Raja Salman Umumkan Libur Nasional Usai Timnas Arab Saudi Kalahkan Argentina di Piala Dunia 2022

Gelaran sepak bola bergengsi Piala Dunia Qatar 2022 sedang menjadi sorotan masyarakat dunia sejak dibuka pada Minggu (20/11) kemarin. Selain menjadi momentum empat tahunan paling ditunggu-tunggu pecinta sepak bola, biasanya memang ada hal-hal unik seputar laga tersebut.

Advertisement

Seperti saat kemenangan Arab Saudi dari Argentina pada pertandingan yang berlangsung pada Selasa (22/11) kemarin. Nggak hanya kemenangan itu saja yang jadi sorotan publik, tapi ada kebijakan unik dari pihak kerajaan yang menetapkan hari libur nasional pada Rabu (23/11) demi merayakan kemenangan tersebut.

Hari libur nasional Arab Saudi berlaku untuk karyawan sektor publik, swasta dan pelajar

Kemenangan Arab Saudi atas Argentina dengan skor 2-1 di Piala Dunia Qatar 2022 memang menjadi sejarah baru bagi dunia sepak bola. Kebahagiaan yang dirasakan masyarakat Arab Saudi pun jadi sorotan publik. Apalagi saat Raja Salman mengumumkan hari libur nasional usai kemenangan tersebut.

Advertisement

Melansir dari Khaleej Times, hari libur nasional Arab Saudi pada Rabu (23/11) ini berlaku untuk semua karyawan di sektor publik dan Swasta. Bahkan seluruh pelajar juga diliburkan pada hari ini. Pengumuman libur nasional itu pun disiarkan melalui cuitan di Twitter resmi Raja Salman.

“Raja Salman mengumumkan hari libur untuk karyawan sektor publik dan swasta, serta semua siswa, menyusul kemenangan epik Arab Saudi hari ini,” cuit akun Raja Salman pada Selasa (23/11).

Nggak hanya hari libur bagi karyawan saja loh, bahkan bursa saham Saudi pun ditutup hari ini Rabu (23/11) dan akan dibuka kembali pada Kamis (24/11). Kebijakan ini pun disambut antusias masyarakat Saudi untuk merayakan kemenangan bersejarah timnas kebanggaan mereka.

Advertisement

Raja Salman menetapkan hari libur nasional supaya masyarakat bisa merayakan kemenangan bersejarah

Arab Saudi libur nasional

Skor pertandingan Arab Saudi vs Argentina | Foto dari Twitter

Penetapan hari libur nasional Arab Saudi usai kemenangan atas Argentina memang bukan tanpa alasan. Pasalnya, pemerintah Arab Saudi ingin masyarakat bisa ikut merayakan kemenangan bersejarah itu. Bahkan, saat pertandingan berlangsung banyak fasilitas publik ditutup sementara supaya bisa menyaksikan pertandingan tersebut.

Kemenangan Arab Saudi atas Argentina nggak hanya menjadi sejarah baru, yang mengejutkan dunia. Namun, hasil tersebut juga membuka peluang bagi Arab Saudi untuk lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Arab Saudi pun kini menempati puncak klasemen sementara Grup C dengan koleksi tiga poin.

Arab Saudi menunjukkan penampilan terbaiknya saat mengalahkan Argentina. Nasser Al-Dawsari dan kawan-kawan nggak menyerah meski sempat tertinggal lebih dulu usai gol penalti dari Lionel Messi pada menit ke-10. Namun, Arab Saudi berhasil membalikkan situasi di babak kedua dengan gol dari Saleh Al-Shehri dan Al-Dawsari. Berkat gol tersebut, Arab Saudi akhirnya meraih pencapaian terbaiknya di Piala Dunia. Nggak heran bila kemenangan itu disambut suka cita pemerintah dan masyarakatnya.

Perlu diketahui nih, kalau kerajaan Arab Saudi bukan satu-satunya negara yang mengumumkan hari libur nasional usai kemenangan Piala Dunia. Sebelumnya, Pemerintah Kamerun juga pernah mengumumkan libur nasional usai timnas mereka mengalahkan Argentina 1-0 berkat gol Francois Omam-Biyik di Piala Dunia 1990. Hari libur nasional Arab Saudi ini jadi perhatian masyarakat dunia, karena dinilai unik. Bahkan, Raja Salman masuk trending di Twitter Indonesia, saking banyaknya yang menyoroti kebijakan libur nasional itu.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE