[Review] Pengalaman Menjajal MSI Creator Z16, Laptop Modis yang Andal untuk Penciptaan Konten dan Pekerjaan Tingkat Tinggi

Review laptop MSI Creator Z16

Nggak hanya gemar mengenakan pakaian bergaya minimalis, saya juga menerapkan hal yang sama saat memilih perangkat gadget seperti laptop yang telah jadi kendaraan utama saya dalam bekerja. Meski desain laptop saat ini cukup netral dan modis, tetapi mata saya enggan beralih dari tampilan laptop anyar Micro-Star International (MSI) yang ditujukan bagi content creator, MSI Creator Z16. 

Impresi pertama terhadap laptop MSI ini adalah stylish berkat desain yang diusung, dan powerful karena menjanjikan performa dari perpaduan prosesor Intel Core i9 generasi ke-11 dan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX3060 Laptop GPU untuk model Creator Z16 A11UET-215ID. Kesan saya terhadap laptop ini pun terus berkembang setelah menjajal semua fitur dan teknologi terkini yang ada selama kurang lebih satu minggu.

Desain yang elegan dan stylish membuat saya jatuh cinta pada pandangan pertama!

Laptop MSI Creator Z16 A11UET-215ID (foto: Dewi Suci Rahmadhani/Hipwee)

Dimulai dari desain yang langsung mencuri perhatian, laptop MSI Creator Z16 bikin saya semakin tertarik karena selain memiliki tampilan luar yang modis, laptop ini juga mengusung desain dengan bodi berbahan metal yang telah melewati proses CNC, sebuah proses perancangan berbasis software untuk menghasilkan bodi berkualitas tinggi. Kesan premium pada laptop ini disempurnakan oleh warna Lunar Grey yang seakan bisa bikin OOTD minimalis saya jadi makin ciamik.

Soal bobot, laptop MSI ini memiliki berat sekitar 2,2 kilogram dengan ketebalan 15,9 mm. Untuk kelasnya, laptop MSI Creator Z16 memiliki bobot yang terbilang wajar. Lagi pula, saya nggak merasa terbebani untuk membawanya ke mana-mana karena laptop MSI Creator Z16 sudah dilengkapi dengan tas khusus dalam paket pembelian. 

Belum selesai mengagumi tampilan luarnya, saat laptop dinyalakan mata saya tertuju pada papan ketik yang memiliki teknologi backlit keyboard mini LED pertama di dunia dan backlit RGB per tombol yang dapat diatur di perangkat khusus Steelseries Engine 3. Teknologi ini akan sangat membantu saya yang kerap membuka laptop di ruangan minim cahaya. Selain jauh dari risiko salah ketik, berkat teknologi ini saya bisa mendapatkan kesan estetis dengan tidak berlebihan. 

Punya layar yang lebar dan akurasi warna yang tepat, laptop MSI ini bisa mengakomodir kebutuhan para konten kreator

(foto: Dewi Suci Rahmadhani/Hipwee)

Rasa penasaran saya berlanjut ke bagian layar laptop yang sangat luas untuk mengakomodir kebutuhan penciptaan konten. Dibekali ukuran 16 inci dengan konsep golden ratio 16:10 yang membuat tampilan layar jadi lebih luas dibandingkan laptop dengan layar 16:9, laptop MSI Creator Z16 mengusung teknologi True Pixel yang mencakup resolusi layar QHD+, 100% DCI-P3 dan True Color Technology yang semuanya sudah diverifikasi oleh Calman. Pengalaman menonton musik video dari penyanyi favorit saya terasa sangat nyata, dan ini menjadi semacam jaminan untuk mengedit berbagai konten visual yang butuh akurasi warna tingkat tinggi.

(foto: Dewi Suci Rahmadhani/Hipwee)

Aspek layar belum selesai bikin saya kagum. Laptop MSI Creator Z16 semakin mengeluarkan pesonanya lewat layar sentuh yang bisa dibuka hingga 180 derajat. Teknologi yang mungkin terdengar sederhana bagi sebagian orang ini nyatanya sangat berguna untuk memaksimalkan layar sentuh saat mengerjakan proyek yang cukup detail dan rumit. Tinggal zoom in dan zoom out, desain yang rumit pun bisa selesai dengan akurat. 

Selain itu, melalui layar yang bisa dibuka hingga 180 derajat ini saya yang sering harus memperlihatkan pekerjaan di laptop kepada editor juga dimudahkan. Di sini saya hanya perlu membuka layar hingga sejajar keyboard, lalu mengaktifkan fitur Flip-n-Share hanya dengan menekan tombol F12 untuk memutar tampilan layar. Dengan ini saya nggak perlu repot memutar posisi laptop saat hendak memperlihatkan sesuatu. 

Untuk menunjang kinerja dan proses kreatif penciptaan konten, laptop ini mengusung sistem suara stereo quad-speaker Dynaudio, Nahimic & Hi-Res Audio untuk kualitas suara yang lebih jernih dan bersih, mencakup nada tinggi dan rendah. Penempatan speaker di bagian atas juga patut diapresiasi karena kualitas suara dapat dinikmati secara optimal di mana pun laptop diletakkan. 

Performa super ngebut, berselancar di beberapa tab dan aplikasi secara bersamaan nggak pakai nge-lag

(foto: Dewi Suci Rahmadhani/Hipwee)

Setelah dibuat kagum oleh desain dan layarnya, saya pun mencoba laptop ini untuk bekerja seharian. Kesan yang saya dapatkan adalah ngebut. Nggak butuh waktu lama, beberapa detik setelah saya menekan tombol power layar laptop yang sudah berjalan dengan Windows 10 Pro dan dilengkapi bundel Microsoft Office 365 ini menyala. 

Laptop MSI Creator Z16 juga sangat lincah mengikuti jemari saya yang berselancar di beberapa tab dan aplikasi tanpa nge-lag. Maklum, tugas saya sebagai seorang penulis mengharuskan laptop bekerja multitasking. Performa prosesor Tiger Lake i9-11900H melalui aplikasi Cinebench mendapat skor single core 1423 poin sementara skor multi core 9699. Skor tersebut menandakan kalau performa laptop MSI ini sangat mumpuni untuk berbagai pekerjaan tingkat tinggi seperti rendering dan penciptaan konten. Performa dapur pacu laptop MSI Creator Z16 A11UET-215ID ini juga didukung kartu grafis NVIDIA GeForce RTX3060 Laptop GPU 6GB GDDR6 dengan RAM 16GB dua slot dan SSD 1TB. 

Nah, yang bikin lebih keren lagi, saya juga bisa mengatur beberapa optimasi performa laptop MSI Creator Z16 seperti noise cancellation, battery optimizer, user scenario, dan pengoptimalan lainnya melalui software MSI Center for Business & Productivity. Laptop ini juga menyediakan fungsi “Smart Priority” yang bekerja sama dengan Microsoft Azure untuk secara otomatis memprioritaskan sumber daya ke program yang paling sering digunakan berdasarkan AI learning. Keren, kan?

Spesifikasi lengkap Laptop MSI Creator Z16 A11UET-215ID

Berhubung laptop ini ditujukan untuk penciptaan konten, saya yang cukup aktif bikin video seru-seruan untuk diunggah ke berbagai platform media sosial pun mencoba mengandalkan laptop MSI Creator Z16 ini untuk proses editing video. Saya pun kembali dibuat kagum lewat performa laptop ini yang mampu menyelesaikan proses rendering hanya dalam waktu 9 menit 37 detik untuk durasi video sekitar 33 menit! Kalau begini sih, nggak akan malas edit video karena nggak perlu capek menunggu proses rendering~

Mengusung baterai 4 cell 90 Whr dengan teknologi fast charging, laptop ini baru kembali perlu diisi daya setelah pemakaian selama 7 jam untuk pekerjaan penulisan artikel dan editing video. Laptop yang awalnya membuat saya tertarik karena punya desain yang apik, ternyata justru membuat saya jatuh cinta lewat fitur dan teknologi yang ciamik.

Konektivitas dan fitur lainnya yang sangat mendukung kinerja

(foto: Dewi Suci Rahmadhani/Hipwee)

Port konektivitas adalah bagian penting dalam pekerjaan penciptaan konten. Entah itu untuk transfer data, mendengarkan audio menggunakan wired earphone biar kualitas suaranya optimal, dan banyak lainnya. Di sini, laptop MSI Creator Z16 punya port konektivitas yang lengkap. 

Pada bagian kiri, laptop ini dilengkapi satu port DC-in, USB-A 3.2, Thunderbolt 4 dan Combo Audio Jack. Sementara pada bagian kanan terdapat slot kartu MicroSD, Thunderbolt 4 dan USB-A 3.2. 

Untuk fitur keamanan, laptop MSI Creator Z16 juga nggak perlu diragukan. Laptop ini dilengkapi teknologi otentikasi biometrik pengenalan wajah hingga sensor sidik jari. Selain itu, penulis seperti saya yang setiap hari berurusan dengan website juga dijamin keamanannya lewat autentikasi FIDO 2 terbaru yang memungkinkan pengalaman menggunakan layanan web bebas kata sandi.

Lebih dari itu, rasanya saya juga nggak perlu khawatir lagi jika sedang menggunakan Wi-Fi di kedai kopi untuk bekerja, karena laptop ini juga sudah dilengkapi teknologi Wi-Fi 6E yang bisa menjaga jaringan tetap lancar dan stabil meski dalam kondisi yang ramai.

Saya juga nggak perlu was-was hingga harus membeli tambahan kipas pendingin untuk mencegah panas berlebih saat laptop mencapai performa maksimalnya. Sebab, laptop MSI Creator Z16 sudah menyematkan teknologi cooler boost trinity+ eksklusif untuk memastikan pembuangan panas yang optimal. Teknologi eksklusif ini mengusung desain bilah kipas bermata tajam 0,1 mm, alias tertipis di dunia.  

Kesimpulan

(foto: Dewi Suci Rahmadhani/Hipwee)

Laptop MSI Creator Z16 bisa dibilang merupakan perangkat yang keren luar dan dalam. Melalui tampilan luar yang relatif tipis tetapi kokoh, serta warnanya yang terlihat sangat elegan menjadi daya tarik tersendiri bagi para konten kreator masa kini yang didominasi kaum muda. 

Lebih dari pada itu, laptop ini benar-benar mendedikasikan diri untuk pengalaman terbaik para penggunanya lewat performa tingkat tinggi dan fitur-fitur fungsional lainnya. Nggak berlebihan kalau saya menyebut laptop MSI Creator Z16 menjamin pekerjaan apapun, mulai dari penciptaan konten, AI compu ting, engineering, animasi hingga arsitektur dapat diselesaikan tanpa ada waktu yang terbuang.

Aktivitas sehari-hari bersama laptop sudah pasti menjadi lebih efisien secara waktu, karena seperti tadi saya sampaikan, laptop MSI Creator Z16 sangat memanjakan penulis seperti saya yang butuh dengan cepat berpindah-pindah tab dan membuka sejumlah aplikasi tanpa lag. Pokoknya, all in one package sangat menggambarkan laptop ini.

Nah, buat kamu yang ingin merasakan pengalaman memukau dan menyeluruh dari sebuah laptop untuk penciptaan konten atau pekerjaan yang membutuhkan perangkat dengan performa tingkat tinggi, laptop MSI Creator Z16 A11UET-215ID bisa jadi pilihan yang tepat untukmu. Laptop ini dibanderol seharga Rp41.999.000. Untuk harga yang lebih terjangkau, kamu bisa memilih laptop MSI Creator Z16 A11UET-216ID dengan prosesor Intel Core i7 generasi ke-11 yang dibanderol seharga Rp39.999.000.

Kedua varian laptop MSI Creator Z16 ini sudah bisa langsung kamu dapatkan melalui pembelian secara online di https://msi.gm/hipweecreatorz16online, atau secara offline dengan mengunjungi toko resmi MSI yang bisa kamu lihat di https://msi.gm/hipweecreatorz16offline. Untuk setiap pembelian kamu akan mendapatkan garansi selama dua tahun, MSI Topload Bag dan akses Microsoft Office 365 juga, lo. Nah, untuk informasi lengkap mengenai laptop MSI Creator Z16, kamu juga bisa mengunjungi laman https://msi.gm/hipweecreatorz16

So, sudah tahu mau pilih laptop MSI Creator Z16 varian mana untuk meningkatkan pengalaman kerja?

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor