3 Hal yang Wajib Diketahui Para Pendaftar Kartu Prakerja. Biar Lebih Paham Fasilitasnya Juga

Pengumuman kartu Prakerja

Pada minggu kedua bulan April yang lalu,  pemerintah telah membuka pendaftaran program kartu Prakerja. Mengutip Kompas, kartu ini ditujukan bagi masyarakat yang sedang mencari pekerjaan, pekerja ter-PHK para pekerja yang butuh peningkatan kompetensi, dan masyarakat yang terdampak secara ekonomi karena virus corona.

Advertisement

Nah, buat kamu yang kemarin sudah mendaftarkan diri baik secara langsung maupun online, mulai hari Jumat (17/4) kemarin pengumuman lolos atau tidaknya sudah dapat dilihat. Pengumuman ini dilaksakan secara bertahap lewat beberapa cara. Untuk selengkapnya simak selengkapnya di bawah ini yuk!

Pengumuman lolos kartu Prakerja 2020 diumumkan secara bertahap. Pengumuman ini bisa dilihat lewat web, SMS dan surel

Pengumuman Lolos kartu Prakerja via www.kompas.com

Buat kamu yang kemarin sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti program kartu Prakerja 2020, pengumuman lolos diumumkan secara bertahap. Melansir Kompas, menurut Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksa Prakerja Panji Winanteya, pengumuman lolos program dilaksanakan secara bertahap dan dapat dilihat di dashbord akun situs Prakerja.

Pengumuman bertahap ini dilakukan pergelombang. Dari 5,9 juta pendaftar, 200.000 orang diproyeksi untuk mengikuti gelombang pertama. Jika kamu belum mendapatkan pengumuman lolos sekarang, bukan berarti kamu nggak lolos loh, jadi kudu bersabar. Para pendaftar juga bisa jadi mendapatkan notifikasi yang berbeda-beda. Bisa lewat dashboard akun, email atau SMS. Nah pastikan kalian memeriksa semuanya, ya!

Advertisement

Peserta yang lolos akan mendapatkan uang senilai satu juta rupiah. Uang bantuan ini memiliki batas waktu penggunaan selama 30 hari setelah diterima. Jika sudah kadaluwarsa, maka uang akan ditarik kembali

Nominal yang didapatkan jika Lolos via tirto.id

Bagi mereka yang sudah lolos, pemerintah menjanjikan memberikan bantuan biaya pelatihan kartu Prakerja. Namun bantuan tersebut bukan berupa uang tunai. Para peserta hanya mendapatkan satu kali saja bantuan dengan nominal satu juta rupiah. Bantuan tersebut juga dapat dilihat melalui dashboard akun masing-masing pendaftar

Informasi penting lainnya adalah ternyata saldo tersebut ada batas waktu penggunaan. Yakni 30 hari setelah uang diterima oleh peserta. Jika sudah kadaluwarsa saldo atau sisa saldo tersebut akan dikembalikan ke kas negara. Maka dari itu maksmimalkan waktu dan uang yang diberikan ya!

Dilaporkan jumlah pendaftar yang mengikuti program kartu Prakerja sebanyak 5,9 juta orang. Sementara itu, anggaran yang digelontorkan pemerintah di tambah menjadi 20 triliun rupiah

Advertisement

Jumlah pendaftar via www.kompas.com

Setelah pembukaan pendaftaran pertama dibuka, dilaporkan bahwa sebanyak 5,9 juta orang telah mendaftar untuk mengikuti program kartu prakerja. Para pendaftar yang lolos akan diumumkan secara bertahap dan dibagi per gelombang.

Sementara itu pemerintah sudah menaikan anggaran program kartu Prakerja. Awalnya pemerintah menyediakan anggaran sebanyak 10 triliun. Karena pandemi Covid-19 kini anggaran menjadi 20 triliun rupiah

Nah, bersabarlah buat kamu yang sudah mendaftar. Semoga kamu segera mendapatkan bantuan tersebut dan menggunakannya sebaik-baiknya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

CLOSE