Setelah teori menjelaskan bahwa bumi berbentuk bulat diyakini selama ribuan tahun lamanya, muncul teori baru yang mengatakan bahwa bumi itu datar. Belum selesai perdebatan tentang hal itu, teori tentang bentuk bumi yang baru lagi-lagi muncul. Kali ini, bumi diperkirakan punya bentuk yang unik yaitu berbentuk donat. Kalau seperti donat, maka menurut orang yang percaya dengan teori itu, ada lubang di tengah bumi dong~

Membicarakan tentang teori bentuk bumi sih nggak akan ada habisnya deh. Setiap penganut kepercayaan pasti menganggap teorinya paling benar didasari dengan bukti-bukti yang sudah dikumpulkan. Tapi, buat orang yang nggak paham dan nggak mengikuti perdebatan ini, teori-teori tersebut rasanya sih sulit dipahami. Yuk kenali konsep teori-teori bentuk bumi bersama Hipwee News & Feature. Biar saling paham kenapa mereka semua saling mempertahankan pendapatnya.

1. Teori kalau bumi itu bulat adalah teori yang dipercaya selama ribuan tahun, hingga saat ini. Melalu berbagai bukti ilmiah, bumi dipercaya punya bentuk seperti bola yang pejal

Bumi bentuknya bulat dengan kutub utara dan selatan di porosnya. via factfinder.wikia.com

Advertisement

Teori kalau bumi bentuknya bulat memang sudah dicetuskan sejak lama sekali, yaitu tahun 600 SM. Dengan berbagai bukti ilmiah, akhirnya teori ini dipercayai hingga saat ini. Bahkan, foto bumi dari luar angkasa menunjukkan kalau bumi itu bulat lho. Yang paling nyata sih kalau sedang gerhana bulan. Dikutip dari Popular Science, saat itu ‘kan bulan tertutup bayangan bumi, nah bayangan bumi tersebut bentuknya bulat lho. Biar orang-orang nggak jatuh, maka ada gaya gravitasi bumi deh. Sebenarnya, teori tentang bumi bulat ini paling banyak pembuktiannya secara ilmiah. Nggak kayak teori lain yang kebenarannya masih diragukan~

2. Teori bumi datar percaya kalau bumi bentuknya seperti piringan dengan dinding es disekelilingnya. Ada yang percaya kalau bagian bawahnya adalah batuan

Penganut bumi datar menganggap gambar bumi yang bulat di internet itu bohongan. via s4league.aeriagames.com

Terus ada yang klaim yang mengejutkan dan kontroversial dari mereka yang percaya kalau bumi itu bentuknya datar. Bahkan jumlah pengikut aliran atau paham ini cukup banyak lho. Sampai-sampai di internet ada Flat Earth Society, sebuah komunitas buat orang penganut bahwa bumi itu datar. Dilansir dari Live Science, menurut mereka, bumi bentuknya kayak piring datar. Biar air nggak tumpah kemana-mana, ada dinding es yang tinggi di sekelilingnya. Dinding es ini sulit dipanjat biar orang nggak jatuh. Ada yang percaya kalau bagian bawah piringan terbuat dari batuan. Mereka juga nggak setuju sama teori gaya gravitasi. Tapi, teori mereka juga masih diragukan dan belum banyak pembuktian yang ilmiah.

3. Sedangkan teori tentang bumi donat percaya kalau karena benturan dengan benda lain, bagian tengah bumi jadi berlubang dan mirip donat

Bumi punya lubang di bagian tengahnya. via www.youtube.com

Ini nih teori soal bentuk bumi terbaru yang bikin heboh orang sedunia. Katanya, bumi memiliki lubang di tengah akibat benturan dengan benda lain. Tapi sebagaimana dilansir dari Kompas, bentuk bumi yang mirip donat seperti ini sebenarnya cuma bertahan maksimal 100 tahun. Setelah itu, bumi akan kembali ke bentuknya yang bulat. Penasaran ‘kan kok lubangnya nggak keliatan. Nah katanya sih karena cahaya mengikuti lengkungan pinggir donat sehingga bagian yang berlubang tertutup. Tapi memang teori ini terkesan belum matang sih. Banyak pertanyaan yang jawabannya belum memuaskan, misalnya soal konsep siang dan malam serta cuaca. Kalau bumi bentuknya donat kan sinar matahari jadi nggak rata. Itu bikin cuaca dan musim jadi nggak menentu. Aneh ‘kan~

Advertisement

Jadi, sudah tahu kan aneka jenis teori bentuk bumi. Menurut kamu, mana nih yang paling masuk akal?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya