Usung Konsep Hybrid, ‘Pocari Sweat Run Indonesia 2021’ Sukses Digelar di Gedung Sate dan Kota Baru Parahyangan

Pocari Sweat Run Indonesia 2021

Lari adalah salah satu jenis olaharaga yang populer di tengah masa pandemi. Olahraga satu ini digandrungi karena relatif mudah dan bisa dilakukan secara individu untuk menyusul peningkatan kesadaran banyak orang terkait kesehatan. Namun, pencinta olahraga lari agaknya sudah merindukan momen lari bersama-sama dalam sebuah event yang belum bisa terlaksana secara paripurna lantaran kondisi pandemi.

Advertisement

Syukurnya, sebagian pencinta olahraga lari pada hari Minggu (24/10) sudah bisa menebus kerinduan tersebut berkat gelaran Pocari Sweat Run Indonesia 2021. Kegiatan yang digelar menyusul izin kegiatan luring dari Pemerintah ini dilaksanakan secara hybrid dari Gedung Sate, Kota Bandung dan Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, dan disiarkan melalui platform vidio.com.

Tahun ke delapan Pocari Sweat mewujudkan masyarakat sehat dengan rajin berolahraga

(Ki-ka) President Director PT Otsuka Distribution Indonesia Guntur Salim, Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka Puspita Winawati, Menparekraf  Sandiaga Uno, Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan. (dok. POCARI SWEAT)

Pocari Sweat Run Indonesia 2021 adalah gelaran ke-8 dari Pocari Sweat. Gelaran ini ditujukan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat dengan rajin berolahraga. Setiap tahunnya, Pocari Sweat Run Indonesia mengampanyekan #saferunning dengan mengedepankan keselamatan para pelari yang pada tahun ini dilengkapi oleh protokol kesehatan ketat.

“Pocari Sweat Run Indonesia 2021 sudah memasuki tahun ke-8 sebagai bentuk konsistensi untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat dengan rajin berolahraga, salah satunya dengan berlari. (Seperti tahun-tahun sebelumnya) Pocari Sweat Run Indonesia 2021 mengedepankan keselamatan para pelari dengan mengadaptasi protokol kesehatan yang sangat ketat,” kata Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka Puspita Winawati melalui keterangan tertulis, Minggu (24/10).

Advertisement

Kegiatan luring Pocari Sweat Run Indonesia 2021 ini diikuti para pelari dalam jumlah terbatas. Tak hanya itu, gelaran ini juga mensyaratkan vaksinasi dosis kedua yang terverifikasi aplikasi Peduli Lindungi bagi para pelari, dan mewajibkan tes dengan hasil negatif Covid-19 sebelum memasuki area. Sejumlah figur publik seperti Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan, Walikota Bogor Bima Arya, Co-founder Narasi Najwa Shihab dan nama-nama kondang lainnya turut memeriahkan gelaran ini.

Tindakan pencegahan juga dilakukan Pocari Sweat dengan membagi dua lokasi kegiatan, yaitu di Gedung Sate untuk kategori lari jarak 10 kilometer, dan di Kota Baru Parahyangan untuk kategori lari half marathon dan marathon. Pelepasan pelari dilakukan secara bertahap dengan jumlah maksimal 50 orang di setiap kelompoknya. Setelah acara selesai, para pelari juga diwajibkan untuk langsung meninggalkan lokasi.

Sementara bagi pelari dari Aceh hingga Papua yang mengikuti gelaran ini secara daring, Pocari Sweat Run Indonesia 2021 juga menghadirkan suasana lari luring dengan menghadirkan ritual kegiatan lari luring seperti live MC, menyanyikan Indonesia Raya, pemanasan hingga live cheering seperti gelaran Pocari Sweat Run VIRTUAL 2020 tahun lalu.

Advertisement

Pocari Sweat Run Indonesia 2021 yang sukses digelar secara hybrid diharapkan jadi contoh untuk acara-acara lainnya

(Ki-ka) Melanie Putria, President Director PT Amerta Indah Otsuka Yoshiro Bando, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Marketing Director PT. Amerta Indah Otsuka Puspita Winawati, Atlet Pelari Nasional Jawa Barat Agus Prayogo. (dok. POCARI SWEAT)

Turut hadir dalam Pocari Sweat Run Indonesia 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengapresiasi gelaran olahraga tahunan Pocari Sweat ini. Melihat persiapan dan protokol kesehatan yang dijalankan, gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini mengharapkan Pocari Sweat Run Indonesia 2021 bisa menjadi contoh untuk acara-acara lainnya.

“Gelaran ini bisa menjadi contoh untuk event-event lain. Bagaimana event olahraga dapat digelar secara offline dan online dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Tetap produktif di tengah pandemi,” kata Kang Emil.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno juga memberikan apresiasinya untuk gelaran ini. Menurut Sandi, konsep yang diusung Pocari Sweat Run Indonesia 2021 bisa memberikan wadah untuk para pelari dari mana saja, dan bahkan bisa digunakan untuk mendukung pariwisata berbasis olahraga.

“Konsep hybrid yang diusung Pocari Sweat Run Indonesia 2021 memberikan wadah untuk pelari bisa berlari dari mana saja termasuk lokasi-lokasi wisata terbaik karena Indonesia kaya akan tempat-tempat yang bisa digunakan mendukung sport tourism,” ujar Sandi.

Tak hanya diramaikan pencinta lari dan para figur publik, Pocari Sweat Run Indonesia 2021 juga diikuti atlet lari nasional asal Jawa Barat, Agus Prayogo. Dalam kesempatan ini, Agus mengaku merasakan pengalaman baru yang berbeda dengan event-event lari sebelumnya. Meskipun dengan protokol kesehatan yang ketat, ia merasa bangga karena para pelari mau mematuhi aturan yang ditetapkan.

Keberhasilan dan kesuksesan gelaran Pocari Sweat Run Indonesia 2021 tak lepas dari kolaborasi bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Pemprov Jawa Barat, Pemkot Bandung, dan Pemkab Bandung Barat. Adapun pada tahun ini Pocari Sweat Run Indonesia  didukung Astra Life, Mizuno, Alfamart, Sony, Garmin, Bank BJB, Oakley, Soyjoy, Dettol dan Eminence sebagai sponsor.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

CLOSE