Prambanan Jazz 2023: The Magical Experience. Keindahan Candi Prambanan Hingga Musik Masterpiece di Hari Pertama

Prambanan Jazz Festival 2023 kembali hadir di tahun ke-9 untuk menghibur penikmat musik jazz. Mengusung tema “The Magical Experience” yang menyuguhkan keindahan Candi Prambanan serta pertunjukan musik-musik masterpiece dari para musisi Nasional hingga Internasional.

Advertisement

Festival musik ini dilaksanakan langsung untuk pertama kalinya di pelataran Candi Prambanan, Yogyakarta pada Jum’at (7/7) 2023 setelah sempat diselenggarakan secara virtual pada 3 tahun sebelumnya akibat pandemi. Ribuan penonton hadir untuk memeriahkan hari pertama terlaksananya acara ini.

Konsep The Magical Experience mengedukasi penonton tentang festival musik

Prambanan Jazz Festival #9 2023 | dok. Hipwee

The Magical Experience menawarkan sebuah pengalaman budaya musik yang imajinatif. Penonton disuguhkan dengan penampilan-penampilan musisi dengan suasana yang magis dan menakjubkan dari alunan musik hingga view Candi Prambanan yang cantik.

Prambanan Jazz 2023 membagi row penonton menjadi 3 bagian sesuai dengan tiketnya mulai dari Experience Festival, Super Festival dan Jasmine VIP. Tiket Jasmine VIP menawarkan space paling depan dekat dengan panggung, kursi penonton di paling belakang dan kesempatan untuk pergi ke backstage untuk bertemu dengan para musisi. Pembagian jenis tiket ini diadaptasi dari Festival Internasional dan diterapkan di PJF 2023 untuk mengedukasi masyarakat.

Advertisement

Selain itu, PJF 2023 bekerjasama dengan Bank Jateng untuk menggerakkan perekonomian masyarakat dengan membuat Pasar Kangen yang berisikan para pelaku UMKM. Penggunaan QRIS sudah diterapkan untuk meningkatkan penjualan UMKM ini. Sembari menonton konser, penonton bisa eksplor ke Pasar Kangen untuk membeli aneka makanan, minuman hingga berbagai macam merchandise.

Di samping kemeriahan konser musik dan keunikan dari Pasar Kangen, pelaksanaan audisi I’m Jazz a Kid juga sukses diikuti oleh 91 peserta dari beberapa anak di Indonesia. Audisi ini digelar untuk mencari anak-anak berbakat dengan talenta spektakuler. Pemenang dari kontes ini akan mendapat kesempatan untuk tampil di panggung besar Prambanan Jazz Festival #9 2023.

Nadin Amizah perkenalkan aransemen baru dengan alunan sinden dan alat musik Jawa

Prambanan Jazz 2023 Day 1

Nadin Amizah di Prambanan Jazz 2023 | Dok.rilis

Advertisement

Prambanan Jazz Festival 2023 hari pertama dibuka oleh penampilan Treeshome, dilanjutkan Bilal Indrajaya yang membawakan lagu barunya. Kemudian penampilan Pusakata membuat suasana Candi Prambanan menjadi semakin romantis dengan lagu-lagunya yang berjudul Ruang Tunggu, Untuk Perempuan Yang Sedang Dalam Pelukan dan masih banyak lagi.

Di saat langit mulai menguning, suasana konser semakin pecah ditambah dengan kejutan yang diberikan oleh Nadin Amizah dengan membawakan aransemen baru di kedua lagunya yang berjudul Sorai dan Bertaut. Aransemen baru ini dibalut nuansa jawa dengan alunan suara sinden dan alat musik tradisional. Penampilan spektakuler ini cukup membuat penonton merinding takjub. Ciri khas Nadin yang menari-nari saat bernyanyi berhasil membangun keceriaan di wajah penonton. Penampilan musik di PJF 2023 kemudian dilanjutkan oleh penyanyi New York, Amerika Serikat yang bernama Lucky Chops.

Gemini bertemu dengan fanboy dan fangirl Indonesia untuk yang pertama kalinya

Prambanan Jazz 2023 Day 1

Gemini tampil di Prambanan Jazz 2023 | Dok.rilis

Menjelang malam, Gemini yang merupakan salah satu penyanyi Internasional dari Korea Selatan membuat heboh panggung PJF 2023 dengan teriakan-teriakan dari para fanboy dan fangirl-nya. Ia membawakan beberapa lagu diiringi dengan beat musik dan gemerlap lampu panggung yang memukau dengan keindahan Candi Prambanan di belakangnya.

Gemini mengaku bahwa konser musik Prambanan Jazz Festival #9 2023 ini adalah kali pertamanya ia tampil di Indonesia dan merupakan pengalaman yang seru bisa bertemu dengan para penggemarnya. Fanboy dan fangirl dengan meriah bernyanyi bersama dan mendukung idolanya dari sisi depan panggung dengan membuat tulisan-tulisan atau bentuk hati di selembar kertas besar agar bisa terlihat.

Ini pertama kalinya aku tampil di sebuah konser di Indonesia. Pengalaman ini sangat menyenangkan, aku akan membawakan beberapa lagu untuk kalian.

Penampilan Gemini sukses menambah semangat penonton di awal malam untuk mengikuti dan menikmati kemeriahan PJF 2023 dari musisi-musisi hebat lainnya hingga penghujung acara.

Panggung Prambanan Jazz Festival 2023 semakin meriah saat penampilan Kahitna, Gipsy Kings by Andre Reyes hingga Tulus

Prambanan Jazz 2023 Day 1

Kahitna tampil memukau di Prambanan Jazz 2023 | Dok.rilis

Hari semakin malam, penampilan-penampilan keren terus berlanjut dan semakin meriah dengan lagu-lagu nostalgia yang dibawakan oleh Kahitna. Kahitna sudah terjun di dunia musik selama 37 tahun untuk terus menghibur para penggemarnya sejak tahun 1983. Denting piano yang dimainkan oleh Yovie Widianto mengiringi nyanyian dari Hedi Yunus dan Mario Ginanjar. Penyanyi grup ini merupakan salah satu penampilan musik ber-genre jazz yang ada di PJF 2023. Walaupun tidak semua musisi dari kelompok musik jazz, namun mereka melakukan project jazz untuk mendukung konsep konser musik festival ini.

Di saat Kahitna membawakan lagu Cantik sempat membuat para penonton perempuan tersipu malu dengan kata-kata manis yang mereka lontarkan. Banyak penonton dari usia dewasa hingga para Gen Z yang menikmati lagu-lagu Kahitna karena segmen mereka tidak hanya untuk orang dewasa saja. Lagu dari Kahitna telah banyak yang dikolaborasi dengan musisi Indonesia lainnya  untuk pembaruan musik agar terus masuk di telinga Soulmate, sebutan untuk para penggemarnya. Selama penampilannya ini, Kahitna selalu mengenang salah satu vokalis yang telah berpulang lebih dahulu yaitu Carlo Saba.

Setelah Kahitna, PJF 2023 disuguhkan oleh penampilan Gipsy Kings by Andre Reyes yang berasal dari Perancis dan pernah dua kali memenangkan Grammy Awards. Penampilan mereka cukup membakar semangat penonton di malam hari yang dingin. Lagu yang mereka bawakan berjudul Bamboleo, Djobi Djoba, Volare, Baila Me, Sin Ella dan lainnya. Alunan alat musik Gipsy Kings mampu membuat penonton berjoget ria dengan gembira.

Prambanan Jazz 2023 Day 1

Penampilan Tulus sebagai penutup di Prambanan Jazz 2023 | Dok.rilis

Panggung Prambanan Jazz 2022 ditutup oleh penampilan Tulus yang tak kalah keren dan disambut antusiasme dari penonton. Sebagai penutup acara hari pertama, Tulus tampil memuaskan dengan berbagai lagu dari album Manusia. Lagu-lagu yang dibawakan seperti Kelana, Diri, Interaksi, Satu Kali dan ditutup dengan lagu Hati-Hati di Jalan untuk berpisah dengan para penonton.

Setelah ini, Prambanan Jazz Festival #9 2023 masih berlangsung selama dua hari di minggu pertama dan tiga hari di minggu depan, yakni Sabtu (8/7), Minggu (9/7), Jumat (14/7), Sabtu (15/7) dan terakhir Minggu (16/7). Pertunjukan selanjutnya pasti dengan line up musisi nasional dan internasional yang tidak kalah keren.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

All the beautiful things are around you <3

CLOSE