Petani India Kerap Bunuh Diri karena Terlilit Utang, Amitabh Bachchan Kucurkan Dana 8 M buat Mereka

Amitabh Bachchan lunasi hutang 1000 lebih petani India

Hidup bergelimang harta, ternyata tidak membuat banyak selebriti atau miliarder dunia masa bodoh dengan masalah-masalah sosial di sekitarnya. Sebut saja Bill Gates dan istrinya, Melinda Gates. Keduanya bahkan sempat tercatat sebagai orang paling dermawan versi majalah Forbes. Ini karena pasangan kaya raya tersebut sering sekali dilaporkan mendonasikan hartanya buat melawan penyakit atau membangun pendidikan di seluruh dunia. Tidak tanggung-tanggung, uang yang dikeluarkan untuk sekali donasi bisa mencapai triliunan rupiah!

Advertisement

Setali tiga uang dengan Bill Gates, aktor Bollywood legendaris Amitabh Bachchan juga baru saja menyumbangkan sebagian hartanya untuk membantu orang lain. Bedanya bukan buat mengentas penyakit atau pendidikan, tapi buat melunasi utang lebih dari 1000 petani di India! Dan ternyata, di balik aksi sosialnya ini, tersimpan fakta yang miris banget lo, guys! Kalau penasaran, simak dulu yuk uraian Hipwee News & Feature kali ini.

Amitabh Bachchan mengaku kalau dirinya baru saja membantu para petani di India melunasi utang-utang mereka, katanya sampai habis miliaran

Amitabh Bachchan via www.allwallpapersgo.com

Melalui blognya, Amitabh Bachchan mengklaim kalau dirinya baru saja melunasi utang 1.398 petani di Uttar Pradesh, India, tempat aktor berusia 76 tahun itu dilahirkan. Jumlah utang ribuan petani itu kalau ditotal mencapai 40 juta rupee atau kalau dikonversikan ke rupiah sampai Rp8 miliar lo! Utang-utang itu berasal dari Bank of India dan kabarnya bank yang bersangkutan sudah mengeluarkan dokumen dan sertifikat pelunasan.  Bachchan juga mengaku akan mendatangkan 70 orang perwakilan petani dari Uttar Pradesh ke Mumbai –tempat tinggalnya saat ini– untuk bertemu sekaligus menerima sertifikat pelunasan. Mereka dijadwalkan tiba 26 November mendatang.

Aksi serupa ternyata pernah dilakukan Bachchan awal tahun ini. Tapi kemarin cuma 350 petani yang utangnya dilunasi

Pernah lakukan aksi yang sama via america.aljazeera.com

Dilansir BBC, Bachchan diketahui bukan baru pertama kalinya melakukan aksi pelunasan utang para petani India ini. Sebelumnya, tepatnya awal tahun 2018 kemarin, Bachchan juga pernah membantu 350 petani di negara bagian Maharashtra untuk melunasi utang-utangnya. Tidak diketahui berapa jumlah utang yang sudah dilunasi Bachchan, tapi yang jelas aksi pelunasan utang ini tidak dilakukan tanpa alasan atau sekedar cuma ingin berdonasi saja.

Advertisement
Di balik aksi pelunasan utang ini ternyata tersimpan fakta yang begitu miris. Puluhan ribu petani India sedang bergelut dengan utang. Tidak sedikit dari mereka yang nekat bunuh diri!

Tidak segan bunuh diri via static.guim.co.uk

Di India, petani berutang itu sudah jadi hal yang sangat wajar terjadi. Karena ternyata lahan-lahan yang mereka tanami sudah mulai mengalami berbagai masalah, seperti kekeringan, sulitnya irigasi, penurunan produktivitas, dan kurangnya modernisasi. Ribuan petani juga sempat melakukan unjuk rasa tahun lalu untuk menuntut pemutihan utang dan menuntut harga jual produk pertanian yang lebih tinggi. Yang lebih mengejutkan lagi, masalah utang ini ternyata jadi faktor pendorong angka bunuh diri di kalangan petani yang juga tinggi lo! Sejak 1995, setidaknya 300.000 petani dilaporkan bunuh diri karena terlilit utang.

Masalah ini tentu tidak bisa diserahkan sepenuhnya pada Bachchan untuk diselesaikan. Pemerintah jelas harus turun tangan menyejahterakan hidup petani-petani India

Pemerintah harus turun tangan

Amitabh Bachchan tentu tidak akan selamanya melunasi utang para petani di India ini. Kalau melihat penyebab petani berutang seperti yang sudah disebutkan di atas sih, agaknya perlu campur tangan pemerintah buat menyelesaikan masalah ini. Pemerintah setempat perlu melakukan berbagai upaya agar hidup petani lebih sejahtera. Entah subsidi alat-alat baru yang lebih modern, mengadakan sosialisasi terkait inovasi di bidang pertanian, atau yang lain.

Intinya biar masalah utang ini tidak lantas mendorong mereka buat mengakhiri hidup. ‘Kan kasihan kalau keluarganya harus kehilangan tulang punggungnya. Terus siapa dong yang harus menanggung biaya hidup keluarganya? Sekolah anak-anaknya gimana? Tidak menutup kemungkinan tingginya angka bunuh diri ini malah akan menjalar ke berbagai masalah lain yang tidak kalah krusial seperti menurunnya jumlah pelajar karena jadi pada putus sekolah, dan sebagainya. Keren banget ya aksi sosial aktor yang satu ini~

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An amateur writer.

CLOSE