Ketika mencuci rambut adik atau keponakan, kita akan sangat berhati-hati demi mencegah matanya kemasukan sampo yang pedih. Pilihan sampo jadi sangat krusial supaya mereka bisa mencuci rambut dengan nyaman. Biar agenda mandi dan keramas selanjutnya tak perlu pakai drama. Produsen shmpo pun berlomba-lomba menciptakan formula yang paling lembut untuk bayi yang kemudian dikenal dengan istilah no tears shampoo.

Beranjak dewasa bukan berarti kemampuan kita menghadapi rasa pedih meningkat. Namun sudah tidak ada lagi produsen sampo untuk orang dewasa yang merasa perlu menambahkan formula no tears dalam kandungan samponya. Kenapa ya? Apakah karena kita sudah dianggap bisa menahan rasa sakit, sudah sering patah hati, jadi nggak perlu pakai sampo yang nggak pedih lagi?

Sampo bayi yang tidak pedih di mata menggunakan jenis surfactants yang berbeda dari sampo orang dewasa

No tears shampoo via www.tokopedia.com

Advertisement

Dalam setiap produk pembersih rambut terdapat surface anti agents (surfactants) yang memiliki dua fungsi berbeda. Satu bagian dari surfactants berfungsi untuk ‘mencairkan’ sampo jika dia berinteraksi dengan air. Sementara bagian lain dari surfactants justru akan ditolak oleh air, namun bisa menarik minyak-minyak yang tertinggal di kulit kepala.

Shampo bayi menggunakan jenis surfactants yang berbeda atau dikenal dengan long chain surfactants. Beberapa ciri dari long chain surfactants adalah berkurangnya kadar sodium trideceth sulfate atau nonionic dengan kadar deterjen yang lebih rendah dibandingkan kandungan di sampo orang dewasa.

Selain itu sampo bayi juga tidak menggunakan sodium lauryl sulfate yang digunakan pada sampo orang dewasa. Dampaknya, sampo bayi tidak bisa memberikan efek kesat dan bebas minyak seperti yang bisa dirasakan pada sampo orang dewasa. Tapi toh bayi tidak pakai vitamin rambut, hair spray atau beraktivitas seperti orang dewasa. Jadi tidak apa-apa jika samponya tidak membebaskan mereka dari rasa berminyak.

Sebelum tear free formula ini diteliti sempat ada mitos yang mengatakan kalau sampo bayi bisa tidak pedih di mata karena mengandung zat anastesi

Rumor menyebar soal kandungan zat anastesi di sampo bayi via www.naturallycurly.com

Advertisement

Rumor yang berkembang mengatakan kalau sampo bayi mengandung Novocaine, sejenis zat anastesi yang menghilangkan sensasi pedih di mata bayi. Teori ini kemudian dibuktikan salah karena beberapa penjelasan sederhana.

  • Jika sampo bayi mengandung Novocaine maka orangtua yang memandikan bayi akan merasakan sensasi kebas atau mati rasa di tangan ketika mengaplikasikan sampo.
  • Zat seperti Novocaine bisa membakar kulit dan mata bayi.
  • Penggunaan zat Novocaine membahayakan kesehatan orangtua dan bayi sehingga bisa menyebabkan kematian.

Memangnya orang dewasa sudah tidak butuh lagi sampo yang tidak pedih di mata?

Its not fair! via giphy.com

Bukan berarti orang dewasa menolak diberi sampo yang tidak pedih di mata. Namun orang dewasa punya lebih banyak kriteria yang dirasa penting ada dalam samponya. Ini nih beberapa hal yang mengakibatkan produsen sampo tidak bisa menciptakan formula ‘tanpa air mata’ pada pencuci rambut orang dewasa:

Orang dewasa punya kebutuhan untuk menambahkan zat pewangi, pengharum dan pelembut pada samponya

Jika diciptakan sesuai dengan formula sampo bayi maka orang dewasa tidak akan mendapatkan sensasi harum, lembut dan bebas minyak setelah keramas. Menambahkan bahan-bahan yang menciptakan efek ini membuat produsen harus menggunakan bahan yang lebih keras dengan risiko pedih di mata.

Produsen sampo merasa orang dewasa punya kontrol yang lebih baik ketika mencuci rambut

Orang dewasa dianggap sudah memiliki reflek yang lebih baik ketika mencuci rambut. Mereka bisa menutup mata secara spontan ketika busa melewati wajah. Gerakan kepala pun sudah bisa dikontrol demi menghindari kucuran sampo ke arah mata.

Sampo bayi juga bisa digunakan untuk orang dewasa jika diinginkan

Tidak ada yang melarang penggunaan sampo bayi untuk orang dewasa. Bahkan penggunaan sampo bayi disarankan untuk orang dewasa dengan alergi sulfate atau untukmu dengan keluhan kulit kepala kering. Selama kamu tidak masalah dengan rasa tidak kesat setelah keramas dan tidak butuh wangi menyengat sampo bayi tetap bisa jadi pilihan.

Setelah membaca fakta-fakta ini apakah kamu ingin beralih menggunakan sampo bayi? Atau tetap ingin bertahan pada sampo yang kamu gunakan sekarang?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya