[Review] MSI Creator Z16P: Laptop Elegan yang Bisa Diandalkan Content Creator

Laptop ini lincah untuk multitaskting cari ide konten, nyaman buat nulis, dan andal dipakai ngedit.

Sebagai content creator yang dituntut untuk serba bisa, punya laptop dengan fitur lengkap menjadi sebuah keharusan. Fitur lengkap ini bukan saja untuk menunjang proses berkarya, tetapi juga untuk mendukung kenyamanan yang harus didapatkan para content creator agar produktif dalam berkarya. 

Secara singkat, laptop para content creator harus bisa agile buat bikin konten, nyaman buat nulis, sampai lancar ketika dipakai untuk edit foto atau video. Nah, pengalaman itu lah yang saya dapat ketika menggunakan laptop MSI Creator Z16P B12UGST-043ID dari Micro-Star International (MSI). 

Lebih dari seminggu menggunakan laptop yang didesain khusus untuk aktivitas content creator ini, saya jatuh hati.

MSI Creator Z16P punya display yang memanjakan mata. Tepat buat bikin content!

Kalau bicara soal content creator, aspek display pada laptop menjadi salah satu yang terpenting. Mengapa ini penting, karena display yang ciamik bisa memastikan ide visual yang ada dalam kepala para content creator terwujudkan sesuai ekspektasi.

Nah, MSI Creator Z16P ini punya display yang dapat memastikan hal tersebut. Laptop ini memiliki layar beresolusi QHD+ dengan refresh rate 165Hz dan brightness layar yang pas untuk semakin memanjakan mata. Mantengin laptop dalam durasi panjang nggak bikin mata lelah.

Nggak kalah penting dari itu, laptop yang mengusung golden ratio 16:10 ini dilengkapi teknologi True Pixel yang mampu memberikan kualitas warna terbaik dan akurat menyerupai nyata. Ini menjadi salah satu fitur penting bagi content creator. Dengan ini saya dapat memastikan warna yang diharapkan pada sebuah gambar maupun video, sesuai kenyataannya ketika ditampilkan di layar laptop. 

Saya bisa bilang kalau pekerjaan olah visual menggunakan MSI Creator Z16P dapat dipastikan lebih nyaman dengan hasil optimal, karena laptop ini juga telah dilengkapi fitur finger touch display yang mendukung penggunaan pen touch

Selama seminggu menggunakan laptop ini, bekerja serasa nggak kerja. Nggak mencoba hiperbolis, tapi benar-benar nyaman untuk mewujudkan ide-ide kreatif menjadi karya yang konkret.

Menggunakan prosesor kelas atas yang pas buat mendukung produktivitas

Laptop MSI Creator Z16P B12UGST-043ID | dok. Hipwee

Visual memang erat kaitannya dengan content creator. Oleh karena itu aspek display kerap jadi perhatian para content creator saat memilih laptop. Namun, sejalan dengan display yang ciamik, laptop andalan content creator juga harus punya dapur pacu yang mumpuni. 

Untuk itu, laptop MSI Creator Z16P ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i9 generasi ke-12 terbaru yang punya hybrid core. Prosesor generasi terbaru dari Intel ini memadukan Performance (P-core) dan Efficiency (E-core) hingga 14 buah core dengan fabrikasi 10nm SuperFin yang terbukti meningkatkan performa hingga 45-65 persen. Nggak hanya meningkatkan performa, prosesor ini juga bisa menghemat penggunaan baterai.

Untuk mendukung aspek display yang tadi sudah kita bahas, MSI Creator Z16P dilengkapi kartu grafis NVIDIA terbaru RTX 3070Ti yang kencang untuk memaksimalkan pengalaman penciptaan konten. Performa untuk mengedit video HDR RAW hingga 8K dari kartu grafis ini lebih cepat daripada sebelumnya.

Sementara untuk memori, laptop ini dilengkapi RAM DDR5-4800MHz sebesar 32GB. Kalau dirasa kurang, laptop ini punya dua slot RAM yang bisa di-upgrade hingga 64GB. Sedangkan untuk penyimpanan, MSI Creator Z16P ini dilengkapi 2TB NVMe PCIe Gen4x4 SSD.

Fitur lainnya yang komplit dan keren menjadikan MSI Creator Z16P layak disebut laptopnya content creator!

Laptop MSI Creator Z16P B12UGST-043ID | dok. Hipwee

Salah satu kekhawatiran yang kerap menghampiri para content creator saat menggunakan laptop untuk pekerjaan tingkat tinggi adalah soal temperatur. Yup, temperatur panas yang kerap muncul ketika laptop menjalankan aplikasi yang berat atau sejumlah aplikasi bersamaan ini kerap bikin was-was sekaligus bikin kesal karena performa laptop biasanya akan menurun. 

Nah, kemungkinan laptop akan panas dan performanya menurun ketika digunakan untuk pekerjaan berat itu nggak perlu dikhawatirkan terjadi pada MSI Creator Z16P. Sebab, laptop ini telah dilengkapi teknologi pendingin eksklusif Vapor Chamber Cooler yang mampu menjaga suhu dan performa agar tetap stabil sekalipun dalam penggunaan berat. Edit foto dan video menggunakan sejumlah aplikasi dalam waktu bersamaan bukan lagi soal.

Menariknya lagi bagi content creator, MSI Creator Z16P sudah dilengkapi sound system kelas dunia Dynaudio berkekuatan 4x Stereo Speaker dengan level audio yang menyeluruh. Teknologi ini lebih dari cukup agar kamu nggak perlu pake headphone atau speaker eksternal. Terlebih yang yang suka edit video, teknologi ini tentu jadi nilai plus karena nggak banyak dimiliki laptop lain. 

Fitur pelengkap yang semakin memantapkan MSI Creator Z16P sebagai laptop content creator adalah audio combo jack, USB 3.2 Gen2 type A, USB 3.2 Gen2 type C, Thunderbolt 4, hingga slot SD Card reader yang semuanya ditujukan untuk memudahkan proses memindahkan data, sebuah proses yang akan sering dilakukan para content creator.

Urusan konektivitas, laptop ini juga memastikan kenyamanan penggunaan dengan menghadirkan WiFi 6E yang punya kecepatan data transfer lebih cepat sekaligus lebih hemat daya. Nggak ada lagi kata lemot kalau mau cari inspirasi di internet. Urusan kerjaan bakal jadi lebih sat-set tanpa lemot!

Ngomong-ngomong hemat daya, selama menggunakan laptop ini saya nggak pernah mengkhawatirkan masalah baterai, sih. Selain karena laptop ini memiliki kapasitas baterai 90Whr yang mampu bertahan lama, prosesor yang digunakan pada laptop ini juga bisa menghemat penggunaan daya. 

Sekalipun harus mengisi daya, saya merasa itu bukan soal. Sebab, MSI Creator Z16P sudah menggunakan teknologi fast charging. Selain itu, untuk menyiasati daya saya juga bisa mengoptimalkan performa laptop sesuai kebutuhan melalui software MSI Center Pro. Di sana ada banyak opsi yang bisa membantu dan menyesuaikan performa laptop sesuai dengan kebutuhan.

MSI Creator Z16P adalah laptop yang dapat diandalkan sekaligus menawan

Laptop MSI Creator Z16P B12UGST-043ID | dok. Hipwee

Selain fitur yang lengkap dan performa yang tangguh, desain laptop juga jadi nilai penting bagi content creator. Sekilas lihat, desain MSI Creator Z16P yang saja jajal ini tampak begitu elegan dengan warna Lunar Gray-nya. Begitu membuka laptopnya, MSI Creator Z16P tampak begitu menawan. 

Perpaduan antara desain postmodern dan teknologi modern tercermin pada tampilan laptop ini. Tagline “Tech meets Aesthetic” yang diusung oleh MSI menjadi make sense. MSI Creator Z16P memiliki sasis aluminium yang solid dan telah melewati proses CNC. Layarnya yang ciamik dibingkai oleh bezel tipis. Untuk bobot, laptop ini memiliki berat 2,39 kg dengan ketebalan 19 mm. 

Adanya backlit keyboard di laptop ini juga jadi nilai plus. Apalagi nyala lampunya bisa di-custom sesuai kebutuhan. Selain itu, keyboard laptop ini juga dilengkapi numpad. Meski saya terbilang jarang memanfaatkan numpad ini, tapi kehadirannya punya nilai fungsi yang akan sangat memudahkan jika dibutuhkan. 

Kesimpulan

Spesifikasi laptop MSI Creator Z16P B12UGST-043ID | dok. Hipwee

Overall, kalau harus mendeskripsikan laptop ini dalam satu kalimat maka saya berani bilang bahwa ini adalah laptop content creator banget! Semua yang dibutuhkan content creator ada pada laptop ini. Mau nulis, olah foto, ngedit video, hingga bikin desain visual sendiri, laptop ini mampu mengakomodirnya. 

Selama satu minggu lebih bersama MSI Creator Z16P, laptop ini telah memberi kenyamanan saat saya harus bikin konten dan sangat membantu proses kreatif berkat sederet fitur unggulannya.

Kalau kamu ingin merasakan sendiri kenyamanan dan betapa terbantunya proses berkarya seperti yang saya alami satu minggu terakhir, bisa langsung mengunjungi laman https://msi.gm/hipweecreatorz16online untuk memboyong laptop yang dibanderol seharga Rp51,999,000 ini secara online, atau kamu juga bisa melakukan pembelian secara offline di toko yang bisa kamu cek di https://msi.gm/hipweecreatorz16off. Kalau butuh informasi lebih lanjut mengenai laptop MSI Creator Z16P ini, kamu bisa mengunjungi laman https://msi.gm/hipweecreatorz16.

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor