Sasar Ribuan Siswa TK hingga SMA, PermataBank Gelar Edukasi Literasi Keuangan ‘CERITA’

PermataBank Gelar CERITA

Edukasi literasi keuangan menjadi hal yang sangat penting untuk diberikan sejak dini. Mulai dari anak-anak, kita perlu belajar terbiasa mengelola keuangan agar bisa memberikan manfaat di masa depan. Hanya saja, survei yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan tingkat literasi keuangan pada anak muda masih tergolong rendah.

Advertisement

Maka dari itu, selain melalui pendidikan formal, edukasi literasi keuangan perlu digencarkan secara non-formal oleh berbagai pihak, termasuk perbankan. Hal tersebut coba dilakukan PermataBank lewat penyelenggaraan Cinta dan Empati dari Kita (CERITA) yang menyasar ribuan TK/SD/SDLB/SMP di kota terpilih, dalam rangka hari jadi ke-19.

CERITA merupakan bagian dari perayaan ulang tahun PermataBank sekaligus mendukung bulan Inklusi Keuangan

Edukasi literasi keuangan CERITA | (dok. PermataBank)

CERITA merupakan kegiatan edukasi literasi keuangan yang dijalankan PermataBank melalui PermataHati CSR dengan melibatkan Employee Volunteers (EVO) di berbagai kota di Indonesia. Bagian dari rangkaian perayaan hari jadi PermataBank ke-19 ini digelar sekaligus untuk mendukung bulan Inklusi Keuangan yang digagas oleh OJK yang jatuh setiap Oktober, dan kampanye “Ayo Menabung” dari Bank Indonesia (BI).

Kegiatan edukasi literasi keuangan yang mendapat dukungan dari Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) ini dibuka di Pontianak, Kalimantan Barat dan berlangsung secara daring maupun luring pada 13 – 29 Oktober 2021 di 59 titik wilayah PermataBank.

Advertisement

Dijelaskan pula kalau kegiatan ini merupakan wujud aktif employee tourism dari karyawan PermataBank yang telah diselenggarakan sejak tahun 2016. Sejauh ini, CERITA sudah membina lebih dari 26.000 siswa TK hingga SMA, termasuk SLB. Materi yang diberikan saat edukasi literasi digital ini dikemas dengan mudah, komprehensif, dan sesuai tingkat usianya. Kesempatan ini juga menjadi kesempatan PermataBank untuk memperluas jangkauannya.

“Saya sangat senang PermataHati CSR dapat kembali menyelenggarakan CERITA yang menjadi kesempatan bagi PermataBankers untuk memperluas jangkauan dalam menyebarkan literasi keuangan secara berkelanjutan kepada para generasi penerus bangsa. Hal ini sejalan dengan misi kami untuk terus membuat perubahan yang berarti, serta menjadi bank pilihan bagi seluruh nasabah dan pemangku kepentingan.” kata Direktur Utama PermataBank Chalit Tayjasanant melalui keterangan tertulis, Senin (18/10).

Kegiatan CERITA di setiap kota dipimpin oleh jajaran Direksi PermataBank di 59 TK sampai SMA

Advertisement

CERITA dihadiri jajaran direksi PermataBank | (dok. PermataBank)

Kegiatan CERITA diselenggarakan di 59 TK-SMA terpilih yang tersebar di berbagai pulau, mulai dari Jakarta, Bali, hingga Jambi. Di setiap kota, CERITA akan dipimpin oleh jajaran direksi PermataBank, di antaranya Direktur Hukum & Kepatuhan, Dhien Tjahajani dan Direktur Wholesale Banking, Darwin Wibowo. Melalui kegiatan ini, PermataBank diharapkan tidak hanya memberikan pelayanan keuangan, tetapi juga memperluas edukasi literasi keuangan.

“Kehadiran kantor cabang PermataBank yang tersebar di berbagai kota di Indonesia diharapkan tidak hanya dapat memberikan pelayanan keuangan, tetapi juga memberikan kontribusi bagi masyarakat sekitar untuk memperluas edukasi literasi keuangan.” kata Head of Network PermataBank, Eddie Sajoga.

Menyambut baik kegiatan CERITA, Ketua Otoritas Jasa Keuangan Kalimantan Barat Maulana Yasin berharap inisiatif penting ini dapat dilaksanakan di lebih banyak daerah lagi ke depannya. Maulana juga mengapresiasi kemampuan PermataBank menyelenggarakan kegiatan CERITA secara daring dan luring sebagai bentuk adaptasi terhadap kondisi.

“Saya harap program ini dapat terus disebarluaskan ke lebih banyak lokasi lagi untuk dapat memberikan banyak manfaat kepada ribuan pelajar di Indonesia, sekaligus untuk menanamkan kebiasaan menabung serta manajemen keuangan lainnya,” kata Maulana.

Ke depannya, PermataBank melalui Permatahati CSR akan terus memperkuat posisi dan berinovasi melalui berbagai rangkaian program tanggung jawab sosial yang difokuskan pada tiga pilar utama, yaitu education, empowerment, dan enhancement. Selain CERITA yang mengusung pilar education, PermataHati juga memiliki program bertajuk PermataBankir Cilik, PermataBRAVE, dan PermataYouthPreneur.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

CLOSE