Sebagai siswa, sudah seharusnya kita menghargai setiap upaya yang dilakukan guru di sekolah untuk mendidik kita agar menjadi manusia yang lebih beradab. Tanpa guru, kita mungkin akan jadi masyarakat yang tertinggal, tanpa ilmu, tanpa pengetahuan. Tak bisa dibayangkan bagaimana kondisi suatu negara jika masyarakatnya tidak pernah bersekolah.

Namun, fakta berkata sebaliknya. Masih banyak sekali kita temui siswa-siswi yang berlaku seenaknya terhadap guru-guru mereka. Masih ingatkah kalian dengan cerita Pak Guru Joko yang di-bully murid-muridnya sendiri di dalam kelas? Videonya sempat viral beberapa waktu lalu. Kali ini kejadian murid bersikap kurang ajar ke gurunya kembali terjadi. Kabarnya peristiwa itu terjadi di sebuah SMA di Jakarta Utara.

Sebuah video banyak jadi perbincangan setelah memperlihatkan seorang siswa menenggak minuman keras di dalam kelas, padahal ada gurunya sedang mengajar

Advertisement

Seorang siswa SMA mendadak viral setelah videonya minum minuman keras (miras) di dalam kelas diunggah akun Instagram @lambe_turah. Dalam video terlihat siswa minum miras secara sembunyi-sembunyi di tengah jam pelajaran berlangsung. Saat melakukan aksinya, gurunya sedang menerangkan pelajaran sambil menulis di papan tulis.

Mau maksudnya hanya bercanda atau gimana, tapi tindakan yang dilakukan siswa tersebut jelas sangat tidak terpuji dan merendahkan profesi mulia seorang guru. Belum jelas di mana kejadian itu berlangsung, tapi kalau dari keterangan di unggahan itu, katanya terjadi di sebuah SMA di Jakarta Utara.

Viralnya video itu sudah diketahui Dinas Pendidikan wilayah Jakarta Utara. Saat ini pihaknya sedang menelusuri kebenarannya dengan berkoordinasi dengan kepala sekolah di daerahnya

Sedang ditindak Dinas Pendidikan via minews.id

Advertisement

Seperti dilansir Kompas, begitu mendengar kabar viralnya video siswa menenggak miras di kelas itu, Kasudin Pendidikan Wilayah 1 Jakarta Utara, Momon Sulaiman, langsung berkoordinasi dengan kepala sekolah di wilayahnya. Hal itu dilakukan untuk menelusuri kebenaran video tersebut, apakah memang benar terjadi di Jakarta Utara, atau di lokasi lain. Soalnya memang kurang jelas, siswa itu memakai seragam sekolah apa, mengingat durasi videonya sendiri juga sangat singkat.

Terlepas dari di mana lokasi kejadian tersebut, yang jelas perilaku siswa dalam video viral itu sangat tidak patut dicontoh

Tidak patut dicontoh via sumsel.tribunnews.com

Pertama, ia minum minuman keras yang jelas-jelas dilarang dikonsumsi karena mengandung alkohol yang tinggi. Kedua, karena ia melecehkan profesi seorang guru dengan minum miras di tengah jam pelajaran berlangsung. Padahal saat itu jelas-jelas gurunya sedang menerangkan pelajaran di depan kelas.

Kasus seperti ini jelas nggak bisa selesai hanya dengan permintaan maaf yang diunggah di media sosial. Sekalipun gurunya sudah memaafkan, tapi jejak digitalnya akan tetap ada sampai kapanpun. Tidakkah siswa itu sadar kalau suatu saat nanti, mungkin saja video viralnya itu membuatnya nggak bisa diterima kuliah atau kerja di manapun? Makanya, berpikirlah ribuan kali sebelum melakukan sesuatu, agar nggak menyesal di kemudian hariā€¦

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya