Tomat itu buah atau sayuran sih?

Kalau disebut buah, tomat lebih sering ada di rak sayur saat kita belanja di supermarket. Tomat juga sering jadi bahan baku masakan utama layaknya sayur dalam sup, saus, dan lain-lain. Tapi kalau disebut sayur, tomat bisa dimakan begitu saja tanpa diolah. Kalau kita ke tukang jus, ada juga jus tomat.

Kalau ibaratnya manusia, tomat adalah sosok yang mengalami krisis jati diri. Sebagian besar orang memahami tomat sebagai sayur. Tapi secara keilmuan, sebenarnya tomat adalah buah. Sama seperti apel, jeruk, anggur, dan durian. Wah, kok bisa? Penasaran?! Langsung simak penjelasan Hipwee News & Feature kali ini.

Polemik ini bukan bercandaan. Saking membingungkannya, perdebatan ini sampai pernah dibawa ke pengadilan

Gara-gara masalah pajak, akhirnya di Amerika tomat ditetapkan sebagai sayuran pada tahun 1893 via www.linkedin.com

Seperti perdebatan mana yang lebih duluan antara ayam dan telur, perdebatan tomat itu sayuran atau buah juga serius. Saking seriusnya, pada abad ke-19, kasus ini sampai masuk ke meja pengadilan. Perdebatan apakah tomat itu sayuran atau buah dibawa ke meja hijau Pengadilan Tinggi Amerika Serikat oleh seorang pengimpor buah bernama John Nix. Gara-gara peraturan khusus terhadap sayuran impor yang terkena pajak 10% pada masa itu, Nix berargumen bahwa tomat adalah buah sehingga harusnya bebas pajak.

Advertisement

Tapi gugatan itu gagal dan pengadilan justru secara bulat menetapkan tomat sebagai sayuran karena penggunaannya lebih mirip dengan sayur-sayuran lain. Jadi kalau dilihat dari satu-satunya jejak hukum yang ada, tomat itu sayuran. Paling tidak menurut hukum Amerika.

Sebenarnya secara keilmuan, buah dan sayuran itu cukup mudah dibedakan. Cuma ya setelah dimakan dan diolah, ternyata malah banyak yang jadi ambigu

Banyak perbedaan antara sayur dan buah. Seperti yang kita tahu buah berasal dari tumbuhan yang mengandung biji. Dari biji, tanaman berkembang kemudian berbunga. Dari indung telur bunga tersebut, berkembanglah buah yang kita makan selama ini. Sementara itu, sayuran adalah segala bagian dari tumbuhan yang bisa dimakan. Misalnya daun, batang, dan akar.

Dari biji maka tumbuhlah mangga, melon, apel, dan buah-buahan lainnya. Sementara dari daun jadilah kangkung dan sawi. Dari akar jadilah kentang dan wortel, dan dari batang jadilah seledri dan brokoli. Nah secara teknis, tomat itu memang buah. Tapi kalau dilihat dalam konteks sehari-hari, malah jadi ambigu.

Secara ilmu botani, tomat memang buah. Tapi secara ilmu kuliner, tomat adalah sayuran. Meski sudah ada putusan pengadilan, tapi sebenarnya sah-sah saja pendapatnya berbeda

Ada bijinya via commons.wikimedia.org

Setelah mengulang sekilas pejalaran IPA zaman SD, lalu apa keputusan pengadilan terhadap nasip tomat? John Nix yang memahami ilmu botani memberikan penjelasan masuk akal bahwa tomat memiliki dan berasal dari biji. Pendapat ini diterima oleh pengadilan. Akan tetapi, ditinjau dari segi kuliner, pengadilan memutuskan tomat adalah sayur. Karena tomat umumnya disajikan sebagai bagian dari bahan-bahan santapan makan.

Jadi, tomat bagaikan seseorang yang punya dua kewarganegaraan. Sayur atau buah, bisa dibilang keduanya sama-sama benar.

Nasib yang sama juga menimpa mentimun, kacang polong, dan labu. Identitasnya sering disalahpahami

Labu juga buah via www.countryliving.com

Sebagian besar orang berpikir bahwa kacang polong adalah sayur, karena fungsinya lebih sering dijadikan bahan sajian makan. Tapi sesungguhnya, kacang polong adalah buah, karena berasal dari biji yang berkembang. Sementara mentimun juga mengalami hal yang sama. Dikiran sayuran, padahal masuk keluarga buah-buahan. Begitu juga dengan labu manis. Meski strukturnya keras dan harus dimasak dulu sebelum dimakan, labu manis termasuk golongan buah-buahan.

Berbeda lagi kalau kita membicarakan jamur. Nggak lupa ‘kan kalau jamur sama sekali bukan tanaman?

Bukan buah ataupun sayuran via food.detik.com

Beda sayur dan buah, berbeda lagi dengan jamur. Sebagai bahan makanan, jamur sering dimasak sebagai sup, tumis, dan menu-menu makanan lainnya. Namun jamur bukanlah anggota keluarga sayuran, apalagi buah. Hayo, masih ingat kan pelajaran IPA ini? Selain animalia (hewan) dan plantae (tumbuhan), ada kingdom kelima yaitu fungi yang diperuntukan bagi beraneka jenis jamur. Baik jamur kuping, jamur kancing, dan jamur-jamur yang beracun bila di makan, semuanya masuk ke dalam kategori ini.

Bila kita membagi dua kelompok besar antara sayuran dan buah-buahan, maka ada satu wilayah irisan yang ditempati oleh tomat. Secara ilmu botani, tomat adalah buah. Sementara secara politis dan fungsi, tomat adalah sayur. Mana yang lebih benar, tergantung pendapatmu saja. Paling nggak kamu tahu alasannya kenapa disebut sayur atau buah, nggak sembarangan ngomong.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya