SobatASK Ajak Remaja Speak Up Tentang Pentingnya Kesehatan Mental

Sosialisasi bullying dari SobatASK

Topik bullying kini menjadi pembicaraan yang makin ramai di media sosial. Soalnya fenomena ini makin sering terjadi dan meresahkan masyarakat Indonesia karena akibatnya pun berujung berbahaya bagi banyak orang. Misalnya di tahun ini, Indonesia digemparkan dengan kabar tewasnya mahasiswa salah satu perguruan tinggi karena menjadi korban penganiayaan oleh senior.

Advertisement

Makanya, Rutgers WPF Indonesia sebagai organisasi non-profit yang berfokus pada isu Hak dan Kesehatan Seksual & Reproduksi (HKSR) dan Kekerasan Berbasis Gender, mengadakan kegiatan sosialisasi pencegahan bullying dan mobile konseling melalui program SobatASK di Palang Merah Indonesia, Jakarta Timur. Seperti apa kegiatannya?

Kegiatan ini digelar dengan tujuan mencegah perilaku bullying pada remaja

Siswa-siswa SMA anggota Palang Merah Remaja sedang mendengarkan materi pencegahan bullying dan pengenalan SobatASK (Foto: dok. Rutgers WPF Indonesia)

Program SobatASK diikuti oleh 400 orang anggota Palang Merah Remaja dari berbagai sekolah di Jakarta Timur. Lewat kegiatan ini, Rutgers WPF Indonesia memberikan pemahaman bagi remaja akan pentingnya program kesehatan mental, yaitu pencegahan bullying yang dapat menimbulkan efek jangka pendek dan jangka panjang bagi mental maupun fisik remaja sebagai korban.

Dilansir dari berbagai sumber, perundungan atau bullying merupakan pintu bagi remaja untuk mengalami gangguan mental, seperti depresi, kecemasan, hingga keinginan bunuh diri. Bahkan World Health Organization (WHO) pada tahun 2018 mencatat bahwa bunuh diri merupakan penyebab kematian terbanyak pada remaja dan orang dewasa di rentang usia 15-29 tahun.

Advertisement

Di Indonesia sendiri, hasil survey dari Global School-based Student Health (GSHS) pada tahun 2015 menyatakan bahwa 1 dari 20 remaja di Indonesia memiliki keinginan bunuh diri, di mana 5,9% adalah remaja perempuan dan 3,4% adalah remaja laki-laki dan sebanyak 20,9% remaja ini mengalami bullying.

Rutgers WPF Indonesia meluncurkan layanan konseling online SobatASK

Siswa dan siswi SMP anggota Palang Merah Remaja sedang membuka platform online SobatASK (Foto: dok. Rutgers WPF Indonesia)

Melihat fenomena tersebut, sejak tahun 2015 Rutgers WPF Indonesia meluncurkan platform online melalui program Get Up Speak Out (GUSO). Guna platform online yakni layanan konseling online SobatASK (Akses, Servis, Ketahui) adalah sebagai saluran untuk mendukung penyampaian informasi mengenai Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi (HKSR) dan kekerasan bagi remaja berusia 12-24 tahun. Layanan tersebut bisa kamu akses di www.sobatask.net.

Faktanya, bullying sering terjadi di kalangan remaja

Advertisement

Peer counselor SobatASK, Diah, menjelaskan tentang bullying (Foto: dok. Rutgers WPF Indonesia)

Country Representative Rutgers , PF Indonesia Amala Rahmah, menanggapi bahwa kasus kekerasan terhadap remaja semakin memprihatinkan. Terutama fakta mengenai bullying yang seringkali terjadi di kalangan remaja.

“Rutgers WPF Indonesia mengamati, bahwa perilaku kekerasan sudah semakin memprihatinkan di kalangan remaja dalam berbagai setting lingkungan. Hal yang paling sering teramati adalah fakta mengenai perundungan atau bullying. Bullying merupakan manifestasi dari self-esteem negatif yang dihayati oleh pelaku perundungan. Pelaku seringkali memandang rendah dirinya, sehingga agar membuat dirinya menjadi lebih baik, pelaku menginginkan orang lain juga berada di level mereka dengan melukai orang lain,” ujar Amala Rahmah dalam keterangan tertulis yang diterima Hipwee, Senin (16/12/2019).

Perilaku bullying dapat dicegah dengan berbagai cara

Salah satu siswa SMP 109 sedang menjawab pertanyaan dari pemateri terkait pengalaman bullying (Foto: dok. Rutgers WPF Indonesia)

Amala mengungkapkan ada beberapa cara yang bisa dilakukan demi mengubah perilaku remaja yang mengarah ke perilaku bullying. Adapun caranya adalah dengan cara mengubah self-esteem menjadi lebih positif, menaikkan kepercayaan diri pada porsi yang tepat, meningkatkan rasa empati-simpati, dan pentingnya melanggengkan kebiasaan berpikir positif pada anak dan remaja dalam kehidupan di rumah maupun di sekolahnya.

Makanya, SobatASK hadir sebagai upaya untuk meningkatkan kepribadian positif bagi remaja. SobatASK bisa menjadi teman bagi remaja untuk dapat dengan mudah mengakses berbagai pengetahuan dan informasi tentang kesehatan seksual dan reproduksi, kekerasan pada remaja, kesehatan mental, pergaulan remaja, serta menjadi tempat yang nyaman, aman, dan ramah bagi remaja untuk berbagi cerita melalui layanan konseling online yang langsung dihubungkan dengan para konselor profesional.

Yuk, cegah bullying bersama-sama!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE