4 Tahap Vaksinasi Covid-19 Menurut Penjelasan Menteri Kesehatan Budi Gunadi. Yuk, Simak

Tahap vaksinasi Covid-19 di Indonesia

Tahun 2021 datang berbarengan dengan kabar baik mengenai vaksin Covid-19 untuk masyarakat Indonesia. Hingga artikel ini ditulis, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah menyetujui akan menggunakan tujuh jenis vaksin. Yang terbaru ditambahkan adalah vaksin buatan Amerika, Novavax Inc.

Advertisement

Disampaikan dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/12758/2020, enam jenis vaksin lainnya yang akan digunakan adalah produksi PT Bio Farma, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer Inc and BioNTech, dan Sinovac. Nah, kabar baik disetujuinya penggunaan tujuh vaksin Covid-19 oleh Pemerintah Indonesia ini membuat masyarakat bertanya. Bagaimana tahap pemberian vaksinnya nanti? Melansir Kompas, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi menjelaskan 4 tahapannya. Yuk, simak.

1. Tenaga kesehatan merupakan kelompok pertama yang akan mendapat vaksin

Tenaga kesehatan dalam simulasi penanganan Covid-19 | Photo by Mufid Majnun on Unsplash via unsplash.com

Menkes Budi mengatakan pemberian vaksin Covid-19 kepada masyarakat akan dilakukan secara bertahap, dan diprediksi selesai dalam 15 bulan. Nah, untuk tahap pertama yang akan berjalan per Januari 2021, ia menjelaskan vaksinasi akan dilakukan kepada tenaga kesehatan di seluruh Indonesia.

Dengan jumlah 1,3 juta tenaga kesehatan yang ada 34 provinsi Indonesia, Menkes bilang vaksinasi tahap pertama ini akan rampung dalam rentang waktu 1-3 bulan. Ia juga menegaskan vaksinasi untuk tenaga kesehatan ini akan dilakukan berbarengan sesuai arahan Presiden Jokowi.

Advertisement

2. Petugas publik jadi kelompok kedua yang akan divaksinasi

| Merekayangpeduli, CC BY-SA 4.0 via commons.wikimedia.org

Setelah nantinya vaksinasi kepada tenaga kesehatan rampung, Menkes mengatakan tahap kedua akan dilakukan kepada petugas publik, yang berdasarkan data berjumlah sekitar 17,4 juta orang. Petugas publik ini mencakup mereka yang berprofesi sebagai Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Negara Republik Indonesia, aparat hukum. Mereka yang bertugas di pelayanan publik seperti di bandara, pelabuhan, stasiun, terminal, perbankan, PLN, serta petugas lain yang terlibat langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat juga akan divaksin pada tahap kedua ini.

3. Vaksinasi tahap ketiga akan dilakukan kepada masyarakat kategori lanjut usia

Ilustrasi lansia | Photo by jojo (sharemyfoodd) ◡̈ on Unsplash via unsplash.com

Masyarakat kategori lanjut usia (lansia) akan menerima vaksin pada tahap ketiga, atau setelah vaksinasi petugas publik selesai. Dalam data yang sudah dihimpun oleh Kemenkes, terdapat sekitar 21,5 juta masyarakat lansia di atas 60 tahun di Indonesia yang akan diberi vaksin.

Kendati demikian, Menkes Budi mengatakan dibutuhkan waktu untuk memastikan apakah vaksin Covid-19 yang akan digunakan saat ini bisa juga berlaku untuk masyarakat lansia di atas 60 tahun.

Advertisement

4. Masyarakat umum akan mendapat vaksin di tahap keempat

Ilustrasi masyarakat umum | Photo by Nicholas Green on Unsplash via unsplash.com

Kalau kamu nggak termasuk dalam tiga kelompok yang sudah disebutkan sebelumnya, maka kamu masuk bagian masyarakat umum yang akan mendapat vaksin pada tahap keempat. Masyarakat umum yang dimaksud adalah mereka dengan rentang usia 18 hingga 59 tahun, kecuali orang dengan penyakit komorbid, perempuan hamil, dan pasien yang pernah terinfeksi Covid-19.

Nah, sementara untuk mereka di bawah 18 tahun tanpa komorbid atau riwayat terinfeksi Covid-19, seperti dilansir dari CNBC Indonesia, dapat diberikan vaksin apabila telah tersedia data keamanan vaksin yang memadai dan persetujuan pada masa darurat dari BPOM.

Nah, itu dia tahapan vaksinasi yang akan dilakukan pemerintah Indonesia mulai Januari 2021 ini. Jika merujuk target Menkes merampungkan vaksinasi dalam 15 bulan, maka tahap keempat vaksinasi akan selesai pada bulan Maret 2022. Mari berdoa untuk kelancaran dan segala hal baik.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE