Spesies Serangga Baru Diberi Nama Lady Gaga. Ini 6 Spesies Lain yang Juga Dinamai Orang Terkenal

Spesies hewan dengan nama artis

Ilmuwan di University of Illinois, Urbana-Champaign, baru saja meresmikan nama spesies serangga yang belum lama ini mereka jadikan objek penelitian. Bukannya dikasih nama biologi yang biasanya njelimet dan susah dilafalkan, kali ini spesies tersebut diberi nama seperti nama penyanyi terkenal, Lady Gaga: Kaikaia Gaga. Brendan Morris, kandidat PhD yang turut dalam penelitian itu menjelaskan kalau setelah meneliti seekor spesies serangga betina, ia menemukan karakteristik unik yang nggak dimiliki spesies lain, yaitu semacam tanduk di depan tubuhnya. Fitur itu langsung mengingatkan mereka pada sosok Lady Gaga yang senang bergaya ‚Äúmentereng‚ÄĚ atau unik.

Advertisement

Ternyata, Kaikaia Gaga bukan satu-satunya spesies yang diberi nama mirip nama-nama figur publik lo! Siapa saja ya artis yang namanya dipakai buat menamai berbagai spesies binatang?

1. Nama Bob Marley jadi inspirasi ilmuwan saat menamai spesies parasit

Bob Marley via www.pinterest.cl

Paul Sikkel, seorang ahli biologi kelautan di Arkansas State University, memutuskan untuk memberi nama suatu spesies parasit dengan nama Gnathia marleyi. Kata kedua dalam nama parasit itu diambil dari nama penyanyi reggae terkenal, Bob Marley. Menurut Paul, spesies itu merupakan keajaiban alam, dan memakai nama Marley merupakan tanda rasa hormatnya terhadap karya-karya Bob Marley.

2. Spesies langka lalat kuda di Queensland Australia dinamai Scaptia beyonceae. Iya, terinspirasi dari penyanyi Beyonce

Beyonce via www.kaskus.co.id

Ilmuwan Bryan Lessard menamai spesies langka lalat kuda yang ditemukan di Queensland, Australia dengan nama¬†Scaptia beyonceae.¬†Ia kepikiran pakai nama Beyonce karena melihat ‚Äúrambut keemasan lebat dan unik‚ÄĚ di perut lalat itu, menyerupai rambut si penyanyi kondang tersebut.

Advertisement

3. Ada juga ‚Äúkumbang Kate Winslet‚ÄĚ yang nama aslinya adalah Agra katewinsletae

Kate Winslet via web.facebook.com

Agra katewinsletae diberi nama mirip aktris Kate Winslet karena ilmuwan terinspirasi dari peran si Winslet di film Titanic. Kok bisa? Hubungannya sama film itu apa? Kata Terry Erwin, ahli entomologi yang menemukan kumbang itu, bentuk spesies tersebut mirip kanopi. Hmm.. okay..

4. Selain kumbang Kate Winslet, ada juga kumbang yang dalam namanya disematkan nama Adolf Hitler

Adolf Hitler via www.merdeka.com

Anophthalmus hitleri adalah jenis kumbang gua buta yang hanya bisa ditemukan di 5 gua lembab di Slovenia. Kata ‚Äėhitleri‚Äô diambil dari nama Adolf Hitler, pemimpin Jerman yang telah membunuh lebih dari 50 juta orang saat Perang Dunia II. Mungkin karena ‚Äúkebutaannya‚ÄĚ inilah yang menginspirasi ilmuwan memberi nama kumbang gua buta pakai namanya.

5. Nama Pangeran Charles juga telah menginspirasi ilmuwan saat memberi nama spesies seekor katak pohon

Prince Charles via www.bbc.co.uk

Pada 2008, ilmuwan menemukan spesies katak pohon di Ekuador. Lalu, spesies tersebut diberi nama Hyloscirtus princecharlesi, terinspirasi dari nama Pangeran Charles, putra dari Ratu Elizabeth II Inggris. Nama itu disematkan para ilmuwan sebagai pengakuan atas amalnya untuk melindungi habitat hutan hujan mereka.

Advertisement

6. Sekelompok peneliti di Yale menamai spesies dinosaurus dengan nama Presiden Obama

Obamadon gracilis via republika.co.id

Obamadon gracilis adalah seekor spesies kadal prasejarah dengan gigi tinggi dan lurus. Bentuk dan struktur giginya itu mengingatkan ilmuwan akan senyuman Presiden Obama yang indah. Selain jadi nama dinosaurus, ternyata nama Obama juga dipakai dalam menamai Caloplaca Obamae, spesies lumut berwarna oranye.

Penamaan spesies hewan pakai nama-nama orang terkenal kayak di atas, jadi bukti kalau sekarang ini udah bukan zamannya lagi menamai binatang pakai nama-nama ribet yang bahkan buat melafalkannya susah banget. Ini berarti aturan dalam dunia ilmu pengetahuan udah jauh lebih fleksibel dari zaman dulu. Katanya sih tujuannya biar spesies baru yang ditemukan bisa lebih mudah dikenal dan diingat sama orang. Hmm, bener juga sih. Kalau pas hafalan nama-nama spesies di pelajaran Biologi juga bisa lebih gampang. Hehe~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An amateur writer.

Editor

An amateur writer.

CLOSE