Sosok Budi Setiawan Sebenarnya, Pria Berponi Uhuy yang Katanya Bisa Hasilkan 1.000 USD dalam 2-3 Jam

Siapa Budi Setiawan

“Jutaan orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka bisa menghasilkan 1.000 USD sehari tanpa meninggalkan rumah, dan Anda adalah salah satu dari mereka,” kata Budi Setiawan dalam iklan trading saham.

Advertisement

Belakangan ini Budi Setiawan jadi perbincangan hangat. Sebab, dia membintangi iklan trading alias jual beli saham di internet. Iklan berdurasi 2,5 menit itu jadi viral karena mengandung sejumlah aspek yang janggal. Bintang iklan utamanya mengaku bernama Budi Setiawan. Di awal video, pria ini muncul dengan setelan jas yang rapi. Tampaknya dia berusaha mencirikan sosok anak muda yang sukses. Sebab nggak lama kemudian, dia mengaku bisa menghasilkan 1.000 USD dalam sehari tanpa keluar rumah.

Dengan penghasilan sebesar itu, tentu saja pekerjaan Budi bukanlah pemelihara tuyul. Dia adalah seorang trader saham yang profesional di perusahaan investasi bernama Binomo. Bahkan dia bisa kaya raya dalam waktu setahun! Karena nggak mau sukses sendirian, Budi pun mengajak orang-orang lain untuk bergabung dalam usahanya. Namun, apakah betul semua hal yang dikatakan oleh Budi? Atau sebetulnya semua itu hanya isapan jempol? Mari kita bahas satu per satu.

Budi Setiawan mengaku bisa menghasilkan 1.000 USD alias 14 juta rupiah dalam sehari. Itu jumlah yang luar biasa, apalagi kalau kita hitung penghasilan per bulan dan per tahunnya…

Budi sempat memperlihatkan caranya bekerja. Sehari-hari dia cukup membuka platform investasi Binomo, lantas melakukan jual beli saham di sana. Dari situlah kekayaannya berasal. Bahkan Budi mengaku bisa menghasilkan 1.000 USD dalam sehari, hanya dengan bekerja selama 2-3 jam!

Advertisement

Jika dikonversikan ke mata uang Indonesia, 1 USD setara dengan Rp14.000. Berarti 1.000 USD sama dengan Rp14 juta! Padahal jumlah itu bisa diperoleh Budi hanya dengan bekerja selama 2-3 jam. Bagaimana kalau dia bekerja selama 8 jam sehari? Berarti penghasilan maksimalnya per hari adalah Rp56 juta.

Mari kita bulatkan penghasilan Budi menjadi Rp50 juta per hari. Kalau dia bekerja selama 20 hari dalam sebulan, berarti penghasilan per bulannya sekitar Rp1 miliar! Jadi penghasilan per tahunnya adalah Rp12 miliar. Luar biasa banyak! Padahal penghasilan itu diperoleh Budi hanya dengan bekerja di dalam rumah.

Dengan kekayaan sebesar itu, harusnya Budi sudah masuk deretan orang kaya di Indonesia. Namun aneh juga karena namanya baru terdengar setelah membintangi iklan Binomo. Wajahnya memang muncul terus belakangan ini, tetapi dalam bentuk berbagai meme.

Advertisement

Dengan iming-iming sedahsyat itu, syukurlah warganet nggak langsung tertipu. Justru muncul keraguan dan lelucon tentang Budi Setiawan

Meme tentang Budi Setiawan via www.indomeme.id

Sejumlah warganet kaget karena iklan Binomo sering muncul saat mereka asyik menonton video YouTube. Awalnya mungkin iklan itu hanya dilewati, tetapi lama-lama ditonton juga karena penasaran. Apalagi slogan “penghasilan 1.000 USD dalam sehari” terdengar sangat menggiurkan. Di akhir video, Budi juga menekankan kalau trading saham lebih simpel dan aman daripada membuka bisnis sendiri. Nggak perlu keluar rumah pula. Siapa sih yang nggak tergiur?

Namun, warganet nggak percaya begitu saja. Sebab semua yang dikatakan Budi memang terlalu indah untuk jadi kenyataan. Bukannya tampak meyakinkan, iklan Binomo justru terkesan mencurigakan. Apalagi kalau dihitung dengan cermat, ternyata jumlah penghasilan Budi nggak realistis. Namun tetap saja iklan itu ditayangkan berkali-kali di internet. Akibatnya, warganet jadi kesal sekaligus geli. Mereka pun membuat berbagai lelucon tentang pria ini.

Setelah dikonfirmasi langsung ke orangnya, ketahuan kalau Budi Setiawan hanyalah sosok fiktif. Pemeran aslinya bernama Yosua Putra yang bekerja sebagai drummer

Yosua saat syuting sebagai Budi Setiawan via hot.detik.com

Saat diwawancara oleh Detik, Budi mengakui identitas aslinya. Ternyata dia bernama Yosua Putra. Pekerjaannya bukanlah trader saham, melainkan drummer profesional. Saat ini dia tinggal di Bali dan sudah dua tahun nge-band bersama Steven Jam. Lantas bagaimana dia bisa muncul dalam iklan Binomo sebagai trader saham yang sukses?

Yosua bercerita, iklan viral tersebut dibuat pada Agustus 2019 di Rusia. Saat itu dia datang ke Rusia untuk mengunjungi pacarnya. Namun dia nggak mempunyai banyak uang. Kebetulan ada yang menawari Yosua untuk syuting iklan Binomo dengan bayaran besar. Dia pun menyanggupi tawaran itu agar bisa membeli tiket pesawat pulang ke Indonesia. Ironis ya? Ternyata pria ini sedang bokek saat syuting sebagai trader saham yang kaya raya.

Untuk menutupi identitas aslinya, Yosua sengaja mengubah gaya rambutnya saat syuting. Dia berdandan dengan rambut belah pinggir agar nggak dikenali. Namun saat iklannya viral, teman-teman Yosua menyadari kalau itu adalah dirinya. Pelan-pelan identitas asli Yosua pun terkuak.

Dengan terbongkarnya kebohongan Yosua alias Budi Setiawan, kita patut lega sekaligus lebih kritis. Kenapa harus kritis? Sebab ternyata, mereka yang tampil sebagai orang sukses dan kaya raya di media dengan mengumbar ajakan-ajakan dan motivasi melangit bisa saja hanya akal-akalan. Di sisi lain, kita juga pantas kecewa karena Budi Setiawan ternyata hanyalah sosok fiktif. Pupus deh harapan untuk kaya raya dengan cepat dan gampang. Yuuk lanjut kerja seperti biasa lagi~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

ecrasez l'infame

CLOSE