Manjakan Pengguna, OPPO Boyong Peningkatan Sistem Operasi ColorOS Trial Berbasis Android 10 untuk Reno

OPPO Reno

Kabar baik datang untuk pencinta gadget, khususnya yang mengidamkan smartphone canggih. Soalnya, OPPO secara resmi akan menggulirkan peningkatan sistem operasi ColorOS berbasis Android 10. Peningkatan tersebut hadir dalam masa uji coba publik. Fyi, perangkat OPPO Reno menjadi yang pertama kali mendapatkan peningkatan uji coba publik ColorOS terbaru ini, menyusul perangkat Reno10x Zoom dan Reno2 yang direncanakan mendapatkan peningkatan pada penghujung tahun 2019. Wuih!

Advertisement

Uji coba publik peningkatan ColorOS ini akan bermula pada negara India, Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Peningkatan ini terbatas untuk 1.000 pengguna dan mulai dibuka semenjak 31 Oktober 2019 untuk wilayah Indonesia.

Sistem operasi ini bawa banyak pengalaman baru untuk pengguna. Mulai dari interaksi visual sampai peningkatan pengaturan privasi

Pengguna perangkat Reno di Indonesia mendapatkan peringatan untuk peningkatan sistem operasi ColorOS (Foto: dok. OPPO)

Apa sih yang diberikan oleh ColorOS 6 terbaru? Pengguna OPPO bisa mendapatkan banyak pengalaman sistem operasi Android 10 dengan berbagai fitur yang khusus dikustomisasi. Sistem operasi ini membawa berbagai pengalaman baru, khususnya pada interaksi visual, keamanan, dan kenyamanan, seperti navigasi gesture dan peningkatan pengaturan privasi.

Fitur dark mode (Foto: dok. OPPO)

Salah satu fitur baru dari peningkatan ColorOS 6 adalah dark mode. Pasti kamu udah nunggu banget kan kehadiran fitur ini? Mode gelap ini menghadirkan kenyamanan mata pengguna dan penggunaan daya konsumsi layar yang lebih rendah. Fitur dark mode juga dilengkapi dengan pengaturan keterangan otomatis yang akan melakukan penyesuaian saat berada pada ruangan yang lebih terang atau rendah cahaya. Bahkan dapat berlaku juga pada beberapa aplikasi pihak ketiga yang sudah memiliki dukungan yang sama.

Advertisement

ColorOS terbaru juga membawa gerakan navigasi baru yang mempermudah pengguna dalam menggunakan perangkat OPPO Reno. Misalnya menyapu dari sisi kiri layar akan mengembalikan ke halaman sebelumnya. Sapuan ke atas dari bagian bawah perangkat untuk membawa kembali ke layar beranda. Sapuan hingga sepertiga layar dari bagian bawah akan membawa kepada jendela seluruh aplikasi yang terbuka.

Pengguna juga bisa tahu seberapa sering sih kamu memeriksa ponsel dan pakai aplikasi tertentu. Wah, keren!

Fitur Digital Wellbeing pada Android 10 (Foto: dok. OPPO)

Nggak cuma itu, Android 10 membawa fitur Digital Wellbeing memungkinkan pengguna untuk mengetahui dan mengelola penggunaan ponsel. Melalui fungsi pintar ini, pengguna dapat mengetahui seberapa sering mereka memeriksa ponsel dan menggunakan aplikasi tertentu. Ada juga fitur Wind Down yang mengingatkan pengguna untuk mematikan perangkat di malam hari dengan mengatur opsi jadwal tidur. Dengan kata lain, Digital Wellbeing memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan pengaturan perangkat dan menciptakan kebiasaan sehari-hari yang disesuaikan dengan pengguna.

Advertisement

Pengaturan pada Android 10 memungkinkan pengguna memiliki control lebih besar pada perangkat, terutama pada akses lokasi. Ketika aplikasi ingin mengakses lokasi pengguna, pengguna dapat mengaktifkannya untuk mengakses ini sepanjang waktu, ketika aplikasi terbuka, atau sepenuhnya memblokir akses.

ColorOS berbasis Android 10 pertama kali akan melakukan uji coba pada perangkat OPPO Reno. Untuk mencobanya, kamu dapat melakukan peningkatan dengan masuk pada opsi [Pengaturan] > [Pembaruan Perangkat Lunak] > [Ikon pengaturan di sudut kanan atas] >  [Versi Percobaan]. Ingat ya, OPPO hanya menyediakan kuota beberapa ribu untuk mencoba peningkatan pada uji coba publik sistem operasi ini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE