Menikmati penampilan para musisi dari berbagai genre di festival musik memang nggak boleh terlewat, Apalagi buat kamu yang kangen sama penampilan grup musik lawas dengan personil yang sudah ganti atau musisi yang sudah jarang tampil. Nah, Synchronize Fest 2018 punya line up keren yang bikin kamu bisa mengatasi rasa rindu satu ini.

Synchronize Fest 2018 yang akan diselenggarakan pada 5, 6, 7 Oktober 2018 di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta, bakal ada penampilan seru dari reuni akbar band legendaris 90-an Indonesia yaitu Dewa19. Dewa19 akan tampil bersama dua orang mantan vokalisnya dari dekade yang berbeda, Ari Lasso dan Once Mekel pada hari terakhir festival  (7/10/2018). Penasaran kabar apalagi yang mengejutkan? Simak ulasan berikut ini, yuk!

Festival musik populer multi-genre ini kian menarik perhatian mulai dari berbagai platform media sosial hingga kerap menjadi bahasan di kalangan anak muda

festival musik berbagai genre

Advertisement

“Ini momen yang langka, sudah lama sekali Dewa19 ingin melakukan reuni dengan dua vokalisnya. Momen yang monumental buat saya, dan tentunya bagi para Baladewa semua,” ujar Ari Lasso, vokalis Dewa19 periode 1991-1999, sesuai rilis yang Hipwee terima pada Rabu (26/9/2018).

Festival musik satu ini memang menjadi salah satu acara musik yang kerap memberikan kejutan. Nggak heran kalau momen reuni band legendaris kayak Dewa19 sangat ditunggu-tunggu oleh lintas generasi. Once Mekel yang sudah nggak pernah tampil bersama Dewa di acara besar sejak 2010 pun pasti bikin rindu.

Selain penampilan reuni Dewa19 feat. Ari Lasso & Once Mekel, masih ada juga konser-konser reuni yang diprediksi bakal menarik perhatian sekali di Synchronize Festival 2018. Antara lain Padi Reborn, Orkes Moral Pancaran Sinar Petromaks (OM PSP), Jiung, hingga kembali tampilnya Raja Dangdut Rhoma Irama dan Soneta Group. Total ada 118 musisi yang akan memeriahkan 6 panggung Synchronize Fest 2018 selama 3 hari, 3 malam.

Advertisement

Synchronize Fest 2018 diharapkan menjadi Kawah Candradimuka bagi musik Indonesia dan menjadi ruang interaksi bagi semua pelaku dan penikmat musik Indonesia,” ungkap penggagas sekaligus Festival Director Synchronize Fest, David Karto, sesuai rilis yang Hipwee terima.

Synchronize Fest 2018 memang penuh kejutan. Ada lagi penampilan dari para musisi yang bakal nggak mau dilewatkan siapapun. Siapa saja, ya?

Rhoma Irama dan sonetta grup akan tampil lagi

Pada hari pertama (Jumat, 5/10/2018) ada aksi musisi cantik dengan bakat keren dari Daramuda Project. FYI, Daramuda Project adalah kolaborasi musik terbaru dari Danilla Riyadi, Rara Sekar dan Sandrayati Fay. Ada juga SRXBS sebagai kolaborasi antara Stars and Rabbit dengan Bottlesmoker, tak ketinggalan Fiersa Besari yang sedang digandrungi, Dipha Barus, hingga penampilan Payung Teduh yang kembali merilis album baru setelah ditinggal vokalis utamanya.

Hari kedua (Sabtu, 6/10) ada penampilan istimewa dari Sheila on 7, Project Pop, The Panasdalam Bank, Seringai, Jason Ranti, NDX AKA yakni grup hip-hop-dut fenomenal asal Desa Imogiri, hingga Sisitipsi yang merupakan sekstet pop-swing yang tengah mengilap namanya di kancah musik lokal.

penuh kejutan

Hari terakhir (Minggu, 7/10) selain penampilan Dewa 19 feat. Ari Lasso & Once Mekel serta Padi Reborn, masih ada pula Nasida Ria yaitu kelompok qasidah legendaris asal Semarang. Kemudian penampilan dari Endah N Rhesa Extended, sebuah kolaborasi musik antara Endah N Rhesa, Classmate Journal dan Beda. Sedangkan dari era 80an Candra Darusman & Friends akan menyuguhkan lagu-lagu dari album tribut Detik Waktu. Dan juga Manumata grup hip-hop cilik berbakat asal Maluku, hingga penampilan dari Javabass Sound System, pionir kolektif musik drum dan bass lokal.

Selain dipadati ratusan pertunjukan musik, acara ini juga akan dimeriahkan dengan beberapa wahana atraksi hasil kolaborasi dengan beberapa komunitas seni. Komunitas film “Kinosaurus” akan melakukan penayangan beragam film, mulai dari jenis film dokumenter, film feature legendaris hingga film-film esensial masa kini. Sementara komunitas seni rupa “RuangRupa” akan memamerkan karya-karya seni mereka dan bakal ada pula atraksi live painting mural dari berbagai seniman di Synchronize Fest 2018.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini ada enam panggung (Dynamic Stage, Forest Stage, Lake Stage, District Stage, Gigs Stage dan XYZ Stage) yang telah disiapkan untuk menampilkan ratusan pertunjukan yang terkurasi dengan baik di Synchronize Fest 2018. XYZ Stage merupakan panggung yang baru hadir pada tahun ini dan condong menampilkan genre musik yang lebih mirip sebuah pesta perayaan atau selebrasi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya