Terkuak Pernikahan Sedarah Kakak-Adik di Sulsel. Katanya Sampai Udah Punya 2 Anak Lo!

Pernikahan sedarah

Lagi-lagi Sulawesi Selatan kembali jadi sorotan karena hubungan terlarang yang baru saja terkuak di sana. Selain terkenal dengan warganya yang sering melakukan pernikahan anak, di Sulsel juga sering dilaporkan terjadi hubungan sedarah atau biasa disebut inses. Iya, hubungan seksual atau perkawinan yang melibatkan keluarga dekat itu…

Advertisement

Baru-baru ini ada lagi hubungan terlarang yang berhasil terbongkar, kali ini antara kakak dan adik kandung. Kabar ini katanya bermula dari kecurigaan para tetangga. Setelah diselidiki, ternyata benar apa yang dicurigai warga sekitar, kedua saudara kandung ini mengakui adanya pernikahan di antara mereka. Bahkan kini keduanya sudah memiliki 2 anak hasil dari hubungan terlarang itu! Duh, kok bisa ya padahal mereka tinggal sama orangtuanya juga…

Seorang lelaki inisial AA, menikahi adiknya sendiri bernama BI yang lebih muda 8 tahun darinya. Hubungan inces ini kabarnya sudah berlangsung sejak 2016

AA saat diinterogasi via www.inews.id

Hubungan cinta terlarang antara AA (38 tahun) dan BI (30 tahun) terbongkar setelah tetangga mereka mencurigai gelagat mereka. Dikutip Kompas, dua kakak beradik yang tinggal di Desa Lamunre Tengah, Luwu, Sulsel ini, kabarnya telah menjalin kasih sejak 2016. Malah dari perkawinan itu mereka sudah memiliki 2 orang anak, masing-masing usia 2,5 dan 1,5 tahun.

Awalnya, BI mengaku kalau dua anak itu hasil dari pernikahannya dengan suami lamanya. Menurut pengakuannya, BI adalah janda yang sudah pernah menikah 2 kali. Tapi perceraiannya sendiri juga nggak jelas sebenarnya.

Advertisement

Kecurigaan warga berawal dari BI yang terlihat hamil lagi anak ketiga. Padahal suaminya aja nggak pernah kelihatan

AA dan BI via kumparan.com

Sebenarnya warga sudah curiga dari lama. Saat ditanya soal kedua anaknya, BI mengaku mereka itu hasil pernikahan dengan suami lamanya, yang sebetulnya juga nggak jelas siapa. Waktu dicurigai warga itu, BI sempat meninggalkan desa. Tapi nggak lama kembali lagi bahkan terlihat hamil lagi.

Kondisi itulah yang kemudian semakin memancing kecurigaan warga, sebenarnya itu anak siapa?? Akhirnya, warga memanggil pemerintah setempat untuk menanyakan perihal kejelasan status BI. Waktu didatangi ke rumah, cuma ada anak BI di depan. Saat ditanya, anaknya itu menjawab kalau ibunya sedang tidur ditemani omnya, alias si AA tadi. Dari situ warga semakin yakin kalau BI ini dihamili kakaknya sendiri.

Setelah ditanya, atau lebih tepatnya disuruh mengaku, akhirnya BI dan AA mengakui sendiri kalau mereka telah melakukan perkawinan sedarah.

Kasus ini sampai membuat banyak pihak turun tangan, mulai dari polisi, Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak, sampai tokoh agama. Soalnya perbuatan AA dan BI ini selain melanggar hukum negara juga melanggar hukum agama

Sejumlah pihak saat bertatap muka via regional.kompas.com

Perbuatan AA dan BI ini melanggar UU tentang Perkawinan sekaligus hukum agama setempat. Karenanya, keduanya harus melalui proses yang bisa dibilang cukup rumit. Setelah diadakan pertemuan yang turut menghadirkan masyarakat, kepolisian, MUI, dan Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak, diputuskan bahwa warga desa sudah nggak menerima keberadaan AA, BI, dan seluruh keluarganya. Diketahui AA dan BI tinggal bersama orangtua dan anak-anak mereka.

Kenapa ya kok di Sulsel sering banget ada kasus pernikahan terlarang seperti ini? Apakah di sana kurang sosialisasi soal hukum perkawinan? Atau memang ada suatu budaya, adat istiadat, atau sesuatu semacamnya yang bikin mereka menormalisasi pernikahan sedarah?

Harusnya pemerintah punya solusi dari permasalahan ini lo. Karena hubungan sedarah selain memang dilarang, juga bisa melahirkan keturunan cacat bawaan. Duh, ngeri, kan?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An amateur writer.

Editor

An amateur writer.

CLOSE