Sebanyak 74 Kontrak Ekspor Berhasil Diraih dalam UMKM Expo(rt) BRIlianpreneur 2020

UMKM Expo(rt) BRIlianpreneur 2020

Alih-alih menghambat, pandemi Covid-19 nyatanya memicu semangat yang malah membuka makin banyak pintu kesempatan untuk bertahan dan berkembang. Bank BRI jadi salah satu yang membuktikan hal tersebut, melalui kesuksesan acara UMKM Expo(rt) BRIlianpreneur 2020 yang tahun ini digelar secara hybrid dengan memadukan pameran usaha UMKM secara virtual dan on-ground.

Advertisement

Meski diselenggarakan dengan cara yang baru sejak tanggal 1 hingga 13 Desember 2020, UMKM Expo(rt) BRIlianpreneur 2020 berhasil menghadirkan 104.755 pengunjung virtual dan ratusan pengunjung offline dengan protokol kesehatan ketat. Tapi yang nggak kalah membanggakan, acara ini berhasil meraih 74 kontrak ekspor atau pembelian barang UMKM dari total 99 calon pembeli Amerika, Uni Eropa, Timur Tengah, Jepang, dan Australia senilai total 57,5 juta dolar Amerika.

UMKM Expo(rt) BRIlianpreneur 2020 catat peningkatan signifikan pembelian produk UMKM dibanding tahun lalu

Direktur Utama Bank BRI, Sunarso dalam acara puncak UMKM Expo(rt) BRIlianpreneur 2020 di JCC, Jakarta, Minggu (13/12/2020) (Foto: Luthfi Rahmadian/Hipwee) via www.hipwee.com

Direktur Utama Bank BRI, Sunarso mengatakan prestasi yang dicatatkan UMKM Expo(rt) BRIlianpreneur 2020 bukan saja dari sisi pengunjung dan kontrak ekspor, melainkan juga dari sisi pembelian produk UMKM selama acara berlangsung. Pada gelaran tahun ini transaksi pembelian produk UMKM secara online melalui Indonesia Mall dan pre-order tercatat meningkat secara signifikan dari Rp1,1 miliar di tahun lalu menjadi Rp3,1 miliar di tahun ini.

“Hikmah yang kita dapatkan dari pandemi salah satunya adalah tidak menyurutkan semangat UMKM untuk terus berinovasi dan dan bahkan memperbaiki kualitas yang membuat UMKM Indonesia semakin tangguh. Pembelian produk UMKM meningkat hampir tiga kali lipat dari tahun 2019 dan para buyers mancanegara yang didatangkan secara virtual berhasil menandatangani 74 kontrak pembelian dengan total dealing amount 57,5 juta dolar Amerika,” kata Sunarso dalam acara puncak UMKM Expo(rt) BRIlianpreneur 2020 di JCC, Jakarta, Minggu (13/12/2020).

Advertisement

Adapun UMKM yang berhasil mendapatkan kontrak ekspor di antaranya Els Coffee, Bluberry Guitars, Digidoy, Lampu Runa, JC’s Pottery, Indo Risakti, Abon Cap Koki, Wastraloka, Siger Jaya Abadi, Galeri Alekot, dan Wisanka. Sunarso menegaskan ini merupakan bukti nyata kalau Bank BRI telah berhasil memberdayakan UMKM binaannya untuk naik kelas dan Go Export.

Nggak hanya pameran, UMKM Expo(rt) BRIlianpreneur 2020 juga beri penghargaan kepada 9 UMKM yang terlibat

(dok. Bank BRI) via www.hipwee.com

Nggak hanya menggelar pameran dan memberikan berbagai pelatihan, UMKM Expo(rt) BRIlianpreneur 2020 juga memberikan satu bentuk apresiasi melalui kompetisi penghargaan kepada para UMKM yang terlibat. Terdapat tiga kategori penghargaan yang diberikan kepada peserta UMKM Expo(rt) BRIlianpreneur 2020, yaitu Best UMKM Expo, Best Business Matching, dan program akselerasi bisnis BRI yakni Pengusaha Muda BRIlian 2020. Setelah melalui penilaian ketat sejak kegiatan dimulai, UMKM Expo(rt) BRIlianpreneur 2020 mengumumkan sembilan UMKM penerima penghargaan dari tiga kategori tersebut.

Untuk kategori Best UMKM Expo, pemenang pertama diraih oleh Kata Oma, disusul Restu Mande, dan Kultiva.co. Sementara untuk kategori Best Business Matching, PT Arung Jaya Perdana menduduki posisi pertama disusul PT Pelangi Indonesia, dan PT SUNandSAND. Sedang untuk kategori Pengusaha Muda BRIlian 2020, Naruna Ceramics dari Semarang meraih posisi pertama, disusul oleh Havila Tea dari Bandung, dan Munofolk dari Bandung.

Founder Naruna Ceramics: UMKM Expo(rt) BRIlianpreneur 2020 adalah business school yang efektif untuk pengusaha muda

(Foto: Luthfi Rahmadian/Hipwee) via www.hipwee.com

Founder Naruna Ceramics, Oka mengatakan nggak menyangka bisa memenangkan penghargaan Pengusaha Muda BRIlian 2020. Kendati demikian, ia mengaku ini merupakan buah keseriusan dalam mengikuti program UMKM Expo(rt) BRIlianpreneur 2020, yang baginya sudah seperti sekolah bisnis yang sangat membantu untuk pengusaha muda dengan mentor ahli di bidang masing-masing.

“Acara seperti ini sangat membantu dan perlu digelar sesering mungkin. Kalau istilah saya, ini sudah kayak business school untuk pengusaha muda meng-create bisnis dengan arah yang benar, mulai dari awal pondasinya gimana, di tengah manajemennya gimana, dan di ujung marketingnya gimana,” terang Oka kepada Hipwee, Minggu (13/12/2020).

Meski menjadi juara pertama, Oka mengatakan Naruna Ceramics ke depannya akan melakukan penataan ulang dari segi bisnis, karena kegiatan UMKM Expo(rt) BRIlianpreneur 2020 baginya masih merupakan dasar.

Ajeng Respati, Founder Havila Tea(Foto: Luthfi Rahmadian/Hipwee) via www.hipwee.com

Sementara itu, Ajeng Respati dari Havila Tea sebagai pemenang kedua dalam kategori Pengusaha Muda BRIlian 2020, mengatakan penghargaan yang mereka raih dalam UMKM Expo(rt) BRIlianpreneur 2020 akan jadi semacam amunisi untuk mengedukasi teman-teman UMKM khususnya di Kota Bandung. Bagi Ajeng, kegiatan semacam ini bukan perkara berapa hadiahnya, melainkan soal ilmu yang dapat mengembangkan pribadi dan perusahaan.

“Banyak teman-teman (UMKM) yang mau ikutan kegiatan UMKM Expo(rt) BRIlianpreneur 2020. Kita nanti akan cerita ke teman-teman, selama ikut kegiatan ini kita dapat apa aja, agar mereka bisa terpacu untuk UMKM yang naik kelas,” jelas Ajeng.

Adapun untuk kategori Pengusaha Muda BRIlian 2020, pemenang pertama mendapatkan hadiah uang tunai Rp200 juta, juara dua Rp150 juta, dan juara tiga 100 juta. Sementara untuk kategori Best Business Matching, juara pertama mendapatkan uang Rp50 juta, juara dua Rp30 juta, dan juara tiga Rp20 juta. Sedang untuk kategori Best UMKM Expo, juara pertama mendapatkan Rp20 juta, juara kedua Rp15 juta, dan juara ketiga 10juta. Secara umum penilaian dewan juri didasarkan kepada jumlah transaksi, nilai Rp transaksi, dan nilai kurasi produk.

Ke depannya Bank BRI berkomitmen akan terus menggelar acara serupa demi mendorong pelaku UMKM Indonesia naik kelas, dan akan menargetkan lebih banyak UMKM dan potential buyers internasional.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE