Generasi Mindful Roadshow 2023, Hipwee x Meatless Monday Indonesia Ajak Anak Muda untuk Hidup Lebih Sehat, Kreatif, dan Berdampak Positif

Hipwee dan Meatless Monday Indonesia (MMI) baru saja meluncurkan sebuah proyek kolaborasi menarik yang bertajuk Generasi Mindful Roadshow 2023.

Sebagai platform digital yang ingin berdampak positif lewat konten dan komunitas, Hipwee berkolaborasi dengan Meatless Monday Indonesia untuk mengampanyekan gerakan Meatless Monday di kalangan anak muda Indonesia. Meatless Monday Indonesia adalah bagian dari Meatless Monday Initiative global yang diperkenalkan pada tahun 2003 oleh John Hopkins Center for Liveable Future (CLF) dan telah berjalan di lebih dari 40 negara dalam 22 bahasa.

Sejak tahun 2022, Hipwee dan Meatless Monday Indonesia telah berkolaborasi lewat berbagai konten dan aktivasi komunitas seperti postingan media sosial, Recook Challenge resep meatless dari chef ternama, dan direktori kuliner berbasis nabati di laman Peta Kuliner Nabati. Generasi Mindful Roadshow 2023 adalah kolaborasi terbaru Hipwee dan Meatless Monday Indonesia dengan tujuan menjangkau langsung anak-anak muda di berbagai kampus untuk memperkenalkan gaya hidup mindful, sehat, dan kreatif.

Generasi Mindful Roadshow 2023 dengan target utama anak-anak muda generasi Z ini akan dilaksanakan di lingkungan kampus di Yogyakarta. Berbagai materi menarik seputar mindfulness, balanced dan healthy diet, hingga pengembangan digital skill akan diberikan kepada para peserta roadshow.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Generasi Mindful Roadshow 2023, Hipwee dan Meatless Monday Indonesia berkeliling kampus perkenalkan gaya hidup mindful dan diet sehat yang seimbang

Generasi Mindful Roadshow 2023 merupakan rangkaian kegiatan roadshow yang bertujuan menyebarluaskan pesan, inisiatif, dan ajakan untuk hidup secara lebih mindful, sehat, dan berdampak positif di kalangan anak muda. Tujuan ini sejalan dengan fokus utama dari gerakan Meatless Monday Indonesia yang mendedikasikan hari Senin untuk kesehatan manusia dan kelestarian planet bumi dengan tidak memakan daging seminggu sekali.

Dengan substitusi daging dan turunannya dengan protein nabati seminggu sekali saja yaitu di hari Senin, gerakan Meatless Monday Indonesia berupaya mengedukasi beberapa poin penting.

Pertama, pentingnya diet yang lebih sehat dan seimbang dengan memperbanyak buah, sayur, dan kacang-kacangan demi mengurangi risiko berbagai penyakit kronis. Kedua, meningkatkan awareness untuk permasalahan global terkait tingginya jejak karbon yang dihasilkan dalam produksi protein hewani yang berdampak buruk terhadap lingkungan. Ketiga, gerakan ini juga sekaligus bisa mempromosikan berbagai pangan lokal Indonesia berbasis nabati yang sebelumnya belum banyak diminati.

Lalu, Hipwee akan memberikan materi tentang mindfulness dan seni pembuatan konten supaya para peserta roadshow dapat berkontribusi menyebarkan pesan-pesan gerakan Meatless Monday Indonesia yang bisa berdampak membuat perubahan positif.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Tidak hanya berhenti di roadshow, ada kompetisi proposal di mana pemenangnya mendapatkan kesempatan mengikuti fully-funded bootcamp

Tidak berhenti dengan edukasi atau peningkatan awareness saja, kegiatan ini juga bertujuan mengajak anak-anak muda secara langsung terlibat menjadi agen perubahan positif di lingkungan mereka.

Setelah acara roadshow, para peserta bisa mengirimkan ide kampanye atau aktivasi mereka sendiri untuk mengusung agenda Generasi Mindful dan program Meatless Monday Indonesia. Lalu, 10 peserta dengan proposal kampanye atau aktivasi terbaik akan berkesempatan mengikuti fully-funded bootcamp di Yogyakarta bersama mentor dan experts. 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Generasi Mindful Roadshow 2023 diluncurkan secara daring pada tanggal 13 Juni 2023

Generasi Mindful Roadshow 2023

Tangkapan layar Zoom

Acara peluncuran Generasi Mindful Roadshow 2023 dilaksanakan secara daring atau virtual dengan menghadirkan beberapa narasumber yaitu CEO Hipwee Nendra Primonik Rengganis, Project Officer Meatless Monday Indonesia Andi Reski Aprianti, dan praktisi mindfulness Putra Wiramuda, S.Psi., M.A.

Generasi Mindful Roadshow 2023

Project Officer Meatless Monday Indonesia Andi Reski Aprianti | Tangkapan layar Zoom

Andi Reski Aprianti atau yang akrab disapa Eki pertama-tama memperkenalkan sejarah dan fokus utama gerakan Meatless Monday Indonesia. Tergabung dalam bagian Meatless Monday Initative global yang sudah ada sejak tahun 2003, gerakan Meatless Monday Indonesia memiliki tiga fokus utama:

  • menjaga kesehatan dan mengurangi timbulnya penyakit kronis yang bisa dicegah dengan diet gizi seimbang
  • melestarikan sumber daya tanah dan air dalam rangka memerangi perubahan iklim ekstrem dengan mengganti konsumsi protein hewani yang menghasilkan banyak jejak karbon setiap Senin
  • memperkenalkan keanekaragaman pangan nabati lokal yang ada di Indonesia.

Eki melanjutkan bahwa hanya dengan ‘skip meat once a week‘ atau tidak makan daging dan turunannya seminggu sekali saja yaitu di hari Senin, kita sebenarnya telah membuat langkah kecil untuk memperbaiki kesehatan tubuh dan planet bumi ini.

Generasi Mindful Roadshow 2023

Nendra Primonik Rengganis CEO Hipwee | Tangkapan layar Zoom

Penjelasan Eki dilanjutkan dengan pemaparan inisiatif Generasi Mindful Roadshow 2023 oleh Nendra Primonik Rengganis atau Monik. Monik menjelaskan bahwa di tengah-tengah tren YOLO, hustle culture, FOMO yang marak di kalangan generasi Z, anak-anak muda justru harus bisa memaknai bagaimana cara hidup dengan lebih mindful atau penuh kesadaran.

Kehidupan anak-anak muda saat ini penuh dengan berbagai distraksi, baik dari kegiatan sesederhana makan yang sulit tanpa ‘ditemani’ tontonan atau sulitnya menghindari doom scrolling menjelang waktu tidur. Padahal kebiasaan melakukan apa pun yang dilakukan tanpa intensi atau kesadaran penuh, banyak dampak negatifnya.

Mindfulness terutama juga diperlukan ketika memutuskan makanan apa yang baik bagi tubuh kita demi memenuhi keseimbangan gizi. Bukan hanya asupan gizi yang baik bagi tubuh, tapi juga makanan yang baik bagi keberlangsungan planet bumi. Dengan latar belakang tersebut, Hipwee dan Meatless Monday Indonesia akhirnya berkolaborasi meluncurkan Generasi Mindful Roadshow 2023 untuk membangun generasi muda yang mindful, sehat, dan kreatif.

Generasi Mindful Roadshow 2023

Praktisi mindfulness Putra Wiramuda | Tangkapan layar Zoom

Pemateri terakhir, Putra Wiramuda selaku praktisi mindfulness memberikan tips-tips menarik tentang bagaimana menerapkan mindfullness pada kehidupan sehari-hari.

Putra menjelaskan pentingnya konsep jeda dan membiarkan dulu emosi yang kita rasakan mengendap. Terus berlatih untuk bisa ‘duduk’ bersama emosi-emosi yang kita rasakan meskipun rasanya tidak nyaman. Di tengahnya banyaknya orang yang merasa harus multi-tasking, berlatih mengambil jeda dan fokus dengan momen ‘sekarang’ jadi semakin penting.

Termasuk dalam konteks makan, banyak orang yang belum sepenuhnya makan dengan mindful dan tahu benar-benar apa yang mereka rasakan saat makan. Penting untuk mengetahui apa kita selama ini makan karena benar-benar lapar atau sebenarnya makan hanya sebagai bentuk pelarian dari masalah-masalah lain dalam hidup yang juga disebut emotional eating. Penting juga untuk mindful apakah kita makan hanya demi kenikmatan mulut yang hanya sementara atau juga sudah memperhatikan kesehatan tubuh jangka panjang.

Itulah keseruan dari peluncuran Generasi Mindful Roadshow 2023, kolaborasi dari Hipwee dan Meatless Monday Indonesia. Setelah acara launching virtual ini, akan banyak rangkaian kegiatan lain yang tidak kalah menariknya. Supaya tidak ketinggalan informasinya, ikuti terus Instagram @meatlessmondayindonesia dan @hipwee. Kalau kalian juga ingin mencari informasi terkait Meatless Monday Indonesia bisa langsung berkunjung saja ke laman meatlessmondayindonesia.com .

Yuk ikutan jadi bagian dari generasi mindful yang peduli dengan kesehatan tubuh dan keberlangsungan planet bumi ini bersama Meatless Monday Indonesia dan Hipwee~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day