Muncul “Spiderman” di Sulawesi Selatan, Bagi-bagi Masker Gratis dan Bersihkan Lingkungan. Salut!

Spiderman

Saat mendengar nama Spiderman, mungkin kamu langsung terbayang pahlawan super setengah laba-laba dari Amerika. Tokoh fiksi ini jadi idola di berbagai negara karena sering membela kebenaran dengan aksinya yang keren. Nggak heran kalau banyak orang tertarik memakai kostum Spiderman, termasuk di Indonesia.

Advertisement

Uniknya, kostum Spiderman nggak hanya digunakan untuk cosplay atau berfoto-foto. Ternyata kostum ini juga bisa dimanfaatkan untuk mendukung berbagai aksi sosial dan cinta lingkungan, seperti yang dilakukan seorang pria kreatif di Tanah Air. Yuk simak!

Ada seorang pria berkostum spiderman yang sering membagikan masker gratis di Parepare, Sulawesi Selatan. Unik banget!

Aksi menarik ini dilakukan oleh Rudi Hartono (36 tahun) yang berasal dari Kota Parepare, Sulawesi Selatan. Sehari-hari dia bekerja sebagai jurnalis, videografer, sekaligus content creator. Jadi Rudi sudah terlatih untuk mengamati kondisi masyarakat di sekitarnya. Sejak pandemi corona merebak di Indonesia, dia menyadari bahwa banyak orang membutuhkan masker. Padahal dulu masker sempat menjadi barang langka yang mahal karena tingginya permintaan.

Advertisement

Nggak kehabisan ide, Rudi pun menggunakan penghasilan pribadinya untuk membeli masker medis dan masker kain. Lalu dia membagikannya secara gratis di jalanan. Uniknya, aksi tersebut telah berkali-kali dilakukan Rudi sambil mengenakan kostum Spiderman yang khas. Tubuhnya dibalut oleh kostum berwarna merah dan biru dengan topeng yang serasi. Dia pun menjadi perhatian banyak orang dan aksi pembagian maskernya sering ditunggu-tunggu. Apalagi Rudi rajin memberi edukasi agar masyarakat menjaga kesehatan, rajin mencuci tangan, dan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang.

Selain membagikan masker gratis, Rudi juga rutin membersihkan lingkungan. Mulai dari membersihkan kolong jembatan sampai memungut sampah di pantai

Spiderman membersihkan lingkungan | Credit: Spiderman Parepare on Instagram via www.instagram.com

Sebelum viral karena membagikan masker, ternyata Rudi sudah populer sebagai pencinta lingkungan. Dia rutin membersihkan sampah di jalanan, saluran air, serta kolong jembatan. Rudi juga kerap memunguti sampah di pantai yang luas. Berkat aksinya, Pantai Cempae di Parepare yang dulu penuh sampah kini menjadi lebih bersih.

Aksi peduli lingkungan ini dilakukan Rudi seminggu sekali sejak 2018. Awalnya orang-orang terlihat nggak peduli dan enggan membantu karena aksinya terlihat biasa aja. Lalu sejak Februari 2019, Rudi sengaja mengenakan kostum Spiderman saat bersih-bersih agar bisa menarik perhatian. Dia sempat menjadi olokan masyarakat. Tetapi setelah melihat manfaat yang dihasilkan Rudi, orang-orang mulai memberikan respons positif.

Advertisement

Lambat laun, Rudi menjadi panutan berkat kepeduliannya pada lingkungan sekitar dan penampilannya yang unik. Aksinya pun diikuti banyak orang

Memunguti sampah bersama | Credit: Spiderman Parepare on Instagram via www.instagram.com

Hingga kini, Rudi masih membagikan masker secara gratis dan rutin membersihkan lingkungan. Dia berharap agar tindakannya bisa menggugah hati masyarakat untuk ikut berkontribusi. Syukurlah lama-kelamaan harapan itu terwujud. Berkat usaha Rudi yang tak kenal lelah, orang-orang tergerak untuk ikut membantu. Mereka pun memunguti sampah bersama agar lingkungan menjadi lebih bersih.

Selain itu, Rudi kerap mengunggah foto-foto dan video kegiatannya di media sosial. Jadi dia bisa menyebarkan semangat untuk berbuat kebaikan pada masyarakat yang lebih luas. Rudi juga pernah beberapa kali diundang ke televisi untuk menceritakan perjuangannya. Dia pun menerima donasi yang disalurkan melalui berbagai kegiatan.

Wah, Spiderman asal Parepare ini inspiratif banget deh. Berkat ide kreatif untuk memakai kostum pahlawan super, Rudi bisa mengajak orang-orang untuk memerhatikan kondisi sekitar. Bisa ditiru nih!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE