Suguhkan Konten Edukasi Bernuansa Komedi, Pedro Setiabudi Menangkan Challenge #TauGaSih TikTok Indonesia

Challenge #TauGaSih TikTok Indonesia

Dikenal sebagai platform yang sering mengadakan beragam challenge untuk dapat diikuti oleh seluruh penggunanya, TikTok Indonesia baru-baru ini menggelar challenge #TauGaSih sejak tanggal 6-13 Desember 2021. Pada challenge ini, konten kreator ditantang untuk membuat konten video edukatif dan informatif dari beberapa kategori pilihan dengan menjadikan artikel dari media partner seperti Hipwee sebagai sumber referensinya.

Advertisement

Sukses digelar, TikTok telah memilih 10 pemenang challenge #TauGaSih yang akan mendapatkan hadiah senilai total Rp140 juta. Salah satu kreator yang berhasil memenangkan challenge ini adalah Pedro Setiabudi yang dikenal dengan nama pengguna @saosasammanis. Yuk ikuti perjalanan Pedro hingga akhirnya berhasil menjadi salah satu pemenang!

Pedro Setiabudi dikenal sebagai kreator TikTok yang gemar mengulas fakta-fakta menarik dengan cara yang fun

Kreator TikTok Pedro Setiabudi | Credit @saosasammanis on TikTok

Pedro Setiabudi dikenal sebagai salah satu kreator di TikTok dengan nama pengguna @saosasammanis. Pria berusia 25 tahun ini sering mengunggah konten edukatif dan informatif dengan cara yang menghibur dan menyenangkan. Sejak bulan Oktober 2020, ia terjun ke platform video berdurasi pendek ini untuk membagikan konten seputar fakta-fakta menarik dengan sentuhan gaya komedi.

Pedro yang saat ini berprofesi sebagai karyawan swasta mengungkapkan bahwa username @saosasammanis ia gunakan ketika para pengguna TikTok sedang hype menggunakan nama makanan sebagai nama akun. Adapun terkait konten yang ia produksi di TikTok, Pedro mengaku karena keinginannya berbagi informasi dengan cara menyenangkan, sekaligus menciptakan pemikiran baru yang belum terpikirkan sebelumnya.

Advertisement

Di TikTok, Pedro memberi tajuk “beban pikiran” untuk konten-kontennya. Melalui konten tersebut, ia mengutarakan beragam pertanyaan yang membuat para audiens ikut berpikir keras mengenai jawaban dan alasan yang tepat. Mendapatkan respons positif dari para pengguna, akun miliknya pun semakin berkembang dan jangkauan audiens-nya lebih luas.

Dalam kesempatan ini, ia juga mengungkapkan alasannya memilih TikTok sebagai wadah untuk berkarya dan menampilkan konten edukatif. Pedro merasa bahwa platform TikTok bisa memberikan exposure yang cukup baik dan memudahkannya untuk berjejaring dengan sesama kreator.

“Awalnya aku gabung ke TikTok itu karena pengin cari teman. Menurutku, TikTok jadi salah satu platform yang bisa mempermudah aku bertemu dengan teman baru sesama kreator. Selain itu, TikTok juga punya komunitas yang benar-benar bisa kasih positive vibes,” kata Pedro dalam sesi wawancara eksklusif, Rabu (29/12).

Advertisement

Pedro mengunggah sekitar sembilan konten video seputar fakta-fakta menarik untuk challenge #TauGaSih

Pemenang challenge #TauGaSih | Credit @saosasammanis on TikTok

Untuk challenge ini Pedro mengunggah sekitar sembilan konten video seputar fakta-fakta menarik dan konten “beban pikiran”. Ia juga mengungkapkan bahwa akun media sosial seperti Wow Fakta dan kreator luar negeri menjadi sumber inspirasinya ketika membuat konten. Berbeda dengan sumber inspirasinya, ia mengemas materi dengan menarik, interaktif, sesuai karakter dirinya sendiri.

Selain dari akun media sosial dan kreator luar negeri, Pedro juga kerap mendapatkan inspirasi dan ide konten dari para audiens yang memberikan pertanyaan di kolom komentar platform TikTok miliknya.

Dijelaskan lebih lanjut, Pedro mulai konsisten mengunggah konten setiap hari setelah melihat perkembangan positif pada akunnya, baik secara konten maupun traffic. Pedro juga tetap memerhatikan kenyamanan audiens yang menonton kontennya dengan menghadirkan konten yang berbeda di setiap akhir pekan.

Untuk membuat satu konten, Pedro memerlukan waktu sekitar satu jam untuk riset ide. Bahkan sampai saat ini seluruh proses pembuatan konten masih ia lakukan sendiri. Pedro juga membagikan beberapa hal penting yang ia terapkan saat membuat konten dan cara mengatasi creative block.

“Menurutku hal terpenting saat membuat konten adalah have fun dengan konten yang pengin dibuat. Karena aku pernah merasakan momen nggak enjoy dengan konten yang aku buat dan itu sangat terasa sekali. Jadi, saat ini aku berusaha enjoy dan kalau lagi mengalami creative block, biasanya aku cari hiburan. Biasanya, dari situ juga bakal dapat inspirasi lagi,” tukas Pedro.

Berkat kerja kerasnya dalam membuat konten edukatif dan informatif, Pedro berhasil menjadi salah satu pemenang challenge #TauGaSih dari TikTok Indonesia. Bahkan, saat ini ia telah mendapatkan banyak endorsement dari industri food and beverage serta platform e-commerce.

Di tahun 2022, Pedro berharap dapat mengembangkan kontennya dan mendapatkan dukungan dari TikTok Indonesia untuk terus berkreasi dan berbagi konten edukasi

Sebagai konten kreator, Pedro berharap dapat terus mengembangkan kontennya dan bisa terus berinteraksi dengan para audiens dan teman sesama kreator. Selain itu, ia juga berharap agar TikTok juga selalu memberikan dukungan kepada para kreator agar dapat terus berkreasi membagikan konten yang sarat nilai edukasi dan informasi.

Nah, bagi kamu yang punya pertanyaan-pertanyaan unik atau tertarik dengan konten yang diunggah oleh Pedro, bisa langsung meluncur ke kanal TikTok miliknya dengan nama pengguna @saosasammanis, atau melalui tagar #TauGaSih untuk menengok konten video yang mengantar Pedro sebagai salah satu pemenang challenge #TauGaSih TikTok Indonesia.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

CLOSE