Kalau selama ini banyak yang menyangka untuk jadi seorang pemimpin diperlukan pengalaman, sebenarnya nggak cukup. Toh, seorang pemimpin harus tahu beragam hal yang nggak cuma bisa didapat dari pengalaman. Seperti yang Djarum Foundation percayai kalau mau ciptakan masyarakat Indonesia yang tangguh dan berwawasan tinggi, nggak cuma dari aspek intelektual saja, semisal kecerdasan emosional.

Untuk merealisasikannya, Bakti Pendidikan Djarum Foundation melalui program Djarum Beasiswa Plusnya menyelenggarakan pelatihan Leadership Development bagi 500 mahasiswa yang berasal dari 91 perguruan tinggi di Indonesia. Mereka merupakan Beswan Djarum angkatan 2017/2018. Rangkaian Leadership Development digelar sebanyak delapan batch di dua kota yaitu Yogyakarta dan Surabaya selama dua bulan yang dimulai sejak 17 Januari hingga 17 Maret 2018. Artikel ini akan mengulas informasi selengkapnya.

Djarum Foundation menganggap generasi penerus perlu diberikan pembekalan soft skills yang akan melatih menjadi sosok yang cerdas secara emosional

kecerdasan emosional itu penting

Advertisement

“Karenanya program beasiswa prestasi Djarum Beasiswa Plus berfokus memberikan beragam pelatihan keterampilan lunak atau soft skills, salah satunya ialah Leadership Development,” – ungkap Program Associate Bakti Pendidikan Djarum Foundation, Laksmi Lestari, di sela-sela acara Leadership Development batch VIII yang diadakan di Hotel Santika, Gubeng, Surabaya, Jumat (16/3/2018).

Generasi muda merupakan ujung tombak bangsa yang diharapkan bisa membawa kehidupan Indonesia menjadi lebih baik di masa depan. Maka dari itu pada pelatihan soft skills yang diselenggarakan selama tiga hari tersebut, para penerima Beswan Djarum diberi beragam pembekalan dengan pemateri yang merupakan ahli di bidangnya. Antara lain: Effective Written Communication oleh penulis Margareta Astaman, lalu jurnalis televisi Riko Anggara yang membawakan Effective Oral Communication, dan Motivating Others serta What Leaders Do yang dibawakan oleh motivator James Gwee.

Selain tiga materi itu, terdapat berbagai materi lain yang nggak cuma memperkaya wawasan, tapi juga berguna bagi pembentukan karakter diri seperti Emotional Intelligence. Hal ini pun bertujuan melatih mahasiwa memilki kesadaran diri, mengelola emosi sendiri, memiliki empati dan kecakapan sosial dalam merespon situasi di luar dirinya dengan tepat.

Kepemimpinan nggak cuma dilihat dari hasil, tapi juga dari proses di mana tingkah laku dari seorang pemimpin itu penting

leadership development

Advertisement

“Pelatihan ini memberikan bekal yang Beswan Djarum perlu selalu gunakan dan kembangkan. Karena esensi memotivasi orang lain, dapat dilakukan dengan teladan, yakni contoh pemimpin berkarya dan mengembangkan kemampuan iri sendiri dulu,” – kata James Gwee.

Kehadiran para praktisi yang memberikan materi di Leadership Development ini diharapkan dapat memberi bekal yang baik kepada Beswan Djarum. Dengan demikian, hal tersebut dapat bantu pembentukan karakter yang memiliki visi yang jelas, lebih komunikatif, dan mampu memotivasi pengikutinya menuju perubahan yang lebih baik.

Sejalan dengan pembekalan soft skills bagi Beswan Djarum, Bakti Pendidikan Djarum Foundation juga akan mulai membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk bergabung sebagai Beswan Djarum angkatan 2018/2019. Pendaftaran akan dilakukan secara daring diwww.djarumbeasiswaplus.org. Yuk, ikutan!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya