2017 sudah bergulir 4 hari. Kira-kira masih ada 361 hari lagi yang tersisa. Membicarakan 2016 rasanya sudah so last year, tapi membicarakan 2017 juga masih penuh teka-teki. Kira-kira situasinya akan lebih baik atau justru lebih buruk ya? Tapi yang jelas tak ada salahnya untuk berpikir positif. Sambil menyusun resolusimua sendiri, yuk simak hal-hal baik yang sudah menantimu di tahun 2017 ini!

1. Tanggal merah yang bertebaran. Segera susun rencana liburan karena banyak akhir pekan panjang!

Biar nggak kehabisan tiket, rencanakan liburanmu sekarang juga via robertmarcillas.tumblr.com

Kabar ini bahkan sudah beredar dari broadcast ke broadcast sejak sebelum 2016 berakhir. Tahun 2017 bisa disambut dengan suka cita, karena banyak liburnya. Bulan Januari saja ada 3 tanggal merah yang bisa kamu nikmati. Namun tak ada yang mengalahkan serunya bulan April-Mei. Ada 3 periode long weekend yang patut kamu nanti-nanti, yaitu: 14 April – 16 April, 22 April – 24 April, dan 29 April – 1 Mei.  Masih di bulan Mei, tanggal 11 dan 25 pun kamu bisa tidak kerja. Yang penat butuh liburan segera booking tiket perjalanan, daripada nanti kehabisan.

2. Kabar baik dari Mendikbud, tahun ajaran 2017-2018 sekolah cuma perlu 5 hari seminggu. Sampaikan ke adik-adikmu!

2017-2018 sekolah sampai Jumat aja! via polka.id

Meskipun kebijakan ini nggak berpengaruh secara langsung bagimu yang sudah tidak sekolah, tapi bolehlah dikabarkan ke adik-adikmu atau tetanggamu. Mendikbud, Muhajir Effendy sudah mengonfirmasi kepastian bahwa mulai tahun ajaran 2017/2018 nanti anak sekolah cukup 5 hari seminggu saja. Program ini merupakan salah satu dari penerapan P3K, Program Penguatan Pendidikan Karakter. Pengaturan pembelajaran akan dibuat lebih efektif, sehingga siswa punya waktu lebih banyak dengan keluarga di akhir pekan.

3. Warga Jakarta dan sekitarnya boleh senang nih. Kereta api bandara Soekarno-Hatta rencananya mulai beroperasi pertengahan tahun nanti!

Advertisement

Jokowi meninjau proyek kereta bandara via www.liputanindonesianews.com

Pembangunan kereta api bandara kini sudah mencapai 60%. Pembangunan jalur kereta sudah memasuki area bandara. Bulan Februari nanti, PT. KAI akan menerima 2 set rangkaian kereta yang akan dipakai. 8 set lainnya akan menyusul secara bertahap. Bila sesuai jadwal, kereta api bandara ini akan beroperasi bulan Juli 2017 dengan pemberhentian di Stasiun Manggarai dan Jakarta Kota. Dengana adanya kereta api bandara ini tentunya mobilisasi penumpang bandara juga lebih gampang. Setidaknya, kamu nggak harus mengalami kemacetan di jalan menuju bandara lagi. Ya kita tunggu saja deh, semoga tidak ada kendala dan semuanya selesai sesuai dengan jadwalnya.

4. Buat kelas menengah yang gajinya tak seberapa, tahun 2017 akan ada KPR mikro. Punya rumah tak hanya sekadar wacana

Program KPR Mikro siap diluncurkan via www.dream.co.id

Saat ini program KPR bersubsidi memang sudah ada dan diperuntukkan bagi yang punya penghasilan 4-7 juta. Tapi kalau gajimu masih dibawah 4 jutaan bagaimana? Nah, tahun 2017 ini pemerintah akan mengeluarkan peraturan tentang KPR mikro, yang diperuntukkan bagi MBR atau Masyarakat Berpenghasilan Rendah. Untuk tahap awalnya, program ini memang diperuntukkan bagi orang-orang yang bekerja di sektor informal seperti tukang bakso, nelayan, petani dan sebagainya. Meskipun saat ini KPR mikro hanya ditujukan untuk pekerja informal, siapa tahu nanti kamu yang karyawan biasa dengan gaji dibawah 4 juta juga bisa punya kesempatan juga untuk punya rumah juga ya.

5. Deretan film-film menarik akan mewarnai tahun 2017-mu. Salah satunya film terbaru Emma Watson, ‘Beauty and The Beast’

Film Kartini via twitter.com

Bagi pecinta film, tentu tahun baru membawa harapan untuk bisa menyaksikan film-film keren di bioskop kesayangan. Nah, di tahun 2017 ini ada banyak film yang sudah dinanti-nanti kemunculannya. Dari Hollywood, film terbaru Emma Watson, Beauty and The Beast. Lalu untuk genre horor, bersiaplah jejeritan di bioskop dengan film Annabelle 2 (Mei), Insidious: Chapter 4 (Oktober), dan Saw VIII (Oktober). Di Indonesia, nggak kalah ditunggunya, ada film Kartini di bulan April yang dibintangi oleh aktris yang kecantikannya absolut, Dian Sastro. Penggemar Johnny Depp harus sabar menunggu sekuel The Pirates of Carribean: Dead Men Tell No Tales di bulan Juli nanti. Pokoknya jangan jauh-jauh dari bioskop kesayanganmu deh!

6. Tahun 2017 ini bakal jadi tahun bersejarah dimana bukan lagi cuma negara yang bisa mengirim misi ke luar angkasa. Perusahaan swasta pertama bakal mendarat di bulan tahun ini

Ada hadiah 20 juta Dollar juga bagi perusahaan swasta yang berhasil mendarat di bulan via www.spaceflightinsider.com

Mengirimkan astronot ke luar angkasa selama ini baru terbatas hanya untuk otoritas negara. Artinya hanya misi resmi dari pemerintah sebuah negara yang diijinkan untuk terbang ke luar angkasa. Nah tahun ini bakal ada terobosan baru. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, perusahaan swasta akan diperbolehkan mengirim misi luar angkasa jika memenuhi syarat. Hingga saat ini baru ada satu perusahaan swasta yang lolos perizinan yakni perusahaan bernama Moon Express. Peluncuran pertama telah dijadwalkan pada pertengahan tahun 2017 ini. Wah tidak lama lagi, berwisata ke luar angkasa tampaknya bukan lagi sekadar mimpi siang bolong ya.

7. Meski terdengar sedikit gila, tapi tahun 2017 nanti akan dilakukan percobaan pertama kali transplantasi kepala. Iya, kepala. Kamu nggak salah baca

Sergio Canavero via www.bbc.co.uk

Transplantasi organ vital seperti jantung, ginjal, atau hati mungkin sudah sering kamu dengar. Tapi bagaimana dengan transplantasi seluruh tubuh, dan dipasangkan dengan kepala yang berbeda? Yup, rasanya itu cuma ada di buku fiksi ilmiah. Tapi dokter bedah otak asal Italia ini nggak main-main. Sergio Canavero merencanakan transplantasi kepala ini di tahun 2017 dengan donor seorang penderita sindrom Werdning Hoffman’s yang lumpuh total. Bila jadi dilakukan, kemungkinan proses tranplantasi berjalan selama 36 jam dengan lebih dari 150 tenaga medis. Yah, meskipun masih saja terdengar seperti fiksi daa banyak yang meragukannya, kalau berhasil jelas ini perncapaian besar teknologi.

8. Namanya jodoh kan nggak ada yang tahu. Mungkin saja ‘kan 2017 nanti jadi awal kisah cintamu?

Siapa tahu kamu bertemu jodohmu via papasemar.com

Yang nggak kalah harus antisipasi di tahun 2017 ini tentu saja soal jodoh yang selalu berupa misteri. Jangan putus asa dulu kalau saat ini kamu jadi jomblo yang selalu di-bully. Tetap positif menjalani hari, karena siapa tahu besok kamu akan bertemu seseorang yang bisa menjadi teman di pelaminan. Bisa saja kamu ketemu dia di stasiun kereta. Atau di meeting-meeting kantor yang tak berkesudahan. Karena nggak ada yang nggak mungkin di dunia ini, bisa jadi 2017 ini jadi awal kisah cintamu yang indah bagai FTV.

Jadi lupakan semua pahit-pahitnya 2016 kemarin. Ada ratusan hari yang menunggu kamu jalani. Sayang dong kalau disia-siakan karena terlalu sibuk melihat ke belakang.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya