Serba-serbi Perankingan Perempuan Tercantik di Dunia, Apa sih Standar Penilaiannya?

ranking perempuan tercantik dunia

Bagi setiap orang, definisi “cantik” tentu sangat relatif sehingga kriterianya bisa berbeda-beda. Ada yang melihat kecantikan dari paras wajah, bentuk tubuh, kesempurnaan keduanya, bahkan ada yang menilai kecantikan dari kepribadian dan kesuksesan atau prestasi. Kalau menurutmu, kecantikan itu dilihat dari sisi yang mana?

Melihat betapa relatifnya penilaian seseorang terhadap kecantikan orang lain, banyak yang sempat heran dan penasaran dengan ranking perempuan tercantik di dunia yang selalu menarik perhatian publik. Seperti belakangan ini yang ramai diperbincangkan karena ada aktris sekaligus penyanyi Indonesia yang masuk daftar perempuan tercantik di dunia, bahkan ada yang masuk 10 besar dan mengalahkan ratusan perempuan lain dari berbagai penjuru bumi yang masuk nominasi.

Ada hal yang membuat penasaran, nih, karena perankingan semacam ini sangat berbeda dengan kontes kecantikan seperti Miss Universe, Miss World, dan ajang serupa yang jelas standar pemenangnya dari penampilan, kecerdasan, dampak, atau visi misi yang dibawa para kontestannya untuk masyarakat. Perankingan ini memang cukup menuai pro dan kontra karena nggak ada standar penilaian yang transparan, apalagi kembali ke definisi cantik yang relatif itu tadi.

Kok bisa ya, ada daftar rangking perempuan tercantik tanpa ajang lomba yang mengharuskan kontestannya berkompetisi? Buat kamu yang penasaran juga, yuk simak informasi yang sudah Hipwee Premium kulik soal serba-serbi di balik layar perangkingan perempuan tercantik di dunia! Siapa penyelenggaranya? Gimana proses penilaian dan apa tujuannya?

Pemilihan perempuan paling cantik dalam daftar ranking kebanyakan diselenggarakan majalah atau media seputar gaya hidup dan kecantikan

Pemilihan perempuan tercantik di dunia | Illustration by Hipwee

Di Amerika dan Eropa, perilisan daftar perempuan tercantik menjadi hal yang cukup umum, bahkan banyak sekali versi atau penyelenggaranya. Kebanyakan mereka berasal dari majalah atau media yang memiliki perusahaan agensi di industri fesyen, hiburan, dan ada pula media yang bergerak dalam kampanye women empowerment. Ranking perempuan cantik ini memiliki beragam versi, mulai dari kecantikan paras, tubuh, hingga pencapaian karier.

Sebut saja Most 50 Beautiful yang diselenggarakan oleh People Magazine yang membuat daftar perempuan tercantik setiap tahun. Ada juga 50 Most Beautiful Women in The World yang diselenggarakan oleh yayasan Women in the World. Ranking perempuan tercantik paling terkenal dan terbesar yakni 100 Most Beautiful Face List yang diselenggarakan oleh TC Candler dan Independent Critics.

Ranking perempuan cantik tenyata nggak hanya dari paras saja, ada juga ranking perempuan seksi dalam The Maxim Hot 100 yang diselenggarakan oleh Maxim, majalah asal New York. Ranking serupa juga diadakan oleh FHM, majalah lifestyle asal Inggris yang bertajuk FHM’s 100 Sexiest Women. Selain beberapa ranking dan media tersebut banyak juga yang menyelenggarakan dalam skala lebih kecil seperti Esquire dan AskMen.

Setiap daftar ranking memiliki kriteria penilaian yang berbeda-beda tergantung versi yang diangkat dan tujuan tiap penyelenggara

Buat kamu yang penasaran dengan kriteria pemenang dan sistem penilaian ranking perempuan tercantik, mungkin kamu akan menganggap bahwa sistem penilaian nggak akurat. Hal ini juga yang sering sekali menuai pro dan kontra di mata publik. Sebab, setiap penyelenggara sebenarnya memiliki tujuan masing-masing dalam membuat daftar ranking tersebut. Sehingga, kriteria dan sistem penilaian juga tergantung tujuan yang ingin dicapai.

Umumnya penilaian dilakukan oleh tim internal penyelenggara misalnya menurut redaksi atau ada juga yang mengadakan voting yang ditujukan pada pembaca. Misalnya, FHM’s 100 Sexiest Women yang mengadakan perankingan perempuan tercantik berdasarkan bentuk tubuh. Pesertanya dipilih oleh tim FHM dari kalangan model di berbagai negara, kemudian untuk memilih pemenang dilakukan penilaian oleh 250 ahli dalam bidang kecantikan. Daftar ranking ini bertujuan untuk menciptakan persaingan model di berbagai majalah.

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis