Di dunia yang semakin modern dan urban sekarang ini, tampaknya orang kota seringkali lupa betapa pentingnya keberadaan sungai. Padahal sebelum ada pipa dari PAM atau serentetan perusahaan air mineral yang selalu siap sedia menyuplai kebutuhan minummanusia zaman dulu harus tinggal di dekat sumber air seperti sungai untuk bertahan hidup. Kini, seiring makin banyak luasan sungai yang akhirnya ditutupi beton atau pemukiman liar, kita tampaknya makin tidak peduli dengan kondisi sungai-sungai yang sebenarnya sangat penting bagi kelestarian lingkungan.

Sungai yang masih bersih dan indah mungkin bisa populer sebagai tempat rekreasi. tapi lebih banyak sungai yang ‘diam-diam’ jadi tujuan pembuangan limbah perusahaan besar atau muara berakhirnya sampah plastik manusia. Akhirnya bukan hanya sekadar kotor dan penuh bau tidak sedap, saat ini bahkan banyak sungai yang jadi beracun sehingga berbahaya bagi kesehatan warga sekitar. Biar sadar akan peliknya masalah ini, kayaknya kita semua harus lihat lebih dekat kondisi sungai-sungai terkotor di dunia yang sudah dirangkum Help Save Nature ini deh! Dijamin kamu bakal kaget akan betapa parahnya kondisi sungai-sungai ini. Salah satunya bahkan ada di Indonesia. Yuk simak ulasan Hipwee News & Feature ini!

1. Walaupun dianggap suci oleh seluruh rakyat India, Sungai Gangga yang terkenal itu ternyata salah satu sungai paling kotor di dunia. Meski penuh sampah dan limbah beracun, warga tetap mandi dan mencuci baju di sana

Karena keyakinan, banyak warga masih menyucikan diri di salah satu sungai terkotor di dunia ini via indiapollutionproject.weebly.com

Advertisement

Pada tahun 2007, Sungai Gangga dinobatkan sebagai salah satu dari lima sungai paling tercemar di dunia. Padahal Sungai Gangga dianggap suci oleh umat agama Hindu. Kontaminasi yang terjadi di Sungai Gangga beragam seperti, limbah industri, limbah plastik juga termasuk limbah sesaji upacara adat umat Hindu. Bahkan menurut Indian Council of Medical Research (ICMR), orang yang tinggal di dekat lingkungan Sungai Gangga lebih rentan terkena penyakit kanker daripada tempat mana pun di India. Meski begitu, masyarakat tetap saja mandi menyucikan diri, mencuci pakaian, hingga melakukan ritual keagamaan seperti mengapungkan mayat di sungai ini.

2. Masih di India, ada juga Sungai Yamuna di New Delhi. Saking tercemarnya, para peneliti sungai ini sudah ‘mati’ atau tidak bisa dihuni lagi oleh ekologi sungai pada umumnya

Itu bukan busa sabun yang membuat kulit halus, itu busa limbah pabrik yang sangat beracun via www.hinduhumanrights.info

Karena saking kotornya Sungai Yamuna, pemeritah India mulai angkat tangan atas masalah pencemaran ini. Padahal sudah Rs17 miliar atau setara dengan Rp307 miliar dana yang keluar untuk normalisasi sungai Yamuna, namun tetap saja sungai tak bisa bersih sepenuhnya karena kurangnya kesadaran masyarakat New Delhi akan kebersihan lingkungan.

3. Di negara tetangga India yaitu Bangladesh, tepatnya di Kota Dhaka, kita bisa menemui Sungai Buriganga yang warnanya pekat. Padahal sungai ini sumber air minum utama di Dhaka lho

Mirisnya sungai ini masih jadi urat nadi perekonomian di sana via www.photoburst.net

Sejak tahun 1600-an, Sungai Buriganga menjadi jalur perdagangan yang tak pernah sepi transaksi jual beli. Sungai ini pun menjadi sumber air minum bagi seluruh warga kota Dhaka, Bangladesh. Namun, sekarang sungai Buriganga sudah tercemar akibat limbah kimia, palstik, minyak, hingga limbah rumah tanggga. Menurut laporan, setiap harinya bahkan sekitar 4500 ton sampah dibuang ke sungai ini!

4. Sungai terpanjang kedua di Asia yaitu Sungai Kuning di Cina juga masuk daftar ini. Sungai ini kini berwarna merah akibat limbah industri yang tiada henti

Warna air sungai Kuning di Cina nampak kemerahan akibat limbah via www.macleans.ca

Advertisement

Sungai Kuning di Cina merupakan sungai terpanjang kedua di Asia. Karena letaknya yang strategis ini banyak industri berdiri di pinggiran Sungai Kuning. Pencemaran oleh limbah industri tak dapat terelakkan. Pada tahun 1996 saja Sungai Kuning sudah tercemar limbah industri sebanyak 4,29 miliar ton. Sepertiga dari air Sungai Kuning sudah tidak layak untuk dikonsumsi manusia.

5. Jangan kira ini hanya masalah negara-negara berkembang di Asia aja, Sungai Mississippi yang membentang di Amerika Serikat juga termasuk salah satu sungai paling kotor di dunia

Ada wilayah sungai ini yang disebut ‘Dead Zone’ karena saking tercemarnya via motherboard.vice.com

Menurut laporan Environment Missouri, sebuah kelompok pecinta lingkungan lokal, pada tahun 2012 sungai Mississippi sudah tercemar oleh limbah beracun termasuk bahan kimia seperti nitrat, benzena, dan arsenik sebesar 12,7 juta pon. Padahal sungai Mississippi merupakan jantung kota di Amerika Serikat. Sungai ini sudah mengandung bahaya ganggang yang tidak memungkinkan organisme lain bertahan hidup.

6. Masih dari Benua Amerika, Sungai Matanza-Riachuelo di Argentina penuh limbah kimia. Aroma menyengat dari berbagai limbah ini bisa tercium dengan mudah di sungai ini

Sebanyak 3,5 juta penduduk bantaran sungai Matanza terancam terkena berbagai penyakit via This%20river%20flows%20through%20Buenos%20Aires,%20the%20Argentinian%20capital%20city.%20Translated%20into%20English%20as%20&

Sungai Matanza menduduki peringkat ketiga sungai paling tercemar di dunia. Salah satu kontaminan paling mempengaruhi adalah limbah kimia yang dibuang oleh berbagai perusahaan perminyakan. Akibatnya sepanjang 64 km sungai ini beraroma zat beracun. Sayangnya, upaya normalisasi sungai yang dicanangkan oleh pemerintahnya tidak mendapat dukungan penuh warganya.

7. Bahkan di Eropa yang terkenal dengan pemandangan indah ala kartu pos, ada Sungai Sarno di Italia yang merupakan sungai paling tercemar di benua tersebut

Aliran air sungai Sarno berasal dari Mt. Sarno di Nepal Selatan via helpsavenature.com

Sungai Sarno oleh orang Romawi kuno dikenal sebagai sungai Sarnus. Dan, sungai ini memang terkenal sungai paling kotor di seluruh wilayah Eropa. Walaupun sebagian sungai Sarno masih digunakan untuk transportasi dan perikanan, namun sebagian besar dari sungai tersebut sudah tercemar oleh limbah industri.

8. Sempat jadi tempat pariwisata, sungai Jordan di Israel kini sudah tercemar limbah rumah tangga

Sungai Jordan di Israel tak seindah seperti yang dulu via helpsavenature.com

Secara keseluruhan warga Israel yang tinggal di sepanjang hilir Sungai Jordan membuang limbah di sini. Dulunya sih Sungai Jordan sempat dijadikan tempat pariwisata. Per tahunnya saja aliran air Sungai Jordan mencapai 1,3 miiliar meter kubik, sekarang hanya tersisa 20-30 juta kubik yang mengalir ke Laut Mati.

9. Lalu ada Sungai Marilao di Filipina. Kebisaan buruk masyarakat membuang sampah sembarangan jadi penyebab utama kotornya sungai ini

Ada 50 sungai yang ‘mati’ karena polusi di Filipina, Sungai Marialo ini yang terparah via www.greenpeace.org

Kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan seperti menjadi sebuah tradisi masyarakat di Manila, Filipina. Akibatnya permukaan sungai Marialo penuh dengan limbah rumah tangga seperti, botol plastik, sandal karet, serta styrofoam yang mana ketiga material tersebut tidak dapat didaur ulang.

10.  Nggak cuma di luar negeri saja, kondisi sungai di Indonesia juga bikin miris. Walau terkenal di dunia sebagai salah satu sungai terkotor, kayaknya orang Indonesia sendiri mungkin banyak yang belum sadar betapa kotornya Sungai Citarum

Ada film dokumenter yang membuat via www.thejakartapost.com

Sungai Citarum, sungai terpanjang di Jawa Barat ini menjadi perhatian banyak kalangan pemerhati lingkungan di seluruh dunia. Saking tebalnya sampah yang terapung di permukaan Sungai Citarum, kita bahkan sulit sekali bisa melintas di atasnya. Salah satu kontaminan utama tiada lain ialah limbah plastik dan industri. Sebuah video dan film dokumenter menjadi viral setelah memperlihatkan kesulitan para aktivis mengarungi lautan sampah di Sungai Citarum.

Meski kehidupan sudah serba modern dan canggih, kita jelas tidak boleh lalai akan keberlangsungan lingkungan sekitar. Mungkin kamu memang tak lagi harus minum, mandi, atau mencuci dari air sungai, tapi jika semakin banyak sungai ‘mati’ karena polusi, keseimbangan alam pastinya nanti akan terganggu dan akan berdampak pada kehidupan semua orang. Termasuk kamu. Baik dalam bentuk bau tidak sedap di belakang kompleks apartemenmu atau banjir terus datang tiap tahun. Makanya kita benar-benar nggak boleh abai atau nggak peduli sama kondisi sungai-sungai ini.

Nggak harus langsung terjun ke sungai untuk bersih-bersih juga sih, kamu bisa mulai dengan langkah-langkah kecil dari dirimu sendiri. Seperti mengurangi limbah yang jadi polutan utama di sungai-sungai yaitu plastik. Dengan mengurangi sampah plastikmu sendiri guys, kamu udah berkontribusi kok…

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya