Sekarang ini perkembangan zaman diikuti pula dengan kemajuan teknologi. Tidak heran kebutuhan akan informasi yang berbasis digital, seperi visual dan teks semakin diperlukan. Kedua item itu merupakan ‘garda terdepan’ untuk menyampaikan informasi dengan tujuan menyampaikan suatu pesan tertentu. Ditambah lagi bukan rahasia umum jika internet menjadi wadah untuk menyampaikan pendapat dengan bebas.

Saat ini kebebasan berpendapat di internet menjadi salah kaprah. Bagi generasi muda, internet menjadi media yang sangat berpengaruh. Mulai dari mencari informasi yang up to date atau hanya mau nyinyir di akun haters artis, menjadi  kebutuhan bagi mereka yang disebut sebagai netizen. Untuk itu, generasi muda sebaiknya bisa menyaring mana saja informasi yang baik dan memberi dampak positif bagi mereka. Jangan sembarang mencomot informasi mentah-mentah.

Advertisement

Sebelum menelan bulat-bulat segala informasi yang disebar secara bebas di internet. Ada baiknya sebagai netizen, kita perlu membekali diri kita mengenal pemahaman yang sebenarnya mengenai informasi di internet yakni konten.

selektif menyaring informasi via www.lifebites.bg

Dalam hal ini, salah satu hal penting yang menjadi modal dalam berselancar di internet adalah dengan mempelajari konten atau isi dari sebuah pesan yang disebarkan. Untuk itu, konten yang disiarkan melalui media internet haruslah baik dan mampu memberikan dampak positif bagi kehidupan.

Bahkan dari belajar memilih konten yang baik, kita juga bisa belajar untuk menciptakan konten sendiri lho. Selain mengasah kemampuan diri, dengan menciptakan konten kita bisa berbagi informasi sebagai manfaat untuk orang lain. Bila beruntung kita juga bisa mendapatkan keuntungan berupa materi dari sebuah konten. Buat kalian yang berminat untuk mempelajari tentang menciptakan konten, berikut adalah hal penting yang harus diperhatikan.

Advertisement

Konten yang Dibuat Mengandung Informasi yang Dibutuhkan Orang

Hal terpenting dalam membuat konten adalah mengandung isi yang bermanfaat dan memang dibutuhkan sama banyak orang. Misalnya tips, tutorial, ataupun yang sifatnya news timeless. Kiranya apa yang ingin kita bagikan itu memiliki nilai untuk orang lain.

Jangan Mengincar Viralitas

Nah, yang ini juga tak kalah penting! Konten yang kamu buat harus melewati serangkaian filter, jangan mencari viralitas aja. Apalagi dengan membuat konten hoax yang mengandalkan judul super bombastis. Memang betul dengan membuat konten yang sifatnya bombastis dapat menaikan pamor. Namun tetap harus hati-hati, sebab perlu diingat bahwa saat ini pelanggar terhadap UU ITE sudah diawasi lho.

Belajar dengan Content Creator

Datang yuk!

Penting sekali untuk mempelajari sesuatu langsung dari sumbernya. Dari pada salah kaprah, yuk mending kita belajar dari si empunya. Minta saran-saran serta masukan, kalau bisa minta latihan langsung dengan Content Creator. Tentu duduk bersama Yusuf Arifin dan Nendra Primonik, yang masing-masih merupakan orang dibalik layar pengisi konten berkulitas dari media Kumparan dan Hipwee bakalan nasih kita banyak ilmu seputar content di dunia digital.

Kita bisa ketemu dengan orang-orang kece ini cuma di December Content Conference (DCC) yang diadain sama mahasiswa Falkultas Komunikasi Mercu Buana ini bakalan bermanfaat banget. Bukan cuma bertemu dan dengerin mereka ngejelasin, kita juga latihan dengan membuat konten yang berkualitas dan kreatif. Yuk langsung samperin mereka di Universitas Mercu Buana Kampus Meruya (Jalan Meruya Selatan No.1, Joglo, Kembangan), hari Kamis, 14 Desember 2017. Jangan lupa daftar dulu ya, karena seat terbatas!

Mau tahu lebih lengkapnya, langsung aja kepoin instagram dcconference.

See you there guys!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya