajemen keuangan yang salah (behaviour) dan meluruskan mindset terkait finansial yang keliru agar mereka dapat mengambil keputusan keuangan yang tepat (attitude),” terang Ka Jit dalam konferensi pers virtual peluncuran Financial Fitness by NYALA OCBC NISP via Zoom, Senin (15/3/2021).

Advertisement

Lebih lanjut ia mengatakan, solusi Financial Fitness yang diluncurkan tepat pada tahun ke-80 OCBC NISP ini selain akan jadi solusi komprehensif bagi masyarakat, juga akan membantu pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia dalam 24 tahun dari sekarang.

“Bertepatan dengan usia OCBC NISP yang ke-80 tahun, OCBC NISP menghadirkan solusi Financial Fitness sebagai solusi komprehensif dan masif guna membantu pemerintah untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045,” imbuhnya.

Program yang komprehensif dan terintegrasi mulai dari edukasi hingga pembentukan kebiasaan

Advertisement

(dok. Tangkapan layar/Zoom) via www.hipwee.com

Financial Fitness disebut-sebut sebagai solusi komprehensif karena berfokus pada empat elemen yang disinggung Ka Jit sebagai langkah besar. Meliputi edukasi, pengarahan, dukungan, dan pembentukan kebiasaan keuangan, yang dikemas ke dalam lima sub-program, yaitu NYALA Financial Fitness Squad, Komunitas Ruang meNYALA, platform edukasi Ruang meNYALA, Financial Fitness Check Up, dan Ruang meNYALA Financial Fitness Gym.

“Ini bukan sekadar inisiatif bisnis, melainkan komitmen kami menjalankan responsible banking untuk mengajak masyarakat berdaya secara finansial,” tegas Ka Jit.

Dijelaskan kalau NYALA Financial Fitness Squad akan memberikan motivasi untuk memiliki kebiasaan finansial yang baik, dengan membangun daya tahan keuangan melalui tabungan berjangka dengan bunga maksimal, memperkuat otot finansial dengan investasi mulai Rp20 ribu per hari, dan membangun kelincahan mengatur keuangan lewat bebas biaya transaksi dan admin.

Mengambil fitness sebagai tema dalam aktivasinya, NYALA Financial Fitness Squad Bank OCBC NISP turut menggandeng Deddy Corbuzier sebagai Financial Fitness Director NYALA by OCBC NISP. Di sini Deddy juga akan berperan sebagai financial coach bersama delapan praktisi finansial bersertifikat lainnya.

“Sama seperti program kebugaran fisik, bugar secara finansial juga membutuhkan disiplin, komitmen dan persistensi dalam berjuang mengubah cara kita mengelola keuangan yang didukung dengan latihan, general check-up, serta bimbingan dari coach/trainer,” kata Deddy.

Financial Fitness Director NYALA by OCBC NISP, Deddy Corbuzier (dok. Tangkapan layar/Zoom) via www.hipwee.com

Sementara Komunitas Ruang meNYALA akan jadi wadah saling berbagi dan mendukung menuju financially fit, sedangkan platform edukasi Ruang meNYALA yang bisa diakses bebas di www.ruangmenyala.com, akan menyediakan informasi dan pembelajaran finansial.

Selain itu, terdapat pula Financial Fitness Check Up di mana masyarakat akan dibantu untuk mengecek dan mengevaluasi kondisi finansial mereka, dan dalam waktu dekat Bank OCBC NISP akan meluncurkan Ruang meNYALA Financial Fitness Gym, yaitu sebuah tempat untuk melatih kekuatan keuangan dengan berbagai fasilitas penunjang.

Ka Jit menegaskan solusi Financial Fitness ini hanyalah satu dari sekian banyak inovasi Bank OCBC NISP dalam upaya menghadirkan solusi literasi keuangan di Indonesia.

Sebelumnya pada tahun 2020 Bank OCBC NISP telah menjalankan beragam aktivasi, seperti mengadakan festival finansial bertajuk #TAYTBFest, dan gerakan bertajuk #SAVE20 yang sempat viral lewat ajakan menabung dan berinvestasi mulai Rp20 ribu.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

I know I glow up

CLOSE