Siap-siap, Gerhana Bulan Total Bisa Disaksikan Seluruh Indonesia 8 November 2022 Nanti!

Fenomena langit masih jadi momen menarik untuk disaksikan sebagian besar orang. Semakin menarik kalau fenomena tersebut bisa diamati oleh banyak wilayah juga. Seperti yang akan terjadi pada 8 November 2022 mendatang, akan ada fenomena gerhana bulan total yang bisa kamu saksikan di seluruh wilayah Indonesia.

Advertisement

Seperti yang dikatakan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gerhana bulan adalah peristiwa yang terjadi saat cahaya matahari terhalangi oleh bumi sehingga nggak semua cahaya tersebut menyinari bulan. Gerhana bulan total terjadi saat posisi bulan, matahari, dan bumi sejajar. Saat fenomena tersebut berlangsung, bulan akan terlihat berwarna merah.

Untuk gerhana bulan total yang akan terjadi dalam waktu dekat, BMKG telah merinci sejumlah informasi. Yuk, simak di bawah ini!

Gerhana bulan total ini jadi gerhana bulan terakhir di tahun 2022 dan bisa disaksikan seluruh Indonesia. Siap-siap, guys!

Gambar gerhana | Photo by Jesper Kronholm on Unsplash

Dua bulan menjelang akhir tahun 2022, kita bisa bersama-sama menyaksikan salah satu fenomena alam, yaitu gerhana bulan total. Fenomena ini bakal terjadi pada tanggal 8 November 2022 nanti. Menurut situs resmi BMKG, gerhana bulan total akan mulai pada pukul 17.16 WIB dan puncaknya pada pukul 17.59 WIB. Sementara itu, keseluruhan proses gerhana bulan akan berakhir pada pukul 20.57 WIB. BMKG merinci bahwa gerhana bulan total 8 November 2022 nanti akan berlangsung selama 1 jam 25 menit.

Advertisement

Selain wilayah Indonesia, beberapa negara lainnya juga diketahui bisa menyaksikan gerhana bulan total ini. Masih dari situs yang sama, seluruh proses gerhana bulan total dapat diamati di Selandia Baru, sebagian kecil Australia, sebagian besar Jepang, sebagian kecil Cina, sebagian Rusia dan AS, dan sebagian besar Kanada.

Tenang, kamu nggak butuh peralatan khusus untuk menyaksikan gerhana bulan total kali ini. Cukup arahkan pandangan ke sudut terbit dan tenggelamnya bulan, pasti kelihatan kok

Proses gerhana | Photo by Sanni Sahil on Unsplash

Beberapa fenomena astronomi memang butuh peralatan khusus agar bisa menyaksikan objeknya dengan lebih jelas. Misalnya saja gerhana matahari. Namun untuk gerhana bulan total 8 November nanti, kamu bisa menyaksikannya secara langsung alias nggak perlu bantuan alat apapun dan aman kok. Kecuali kalau kamu ingin mengabadikan momen ini dengan lebih detail seperti menyaksikan perubahan detail bulan yang mengesankan dari proses gerhana tersebut, kamu bisa memakai teropong khusus.

Sepanjang tahun 2022, total sudah ada 4 kali gerhana. Satu-satunya gerhana yang bisa diamati dari Indonesia yaitu gerhana bulan total kali ini

Gerhana bulan | Photo by Mark Tegethoff on Unsplash

Advertisement

Meskipun sebelumnya sudah pernah terjadi fenomena gerhana bulan total di tahun 2022, gerhana bulan total kali ini tetap terhitung spesial karena akhirnya bisa disaksikan seluruh Indonesia. BMKG merinci ada empat kali gerhana yang terjadi sepanjang tahun 2022. Dua kali gerhana matahari sebagian dan dua kali gerhana bulan total.

Pertama, gerhana matahari sebagian terjadi pada 30 April 2022 dan nggak bisa disaksikan dari Indonesia. Kedua, gerhana bulan total pada 16 Mei 2022 juga nggak bisa diamati dari Indonesia. Begitu juga halnya dengan gerhana matahari sebagian yang terjadi pada 25 Oktober 2022.

Barulah gerhana bulan total pada 8 November 2022 nanti dapat diamati dari Indonesia. Nah, jangan sampai kelewatan ya, SoHip!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE