Siberkreasi dan Kominfo Gelar Seminar Makin Cakap Digital di Pesantren Al-Fattah Pacitan

Agama di ruang digital menjadi hal yang krusial untuk menjadi perhatian. Budaya baru belajar agama di internet memerlukan kehadiran lebih banyak konten kreator keagamaan yang moderat. Karena itu Siberkreasi dan KOMINFO bekerjasama dengan AIS Nusantara menggelar program seminar dan pelatihan SANTRI MAKIN CAKAP DIGITAL di beberapa pesantren.

Acara pertama sekaligus launching serial program ini dilaksanakan di pesantren AL-Fattah, Kikil, Pacitan. Acara dibuka oleh Staf Khusus Presiden Aminuddin Ma’ruf, dan dilanjutkan dengan arahan KH. Burhanudin Hb,  pengasuh pesantren tentang pentingnya literasi digital untuk kalangan pondok pesantren.

Dihadiri banyak santri | dok. Istimewa

Seminar sendiri dihadiri oleh wakil ketua umum Siberkreasi, Romzi Ahmad dan koordinator nasional AISNU Anifa Hambali, dan Ulinnuha sebagai perwakilan content creator. Gelaran acara SMCD ini dihadiri 1000 santri yang hadir secara daring dan luring.

Hammam Fathullah, ketua panitia acara sekaligus pengasuh pesantren menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Kominfo dan Siberkreasi karena memberikan perhatian khusus kepada perkembangan literasi digital di pesantren.

Aminuddin Ma’ruf dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui program Santri Makin Cakap Digital ini, semoga terbentuk lebih banyak pendakwah keagamaan yang moderat. Di lain tempat ketua umum Siberkreasi Yosi Mokalu menyampaikan bahwa literasi digital perlu terus ditingkatkan untuk meningkatkan daya kritis masyarakat terhadap informasi apapun yang diterima dari internet.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE