Punya binatang peliharaan memang bisa jadi moodbooster tersendiri bagi sebagian orang. Bahkan berdasarkan penelitian, berinteraksi dengan hewan kesayangan terbukti bisa meningkatkan empati dan menurunkan risiko penyakit jantung. Banyak orang yang kalau terlanjur sama hewan peliharaan, bakal melakukan apapun untuk mereka, termasuk memberi jatah makanannya untuk si hewan. Apalagi kalau peliharaannya itu udah pasang muka memelas, bikin mereka nggak tega!

Padahal, nggak semua makanan manusia akan baik-baik saja kalau dimakan hewan peliharaanmu lho. Justru kalau asal diberikan bisa membuat mereka keracunan bahkan komplikasi! Ini karena ada bahan-bahan yang terkandung dalam makanan kita, yang nggak cocok buat mereka. Apa saja sih makanan yang pantang diberikan ke hewan peliharaan? Simak deh ulasan Hipwee News & Feature berikut ini.

Advertisement

*Dalam kasus ini kita akan lebih fokus pada anjing dan kucing ya, karena dua binatang ini termasuk yang paling sering dipelihara manusia.

1. Cokelat memang bisa jadi camilan enak yang mudah didapat. Tapi hal itu nggak berlaku bagi anjing atau kucing ya. Mereka malah bisa muntah kalau makan ini

Cokelat berbahaya via www.rd.com

Cokelat bisa berbahaya buat anjing dan kucing karena mengandung senyawa teobromin, yang mirip kafein. Banyaknya kandungan ini tergantung jenis cokelatnya. Tapi sedikit atau banyak tetap aja teobromin bisa berbahaya karena bisa berdampak buruk buat organ jantung, usus, sistem saraf pusat, dan ginjalnya. Efeknya akan dirasakan 4 sampai 24 jam setelah anjing atau kucingmu makan cokelat. Biasanya mereka akan muntah, diare, gelisah, bahkan kejang.

2. Zat yang terkandung dalam cokelat juga ada di dalam kopi. Jadi jangan sampai peliharaanmu nggak sengaja meminum sisa kopi di gelasmu

Jauhkan dari kopi via phz8.petinsurance.com

Senyawa teobromin tadi juga terdapat di dalam kopi. Mungkin kalau jumlahnya nggak banyak nggak akan berpengaruh apapun. Tapi kalau sampai peliharaanmu mengunyah segenggam biji kopi, itu bisa berbahaya. Efek yang dihasilkan mirip kalau mereka memakan cokelat.

3. Bumbu-bumbu dapur kayak bawang bombay, bawang putih, dan bawang merah juga patut dijauhkan dari jangkauan anjing atau kucingmu

Begitupun dengan bawang-bawangan via pets.webmd.com

Advertisement

Meski mungkin hewan peliharaanmu nggak menyukai aroma bumbu-bumbu dapur, tapi nggak menutup kemungkinan mereka tak sengaja menelannya, kalau kamu menaruh atau membuang sembarangan. Bawang-bawangan misalnya, kalau sampai tertelan, bisa mengiritasi perut dan usus anjing atau kucingmu. Bahan-bahan ini juga biasanya ada di makanan kayak pizza, roti, dan lain-lain. Jadi hati-hati ya.

4. Tiap kali makan burger, kentang, atau makanan berlemak lainnya, seringkali anjing dan kucing kita memelas buat dibagi sepotong. Tapi kamu harus tega nggak bagi!

No junkfood! via phz8.petinsurance.com

Kamu pasti sering dihampiri anjing atau kucingmu setiap kali makan sesuatu, apalagi kalau itu yang berlemak dan aromanya menggoda, kayak burger, kentang, atau sandwich. Meskipun nggak beracun, tapi makanan-makanan ini bisa membuat peliharaanmu muntah, diare, dan menimbulkan masalah di pankreas dan sistem pencernaan.

5. Makanan sisa yang udah berjamur sama bahayanya kalau dimakan manusia atau hewan, termasuk anjing atau kucing. Jadi hati-hati membuangnya, biar nggak dimakan hewan kesayanganmu

Makanan berjamur via articles.mercola.com

Mungkin kamu nggak akan sejahat itu sama anjing atau kucingmu, dengan memberi mereka makanan berjamur. Tapi kamu tentu nggak bisa 24 jam mengawasi semua yang mereka makan, ‘kan? Bisa jadi karena kamu membuang makanan berjamurmu sembarangan, peliharaanmu jadi nggak sengaja memakannya. Padahal semua orang juga tahu kalau makanan berjamur pasti beracun.

6. Anggur dan kismis mengandung zat berbahaya yang bisa meracuni anjing dan kucing, meskipun termakan dalam jumlah sedikit

Jauhkan dari anggur dan kismis via pets.webmd.com

Jangan sekali-kali memberi makan anggur atau kismis untuk hewan peliharaanmu. Karena ini bisa menyebabkan fatalnya organ ginjalnya. Mereka bisa menggigil dan turun nafsu makan. Bahkan kalau parah, mereka bisa gagal ginjal dan berujung kematian.

7. Kalau di film-film kartun, anjing seringkali diberi makan tulang utuh yang ukurannya segede paha manusia. Padahal itu bisa membahayakannya lho

Padahal bisa bahaya via keepthetailwagging.com

Mungkin kelihatannya oke-oke aja memberi anjing atau kucing tulang-tulang sisa. Tapi hati-hati karena peliharaanmu bisa tersedak. Atau mungkin melukai giginya karena tekstur tulang yang keras. Kalau ia menelan sebongkah tulang yang masih keras, itu bisa melukai organ dalamnya. Apalagi kalau memakan dalam jumlah besar, anjing kucingmu bisa konstipasi. Kasihan, ‘kan…

8. Begitu juga dengan susu. Kayaknya kelihatan sehat gitu kalau memberi susu buat kucing atau anjing padahal justru bisa bikin mereka menderita

Jangan sembarangan ngasih susu via www.shutterstock.com

Pasti kamu sering ingin berbaik hati sama peliharaanmu dengan memberinya susu. Padahal semakin tua, mereka akan semakin sensitif sama laktosa yang terkandung dalam susu. Nggak cuma susu, tapi juga semua jenis minuman atau makanan yang mengandung susu kayak yogurt dan keju. Hati-hati ya karena produk ini bisa bikin peliharaanmu malah diare.

Mungkin selama ini tujuan kita sebagai manusia baik ya, yakni memberi makan anjing atau kucing kesayangan biar mereka senang. Tapi kan mereka nggak bisa ngomong, jadi kalau makanan itu memberi dampak buruk ke tubuh mereka ya nggak bisa cepat kita sadari, apalagi kalau kitanya nggak peka. Jadi mulai sekarang mending hati-hati aja deh, jangan sembarang makanan kita kasih ke hewan peliharaan tersayang ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya