Semakin ke sini, kok rasanya nggak cuma kebutuhan pokok aja yang bisa diperjualbelikan. Mulai dari yang jual keperawanan untuk beli iPhone terbaru atau buat sekolah, sampai jual jasa jadi bridesmaid di Cina karena risiko bahayanya. Antara miris tapi juga penasaran ya, sebenarnya kenapa juga ya bisa kepikiran menjual hal-hal seperti itu. Tren terbaru yang mungkin belum kamu tahu adalah ada lho sejumlah negara yang sekarang menjual kewarganegaraannya.

Yup kamu bisa bayar untuk jadi penduduk resmi dari negara lain! Sejumlah negara di bawah ini menjual kewarganegaraannya dan menerima siapapun jadi warga negaranya demi mendapat suntikan duit. Intinya sih kalau mau investasi di sana bakal dapat ‘bonus’ kewarganegaraan. Nah, dengan status baru itu, mereka otomatis juga akan mendapat hak selayaknya penduduk asli negara tersebut, misalnya perlindungan, dan lain-lain.

Advertisement

Penasaran ‘kan negara mana saja yang jualan kewarganegaraan? Yuk simak dulu bareng Hipwee News & Feature~

1. Republik Siprus, negara yang jual kewarganegaraannya seharga 2,7 juta dolar Amerika!

Cyprus via www.flymedi.com

Mungkin nggak banyak dari kalian yang tahu negara Siprus (Cyprus). Negara pulau ini terletak di Laut Tengah tepatnya di selatan Turki dan barat Suriah. Meski nggak sepopuler negara Eropa lain, Siprus ini banyak menjadi destinasi wisata karena memang alamnya yang indah. Kalau kamu berinvestasi di sana dengan menggelontorkan dana sebesar US$2,7 juta atau sekitar lebih dari Rp36 miliar, pemerintah Siprus akan menghadiahi kamu kewarganegaraannya! Sebagai warga negara Siprus, kamu berhak bepergian ke 159 negara tanpa harus mengurus visa.

2. Malta, negara kepulauan di Eropa Selatan ini juga menawarkan kewarganegaraannya

Dengan berinvestasi sebesar US$1,25 juta, secara otomatis kamu akan mendapat kewarganegaraan Malta, yang tentunya membawa banyak keuntungan. Sebagai negara anggota Uni Eropa, warga negara Malta berhak tinggal dan menetap di negara Uni Eropa lain tanpa pusing memikirkan visa dan masa tinggal. Di sisi lain paspor Malta adalah yang terkuat ke-8 di dunia. Kamu bisa bepergian ke banyak negara tanpa perlu pakai visa, termasuk AS dan Kanada.

3. Saint Kitts and Nevis, menjual kewarganegaraannya dengan harga lebih miring dibanding dua negara di atas

Saint Kitts and Nevis via www.insightguides.com

Advertisement

Kamu cuma perlu merogoh kocek US$250 ribu untuk dapat kewarganegaraan Saint Kitts and Nevis. Buat yang belum pernah dengar negara ini, jadi Saint Kitts and Nevis ini adalah negara dengan dua pulau besar yang terletak di antara Samudera Atlantik dan Laut Karibia. Program investasi negara ini bahkan sudah berjalan sejak 1984 lho, dan jadi negara paling laris manis soal jual beli kewarganegaraan.

4. Antigua dan Barbuda, negara di kepulauan Karibia ini juga tak mau ketinggalan jualan kewarganegaraannya

Antigua dan Barbuda via www.thehotelguru.com

Untuk bisa menjadi warga negara Antigua dan Barbuda, kamu harus berinvestasi minimal US$200 ribu dan menghabiskan waktu tinggal di sana selama 5 hari. Paspor Antigua dan Barbuda bisa kamu pakai untuk plesir ke ke 134 negara tanpa visa.

5. Masih di kepulauan Karibia. Dominika menawarkan harga paling murah untuk kewarganegaraannya lho!

Di antara 4 negara di atas, harga kewarganegaraan Republik Dominika paling murah nih, dipatok US$100 ribu saja. Tapi kamu juga bisa investasi sebesar US$200 ribu dalam bidang properti yang diajukan pemerintah. Seperti negara-negara di atas, dengan paspor Dominika kamu bisa bepergian ke 115 negara tanpa visa, termasuk Inggris dan Hongkong.

Nggak nyangka ya adanya krisis ekonomi belakangan ini sampai mendorong beberapa negara membuka jalur investasi melalui status kewarganegaraannya. Kira-kira kalau Indonesia jualan kewarganegaraan banyak yang berminat nggak ya?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya