Membanggakan, 4 Siswa Berusia 15 Tahun Lulus SNMPTN di Unair. Ada yang Masuk Kedokteran!

Siswa 15 tahun lulus SNMPTN 2021

Dari 1.347 siswa yang dinyatakan lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 di Universitas Airlangga (Unair), Surabaya. Ternyata ada 4 orang siswa yang menarik perhatian karena menjadi lulusan termudah SNMPTN 2021. Nggak main-main, usia mereka masih di bawah 16 tahun, lo!

Advertisement

Prestasi  yang mereka raih selama tiga tahun duduk di bangku sekolah menengah atas pun akhirnya berbuah manis. Mereka lolos sebagai mahasiswa undangan di kampus impian. Selamat~

Anak-anak hebat ini rata-rata berusia 15 tahun dan tersebar di empat fakultas yang berbeda

Keempat mahasiswaa ini termasuk mahasiswa pintar berprestasi (ilustrasi) | Credit: Robin Higgins via pixabay.com

Dikutip dari halaman resm unair.ac.id, Rektor Unair Prof. Mohammad Nasih mengatakan bahwa 4 mahasiswa termuda yang lolos dalam SNMPTN 2021 dan diterima oleh Unair rata-rata lahir pada tahun 2005. Dari keempat orang yang lolos sebagai mahasiswa baru Unair tiga di antaranya berasal dari daerah Jawa Timur, sedangkan satu orang lainnya berasal dari D.K.I. Jakarta.

Keempat mahasiswa baru tersebut  adalah Anditya Azzahra (15 tahun 9 bulan) dari Siduarjo yang lolos di Prodi Ilmu Farmasi, Fakultas Farmasi. Risqi Nabila Ramadhani (15 tahun 8 bulan) dari Ponorogo, yang lolos di Prodi Kedokteran, Fakultas Kedokteran. Hasna Azizah (15 tahun 6 bulan) dari Jakarta yang lolos di Prodi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum. Yang terakhir adalah Ainiyah Hasna Fadhillah (15 tahun 4 bulan) dari Madiun yang lolos di Prodi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Advertisement

Keempat siswa ini diterima murni karena prestasi yang membanggakan

Prof. Nasih menegaskan bahwa seluruh siswa yang diterima Unair murni dari prestasinya. Jadi, jika ada oknum yang mengaku dapat membantu seseorang untuk masuk Unair dalam proses seleksi masuk perguruan tinggi baik jalur undangan ataupun jalur ujian adalah hal yang tidak benar.

“Sampaikan kepada kmu melalui helpdesk jika ada permintaan-permintaan tertentu di luar prosedur resmi. Ini (Siswa yang lolos SNMPTN 2021 di Unair) murni dari prestasi para siswa,” tegasnya. Sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia, peserta yang mendaftar SNMPTN 2021 di Unair mencapai sekitar 18.154 siswa.

Salah satu di antara mereka, Rizqi Nabila adalah siswa berprestasi di sekolah yang mengikuti kelas percepatan alias akselerasi

Advertisement

Mereka meraih hasil ini dengan usaha dan belajar giat (ilustrasi) | Credit: Piqsel via www.piqsels.com

Dikutip dari kumparan.com diketahui bahwa Rizqi Nabila, salah satu siswa yang lolos dan diterima di Fakultas Kedokteran, Unair memang siswa yang berprestasi di sekolahnya, yaitu SMAN 1 Ponorogo. Dirinya  termasuk dalam siswa yang mengikuti program Kelompok Belajar Cepat (KBC) di SMA tersebut. Siswa yang lolos seleksi khusus akan mengikuti program ini dan bisa lulus dalam jangka waktu 2 tahun saja.

Jika ditarik mundur, ternyata Rizqi Nabila memang sudah berprestasi dari zaman SMP. Dia juga menyelesaikan pendidikan menengahnya melalui program akselerasi di MTSn 2 Ponorogo. Jadi memang sudah terbukti bahwa dirinya memang layak dan pantas diganjar sebagai salah satu peserta SNMPTN termuda terbaik karena berhasil lolos di Fakultas Kedokteran. Sebuah fakultas yang memiliki tingkat persaingan tinggi dan cukup ketat seleksinya.

Keren-keren ya SoHip prestasi mereka yang bisa lolos SNMPTN dengan usia yang masih belia. Mereka adalah contoh bahwa perjuangan tidak membohongi hasil. Rela belajar lebih keras untuk mempersingkat masa studi di sekolahnya agar bisa lebih cepat masuk universitas itu bukan perkara mudah lho. Apalagi hal tersebut dilakukan pada saat pandemi di mana menutup kemungkinan untuk melakukan sekolah dengan tatap muka.

Nah buat SoHip yang belum lulus jangan patah semangat ya! Masih banyak kesempatan lain yang bisa kamu gunakan untuk masuk ke PTN impian. Kamu masih bisa mencobanya dengan ikut SBMPTN atau ujian mandiri yang diadakan oleh PTN tersebut. Tetap semangat!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Dulu anak magang, sekarang sering uring-uringan, katanya gamers tapi nonton esportsnya aja. Suka sepak bola karena dipaksa temen, tapi suka kamu kok :')

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE